Liga Inggris

'Tendang' Sir Alex Ferguson, Jurgen Klopp Raih 100 Kemenangan di Liga Inggris

Kamis, 5 Desember 2019 11:32 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Ryan Pierse/GettyImages
Pelatih sepak bola Liverpool, Jurgen Klopp, memiliki catatan prestasi yang lebih fantastis dari mantan pelatih Manchester United, Sir Alex Ferguson. Copyright: © Ryan Pierse/GettyImages
Pelatih sepak bola Liverpool, Jurgen Klopp, memiliki catatan prestasi yang lebih fantastis dari mantan pelatih Manchester United, Sir Alex Ferguson.

INDOSPORT.COM - Pelatih sepak bola Liverpool, Jurgen Klopp, ternyata memiliki catatan prestasi yang lebih fantastis dari mantan pelatih Manchester United yang bernama Sir Alex Ferguson di kompetisi Liga Inggris.

Di pekan ke-15 Liga Inggris musim ini, Liverpool memang mampu kembali memetik kemenangan di Anfield Stadium dalam laga Derby Merseyside melawan Everton pada Kamis, 5 Desember 2019. Bermain di kandang sendiri, tim yang berjuluk The Reds itu sukses menang besar 5-2 atas The Toffees.

Dengan prestasi tersebut, Liverpool makin memantapkan posisi mereka di puncak klasemen sementara Liga Inggris dengan torehan 43 poin, hasil dari 14 kali menang dan satu kali imbang. Sementara itu, Everton makin tenggelam ke zona degradasi (posisi 18) dengan perolehan 14 poin.

Pertandingan melawan The Toffees tersebut menjadi laga ke-159 bagi Jurgen Klopp sejak ia menjadi pelatih Liverpool pada 8 Oktober 2015 yang lalu. Namun yang lebih mengejutkan, dirinya ternyata mampu meraih kemenangan ke-100 di 159 laga tersebut dan prestasi ini lebih bagus dari Sir Alex Ferguson, mantan pelatih Manchester United.

Berdasarkan unggahan akun Twitter OptaJoe, Klopp sukses mendapatkan kemenangan ke-100 bersama Liverpool dari 159 pertandingan. Ia mampu mengalahkan torehan 100 kemenangan Sir Alex Ferguson yang mampu meraihnya pada pertandingan ke-162 bersama klub Setan Merah.

Ia juga mengungguli eks pelatih Arsenal yang bernama Arsene Wenger, yang meraih kemenangan ke-100 pada 179 pertandingan dan eks pelatih Liverpool serta Newcastle United, Rafael Benitez, yang meraih kemenangan keseratusnya pada laga ke-181. Meski demikian, Klopp ternyata masih kalah dengan Jose Mourinho yang hanya butuh 142 laga untuk dapat 100 kemenangan.

Ini tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi sang pelatih dan pihak Liverpool secara keseluruhan. Tak heran mereka menjadi salah satu tim sepak bola terbaik di Liga Inggris yang mampu memenangkan Liga Champions musim lalu dan belum pernah kalah di kancah domestik musim ini.