Bola Internasional

3 Alasan Timnas Indonesia U-23 Bisa Mengatasi Myanmar dan Lolos ke Final SEA Games 2019

Sabtu, 7 Desember 2019 06:48 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Yohanes Ishak
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Timnas Indonesia U-23 sepertinya memiliki sejumlah alasan kuat untuk bisa mengatasi perlawanan Myanmar dan lolos ke final SEA Games 2019. Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Timnas Indonesia U-23 sepertinya memiliki sejumlah alasan kuat untuk bisa mengatasi perlawanan Myanmar dan lolos ke final SEA Games 2019.

INDOSPORT. COM - Timnas Indonesia U-23 sepertinya memiliki sejumlah alasan kuat untuk bisa mengatasi perlawanan Myanmar dan lolos ke final SEA Games 2019.

Laga besar menanti Timnas Indonesia U-23 pada hari Sabtu (07/12/19) sore nanti, Timnas Indonesia U-23 bakal berjumpa Myanmar dalam pertandingan semifinal SEA Games 2019.

Timnas Indonesia U-23 lolos ke semifinal setelah menduduki peringkat dua klasemen akhir Grup B. Sementara sang lawan, Myanmar, menembus babak empat besar usai menjadi juara Grup A.

Pertandingan ini sangat penting untuk dimenangkan Timnas Indonesia U-23. Maklum saja, anak asuh Indra Sjafri mengusung target medali emas, dan hal itu hanya bisa diraih apabila mampu mengalahkan Myanmar.

Kalau dilihat lebih mendalam, peluang Timnas Indonesia U-23 untuk memenangkan laga sejatinya terbuka lebar. Apalagi ada sejumlah alasan yang menguatkan peluang Skuat Garuda tersebut.

Apa sajakah alasan-alasan yang membuat Timnas Indonesia U-23 bisa mengatasi Myanmar? INDOSPORT coba mengulasnya ke dalam rangkuman berikut.

Keseimbangan Tim

Myanmar boleh saja lolos ke semifinal dengan status juara Grup A. Namun bila ditelaah secara mendalam, Timnas Indonesia U-23 nampak memiliki keseimbangan tim yang sangat menawan.

Lihat saja selisih gol yang ditorehkan Timnas Indonesia U-23 pada fase grup lalu. Lini depan Skuat Garuda tampil tajam dengan torehan 17 gol, dan baru menderita dua kebobolan saja.

Sedangkan Myanmar, tercatat baru bisa mencetak delapan gol dari empat pertandingan. Lini belakang Myanmar juga sudah empat kali kebobolan, atau lebih buruk daripada catatan Timnas Indonesia U-23.

Ketajaman Osvaldo Haay

Pentas SEA Games 2019 sepertinya memang menjadi ajang untuk Osvaldo Haay menunjukkan sinarnya. Buktinya saja sepanjang fase grup, Osvaldo Haay mampu mencetak tujuh gol dari empat pertandingan.

Osvaldo Haay pun kini untuk sementara memuncaki daftar top skor SEA Games 2019. Ketajaman Osvaldo Haay tersebut diyakini bisa menjadi kunci sukses Timnas Indonesia U-23 dalam menjungkalkan Myanmar nanti sore.

Apalagi Osvaldo Haay bakal didukung oleh dua sayap lincah, Saddil Ramdani dan Egy Maulana Vikri. Andai saluran bola dari kedua sayap dan lini tengah lancar, bukan mustahil Osvaldo Haay bakal mencetak banyak gol ke gawang Myanmar dan membawa Timnas Indonesia U-23 berjaya.


Kualitas Skuat

Harus diakui, Myanmar telah menunjukkan kiprah yang sangat apik di fase grup lalu. Buktinya saja Myanmar bisa melaju ke semifinal dengan menjadi juara Grup A.

Namun Myanmar masih menemukan sebuah kendala, yakni soal kualitas skuat. Myanmar nampak hanya bergantung pada ketajaman Aung Kaung Mann untuk mencetak gol.

Sokongan rekan setim Aung Kaung juga tak terlalu memukau. Cuma ada lima nama lainnya yang masing-masing mencetak satu gol saja.

Kondisi tersebut sungguh berbeda dengan yang dimiliki Timnas Indonesia U-23. Selain Osvaldo Haay, ada banyak pemain Skuat Garuda lainnya yang aktif menyumbangkan gol.

Lihat saja, ada nama Egy Maulana Vikri yang kini total sudah mencetak tiga gol. Ada pula Saddil Ramdani dengan dua gol, serta lima pemain lainnya yang masing-masing mencetak satu gol.

Tentu menarik untuk ditunggu, bagaimana kiprah Timnas Indonesia U-23 di semifinal SEA Games 2019 saat melawan Myanmar sore nanti.

IDS Emoticon Suka
Suka
100%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%