Liga Indonesia

3 Pemain Lokal yang Cocok Gantikan Kevin van Kippersluis di Persib Bandung

Selasa, 17 Desember 2019 16:45 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© bd.nl
3 pemain lokal yang cocok menggantikan sosok Kevin van Kippersluis di skuat Persib Bandung pada Liga 1 musim depan. Copyright: © bd.nl
3 pemain lokal yang cocok menggantikan sosok Kevin van Kippersluis di skuat Persib Bandung pada Liga 1 musim depan.

INDOSPORT.COM - Kontraknya resmi tidak diperpanjang, berikut tiga pemain lokal yang cocok menggantikan sosok Kevin van Kippersluis di skuat Persib Bandung pada gelaran Liga 1 musim depan.

Menjelang berakhirnya kompetisi Liga 1 2019, pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts memastikan jika timnya tidak akan memperpanjang kontrak pemain asing asal Belanda, Kevin van Kippersluis.  

Kepastian mengenai nasib Kevin disampaikan Robert Alberts selepas laga kontra Perseru Badak Lampung di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Senin (16/12/19) malam lalu.

"Saya belum tahu berapa pemain (yang bertahan), jika saya masih dipertahankan di sini musim depan. Tapi untuk Kevin sudah pasti keluar dari Bandung. Kami sudah memutuskan tidak memperpanjang kontraknya," kata Robert Alberts. 

Pernyataan Robert Alberts tersebut sekaligus menjadi jawaban tidak adanya nama Kevin dalam daftar susunan pemain Persib pada pertandingan kandang menghadapi Perseru Badak Lampung kemarin.

Hengkangnya Kevin van Kippersluis, membuat lini tengah khususnya gelandang serang Persib Bandung bakal kosong musim depan. 

Mengingat pelatih Rene Alberts sangat suka bermain menggunakan formasi 4-2-3-1, maka kehadiran seorang Attacking Midfielder wajib disediakan Maung Bandung buat sang menir.

Andai Persib ingin mengosongkan slot asing mereka untuk sektor lain (bukan gelandang serang), mereka bisa coba memboyong para Attacking Midfielder lokal bertalenta berikut yang kemungkinan lebih tangguh ketimbang Kevin van Kippersluis.

Berikut INDOSPORT coba merangkum dan mengulas, tiga pemain gelandang serang lokal yang cocok menggantikan sosok Kevin van Kippersluis di skuat Persib Bandung pada Liga 1 musim depan.

1. Todd Rivaldo Ferre
Nama pertama adalah gelandang lincah asal Papua, Todd Rivaldo Ferre yang musim ini berhasil tampil impresif bersama Persipura Jayapura.

Total pemain berusia 20 tahun tersebut telah mencetak enam gol dan memberikan delapan assist dalam 28 pertandingan hingga pekan ke-32, serta berperan besar dalam menghantarkan Mutiara Hitam merangsek ke lima besar klasemen.

Kelebihan lain Todd Rivaldo Ferre adalah kemampuannya yang bisa bermain di berbagai posisi. Selain gelandang serang, jebolan Timnas U 19 ini juga bisa menempati sektor sayap hingga second striker sehingga akan memudahkan Rene Alberts andai salah satu pilar pentingnya mengalami cedera.

2. Septian David

© Ronald Seger/INDOSPORT
Gaya Septian David Maulana usai membuka keunggulan PSIS Semarang atas Persibat Batang. Copyright: Ronald Seger/INDOSPORTGaya Septian David Maulana usai membuka keunggulan PSIS Semarang atas Persibat Batang.

Berikutnya ada pemain PSIS Semarang, Septian David Maulana yang bisa didatangkan Persib untuk memperkuat lini tengahnya musim depan nanti. 

Meski gagal memberikan dampak positif terhadap PSIS Semarang musim ini, namun kemampuan pemain 23 tahun tersebut masih sangat layak untuk diperhitungkan. 

Catatan Septian David sendiri tidak terlalu buruk, dirinya berhasil mencetak enam gol dan memberikan dua assist dalam 26 pertandingan. 

Peluang Persib mendatangkan Septian David pun cukup besar, sebab sang pemain belakangan diketahui merupakan seorang Bobotoh atau penggemar tim Maung Bandung.

3. Irfan Bachdim
Terakhir ada Irfan Bachdim, bahkan pemain Bali United tersebut telah lama dirumorkan akan segera bergabung dengan Persib Bandung sejak bursa transfer paruh kedua Liga 1 musim 2019.

Kehadiran Irfan Bachdim dipastikan dapat membuat aliran bola ke lini depan bakal berjalan lancar, dan mungkin keran gol Persib bisa semakin deras lantaran pemain 31 tahun tersebut juga tajam jika di plot sebagai second striker.

Peluang mendapatkan Irfan Bachdim juga terbilang terbuka, sebab eks Chonburi FC itu lebih banyak menjadi cadangan di sepanjang Liga 1 musim ini. Apalagi manajemen Bali United berencana mendatangkan penyerang baru untuk gelaran Piala Asia sehingga peluang Bachdim merebut tempat utama Bali United musim depan semakin kecil.