Bola Internasional

Tiru Kesuksesan Vietnam, Malaysia Ingin Pelatih Tim Senior Rangkap Jabatan U-23

Rabu, 18 Desember 2019 14:55 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
FAM ingin menunjuk pelatih timnas seniornya, Tan Cheng Hoe, untuk merangkap jabatan di tim U-23. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
FAM ingin menunjuk pelatih timnas seniornya, Tan Cheng Hoe, untuk merangkap jabatan di tim U-23.

INDOSPORT.COM - Malaysia ingin meniru kesuksesan Vietnam yang berhasil memenangi Piala AFF 2018 dan SEA Games 2019. FAM selaku federasi sepak bola Malaysia menilai bahwa peran Park Hang-seo di Vietnam bisa dijadikan contoh.

Dilansir dari Vocketfc, peran Park Hang-seo di Vietnam ialah menukangi tim senior dan U-23 sekaligus. Hal itu terbukti bisa mendukung keberlanjutan prestasi, salah satunya dengan memilih dua pemain senior yang tepat di SEA Games 2019.

Selain itu, Park bersama Vietnam U-23 melanjutkan filosofi yang sama dengan tim senior. Hal ini nantinya bisa membuat para pemain muda tak butuh waktu lama untuk beradaptasi jika dipanggil memperkuat tim senior.

Dengan hal tersebut, upaya penting yang akan dilakukan FAM ialah menunjuk pelatih timnas Malaysia senior, Tan Cheng Hoe, untuk merangkap jabatan di Malaysia U-23. Namun, FAM tidak mau terburu-buru mengingat belum ada turnamen dalam waktu dekat.

“Jika dilihat di negara lain, apa yang dilakukan ialah menunjuk pelatih tim senior untuk menukangi tim remaja. Berhubung belum ada ajang apa pun, kami masih punya banyak waktu untuk mempertimbangkannya,” ucap staf FAM, Stuart Ramalingam.

Di SEA Games 2019, Malaysia gagal total bersama pelatih Ong Kim Swee. Luqman Hakim dkk. tak berhasil lolos ke semifinal usai ditundukkan Kamboja di laga terakhir fase grup. Kekalahan ini terbilang sangat memalukan bagi suporter Harimau Malaya.

Meski sudah mengantongi nama Tan Cheng Hoe, FAM tetap menghargai apa yang dikerjakan Ong Kim Swee. Jauh sebelum dipecat, Ong pernah mempersembahkan medali emas SEA Games 2011 dan medali perak SEA Games 2017.