Liga Indonesia

Termasuk Bek Persib, ini Para Pemain Asing yang Kurang beruntung Sepanjang Liga 1 2019

Rabu, 11 Desember 2019 20:11 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Arif Rahman/INDOSPORT
Bek Persib dan Para Pemain Asing yang Kurang beruntung Sepanjang Liga 1 Indonesia. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Bek Persib dan Para Pemain Asing yang Kurang beruntung Sepanjang Liga 1 Indonesia.

INDOSPORT.COM - Termasuk bek Persib Bandung, berikut deretan pemain asing yang alami nasib kurang beruntung di sepanjang gelaran Shopee Liga 1 Indonesia 2019. Siapa sajakah mereka?

Dalam dua kali bursa transfer di Liga 1 2019, beberapa tim memang gencar mendatangkan pemain-pemain asing demi menambah kekuatan serta kedalaman skuat mereka hingga akhir musim nanti.

Mulai dari penyerang top Eropa hingga jebolan timnas-timnas luar negeri berhasil digaet beberapa klub Tanah Air, namun sayang tak sedikit dari mereka malah gagal bersinar dan harus hengkang lebih cepat sebelum kompetisi berakhir.

Salah satunya adalah penyerang PSM Makassar asal Finlandia, Eero Markkanen yang gagal menunjukkan tajinya di Liga 1 dan terdepak dari PSM pada putaran kedua.

Namun, catatan yang diraih Eero Markkanen sejatinya lebih baik ketimbang beberapa pemain berikut, jebolan akademi Real Madrid itu setidaknya pernah mencatatkan beberapa caps sebelum hengkang.

Para pemain asing berikut ini malah hampir tidak mendapat kesempatan tampil di Liga 1 meski mereka di rekrut, siapa sajakah mereka? Berikut INDOSPORT deretan pemain asing yang kurang beruntung sepanjang Liga 1 Indonesia.

1. Fabiano Beltrame
Didatangkan dari Madura United, pemain bertahan asal Brasil berusia 37 tahun tersebut diprediksi dapat menambah daya pertahanan Maung Bandung di sepanjang gelaran Liga 1 2019.

Namun sayang, berdasarkan data dari laman Transfermarkt hingga pekan ke-31 atau tiga laga jelang berakhirnya kompetisi, Fabiano Beltrame belum pernah tampil satu kali pun bersama Persib Bandung.

Salah satu penyebab gagalnya Fabiano Beltrame gagal tampil bersama Persib musim ini adalah proses naturalisasi sang pemain yang hingga saat ini masih belum rampung. Sehingga, ia batal didaftarkan sebagai pemain Persib di kompetisi Shopee Liga 1 2019.

2. Zah Rahan
Namanya pernah begitu harum bersama Sriwijaya FC dan Persipura Jayapura, tidak ada yang menyangkal kalau Zah Rahan adalah salah satu gelandang serang terbaik yang pernah bermain di Liga Indonesia. 

Namun, di musim ini, Zah Rahan mengalami nasib buruk lantaran sebelum kompetisi dimulai ia mengalami cedera parah dan membuatnya absen selama semusim sehingga dirinya pun dilepas oleh Madura United.

Dari laman Transfermarkt diketahui jika selama Liga 1 musim 2019, Zah Rahan belum sekalipun bermain dan cuma sekali menempati bench saat menghadapi Borneo FC.

3. David Bala
Sempat tampil gemilang di awal kedatangan dengan langsung mencetak gol, cerita manis David Bala bersama Kalteng Putra harus pupus pada pertandingan keduanya bersama Laskar Isen Mulang.

Saat berjumpa dengan PSIS Semarang, pemain berusia 31 tahun tersebut mengalami cedera cukup parah. Sialnya, janji manajemen untuk memfasilitasinya naik ke meja operasi belum terlaksana sampai sekarang.

Saat ini, pemain berusia 30 tahun itu memilih untuk pulang ke kampung halaman dan berniat untuk operasi. David Bala bahkan sudah overstay selama dua bulan di Indonesia seperti yang disampaikan oleh sang agen, Antonio Teles.