Liga Indonesia

Menerka Blunder Fatal Persib Bandung Andai Mendatangkan Yevhen Bokhashvili

Rabu, 18 Desember 2019 17:28 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

INDOSPORT. COM - Persib Bandung sepertinya berpotensi melakukan blunder fatal, andai jadi mendatangkan Yevhen Bokhashvili musim depan.

Nama Persib Bandung kembali masuk ke dalam rumor bursa transfer sepak bola Indonesia. Gelaran Liga 1 2019 belum tuntas, Persib Bandung dikabarkan sudah membidik pemain asing anyar.

Kabar terbaru dari akun Twitter @Indostransfer menyebutkan, bahwa Persib Bandung tengah mengincar bomber asal Ukraina milik PSS Sleman, Yevhen Bokhashvili. Sosok Yevhen Bokhashvili kabarnya bakal jadi rekrutan baru Maung Bandung musim depan.

Secara garis besar, Yevhen Bokhashvili memang nampak memiliki kualitas menjanjikan. Maklum saja, Yevhen Bokhashvili musim ini bersama PSS Sleman total mampu membukukan 16 gol dari 32 penampilan.

Namun kalau ditelaah lebih mendalam, Persib Bandung harus hati-hati lagi dengan isu transfer merekrut Yevhen Bokhashvili. Pasalnya, ada beberapa faktor dalam diri Yevhen Bokhashvili yang bisa memberikan blunder fatal kepada Persib Bandung.

Lalu, seperti apa blunder fatal yang mungkin didapat Persib Bandung andai jadi mendatangkan Yevhen Bokhashvili musim depan? INDOSPORT coba merangkumnya ke dalam ulasan berikut.

Riwayat Cedera

Persib Bandung mungkin akan tergiur begitu saja dengan kualitas Yevhen Bokhashvili musim ini. Jelas, Yevhen Bokhashvili sepanjang Liga 1 2019 tampil tajam dengan torehan 16 gol dari 32 laga.

Namun manajemen Maung Bandung juga harus mencermati riwayat cedera yang dimiliki Yevhen Bokhashvili. Bukan mustahil, Yevhen Bokhashvili punya rekam jejak cedera yang mengkhawatirkan, atau bahkan berpotensi mendatangkan kerugian.

Kebetulan, Yevhen sempat menceritakan kisah perjalanan kariernya yang pernah terhambat akibat menderita cedera. Tepatnya pada tahun 2018 lalu, nasibnya luntang-lantung karena tak kunjung sembuh dari cedera hernia.

“Sebenarnya, situasi hidup saya saat itu tergolong sulit. Saya menderita cedera hernia pada Februari 2018 dan diharuskan menjalani operasi,” ucap Yevhen dikutip dalam wawancaranya bersama eks PSS, Kristian Adelmund.

“Sangat disayangkan karena saya menjalani musim yang bagus di FC Minsk (Belarusia). Jelang musim baru, saya menerima tawaran dari klub-klub Eropa. Namun, karena musim segera dimulai, mereka menolak karena tidak mau menunggu saya sembuh,” lanjutnya.

Bagaimana Persib Bandung? Apakah manajemen Maung Bandung bisa menerima riwayat cedera Yevhen Bokhashvili tadi?


Konsistensi Permainan

Yevhen Bokhashvili memang memiliki catatan gol yang menawan musim ini. Ia total menorehkan 16 gol dari 32 penampilan di musim perdananya bersama PSS Sleman.

Persib Bandung pasti terpukau dan tergoda bila melihat jumlah gol yang ditorehkan Yevhen Bokhashvili sepanjang Liga 1 2019. Namun bila melihat lebih detail lagi, Yevhen Bokhashvili sejatinya masih nampak mengkhawatirkan soal konsistensi permainannya.

Walau cukup tajam, Yevhen Bokhashvili sempat dilanda paceklik gol pula. Berdasarkan data dari Transfermarkt, musim ini Yevhen Bokhashvili paling lama pernah puasa gol sebanyak enam pertandingan beruntun.

Tepatnya pada laga pekan ke-15 hingga ke-21 (dipotong satu laga pekan ke-19 akibat absen akumulasi kartu kuning), Yevhen Bokhashvili sama sekali tak menghiasi papan skor. Bahkan saat Yevhen Bokhashvili mandul, timnya hanya dua kali bisa meraih kemenangan, sementara sisanya tiga kali kalah, dan sekali imbang.

Kalau jadi mau mendatangkan Yevhen Bokhashvili, Persib Bandung perlu sekali untuk mencermati faktor ini. Jika tak mau kompromi soal inkonsistensi, Persib Bandung mungkin harus berpikir ulang lagi dalam upaya mendatangkan Yevhen Bokhashvili.


Kecocokan dengan Ezechiel N'Douassel

Persib Bandung selama ini terkenal dengan penyerang asingnya, Ezechiel N'Douassel. Maung Bandung sudah tiga musim beruntun mengandalkan Ezechiel sebagai juru gedor utama.

Andai musim depan jadi mendatangkan Yevhen Bokhashvili, Persib jelas perlu mempertimbangkan faktor kecocokan dengan Ezechiel. Maklum saja, jika Yevhen dan Ezechiel tak cocok untuk menjadi rekan duet, Persib malah akan diterpa kerugian.

Keharmonisan ruang ganti bisa saja terganggu bila ada rivalitas tak sehat di antara kedua bomber asing tersebut. Apalagi Ezechiel punya riwayat terlibat pertengkaran dengan rekan setimnya sendiri.

Sekedar mengingatkan kembali, Ezechiel sempat terlibat cekcok dengan rekan duetnya di lini depan, Jonathan Bauman, pada gelaran Liga 1 2018 lalu. Andai insiden keributan tak mau terulang, Persib Bandung harus memikirkan ulang lagi soal transfer Yevhen Bokhashvili.