Liga Indonesia

3 Keuntungan Persib Andai Bajak 'Shevchenko' PSS Sleman, Yevhen Bokhashvili

Selasa, 17 Desember 2019 14:35 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Arum Kusuma Dewi
© INDOSPORT
3 Keuntungan klub Liga 1 Persib Andai Bajak 'Shevchenko' PSS Sleman, Yevhen Bokhashvili. Copyright: © INDOSPORT
3 Keuntungan klub Liga 1 Persib Andai Bajak 'Shevchenko' PSS Sleman, Yevhen Bokhashvili.

INDOSPORT. COM - Persib Bandung, klub Liga 1 Indonesia, sepertinya dibayangi beberapa keuntungan sekaligus, andai musim depan berhasil membajak 'Shevchenko' PSS Sleman, Yevhen Bokhashvili.

Kabar Persib Bandung yang mengincar Yevhen Bokhashvili tiba-tiba muncul ke permukaan pada hari Selasa (17/12/19). Terutama bila melihat unggahan akun Twitter @Indostransfer sekitar pukul 07.06 WIB tadi pagi.

Akun @Indostransfer yang biasa membuat konten tentang bursa transfer sepak bola Indonesia, mengabarkan kalau Persib Bandung berminat mendatangkan Yevhen Bokhashvili. Maung Bandung tertarik lantaran Yevhen Bokhashvili memiliki penampilan yang gemilang bersama PSS Sleman musim Liga 1 2019.

"Persib Bandung dikabarkan tertarik untuk mendatangkan striker asal Ukraina yang bermain utk PSS Sleman, Yevhen Bokhashvili. Bersama PSS Sleman, Yevhen telah mencatat 32 penampilan dgn torehan 16 gol," bunyi cuitan akun @Indostransfer.

Kabar transfer sudah terlanjur beredar, tapi pihak Persib Bandung sampai tulisan ini dibuat belum juga memberikan klarifikasi. Meski demikian, andai isu transfer tersebut dapat terwujud musim depan, Persib Bandung mungkin patut bersyukur.

Yevhen terlihat punya kualitas menjanjikan sebagai seorang penyerang. Hal itu membuat Persib Bandung berpotensi mendapatkan beberapa keuntungan sekaligus, jika berhasil membajak Yevhen yang kerap dijuluki 'Shevchenko' PSS Sleman.

Lalu, apa saja keuntungan yang mungkin didapat Persib Bandung jika sukses mendatangkan Yevhen musim depan? INDOSPORT coba membuat perkiraannya ke dalam rangkuman berikut.

Teman Duet Ezechiel

Persib Bandung kiprahnya di Liga 1 2019 tak semanis musim lalu. Persib Bandung kini hanya bercokol di urutan enam klasemen saja, sementara pada Liga 1 2018 mampu bersaing untuk perebutan gelar juara.

Penurunan prestasi Persib Bandung ini mungkin banyak dipengaruhi oleh hilangnya teman duet Ezechiel N'Douassel di lini depan. Maklum saja, Jonathan Bauman yang musim lalu jadi tandem Ezechiel dengan total torehan 12 gol, dilepas Persib Bandung dan gabung klub Malaysia, Kedah FA.

Andai Persib Bandung musim depan berhasil membajak Yevhen Bokhasvili dari PSS Sleman, mungkin masalah hilangnya rekan duet Ezechiel bisa teratasi. Berposisi sebagai penyerang, Yevhen punya kualitas ketajaman menjanjikan, lantaran bisa membukukan 16 gol sepanjang 32 penampilan di Liga 1 2019.  


Pengganti Kevin van Kippersluis

Menjelang berakhirnya kompetisi Liga 1 2019, pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts memastikan jika timnya tidak akan memperpanjang kontrak pemain asing asal Belanda, Kevin van Kippersluis. 

Kepastian mengenai nasib Kevin disampaikan Robert Alberts seusai timnya mengalahkan Perseru Badak Lampung dengan skor telak 4-0 dalam lanjutan Shopee Liga 1 2019 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Senin (16/12/19) malam.

"Kami sudah memutuskan untuk tidak memperpanjang kontraknya. Dan saya mulai melihat musim depan," kata Robert Alberts.

Tak diperpanjangnya kontrak Kevin musim depan, tentu membuat Persib Bandung harus mencari penyerang baru. Kebutuhan akan bomber anyar pun sepertinya bisa langsung tertutupi andai Persib Bandung bisa membajak Yevhen Bokhasvili dari PSS Sleman.

Terlebih Yevhen Bokhasvili tak memerlukan masa adaptasi terlalu banyak jika nantinya berseragam Persib Bandung, lantaran musim ini sudah memiliki pengalaman merumput di Liga 1. Hal tersebut jelas menguntungkan Persib Bandung yang ingin mencari pengganti Kevin dengan kualitas menjanjikan seperti Yevhen.


Investasi Menjanjikan

Pembelian atau perekrutan seorang pemain dalam pentas sepak bola, terkadang bisa menjadi investasi menjanjikan bagi sebuah klub sepak bola. Terutama bila sang pemain yang direkrut masih berusia muda dan memiliki kualitas mumpuni, jaminan prestasi dan mungkin harga jual tinggi di masa mendatang bisa otomatis diraih pihak klub.

Potensi investasi menjanjikan tersebut, berpeluang terjadi dalam kisah rumor bursa transfer Persib Bandung, yang menginginkan jasa Yevhen Bokhashvili. Maklum saja, Yevhen kini usianya masih tergolong muda dan memiliki kualitas mumpuni.

Yevhen saat ini berusia 26 tahun, artinya ada sekitar lima sampai enam tahun lagi untuk menapaki puncak performanya. Terlebih, kualitas Yevhen sebagai penyerang juga cukup tajam, lantaran bisa mencetak total 16 gol dari 32 laga bersama PSS Sleman di Liga 1 2019.