Liga Inggris

Selain Takumi Minamino, Deretan Pemain Jepang yang Pernah di Liga Inggris

Kamis, 19 Desember 2019 18:12 WIB
Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
 Copyright:

INDOSPORT.COMLiverpool baru saja diumumkan sebagai pemain baru Liverpool, Kamis (19/12/19), membuatnya menjadi pemain kesembilan asal Jepang yang pernah di Liga Inggris. Siapa saja sosok lainnya?

Sejak pertama kali dihelat pada 1992, Liga Inggris merupakan ajang bergengsi bagi klub-klub di daratan Inggris. Karpet hijau Liga Inggris rupanya tak hanya diisi oleh pemain asal Inggris saja. Banyak pemain luar yang ditarik masuk ke klub Liga Inggris, salah satunya Takumi Minamino.

Takumi Minamino akan mengisi lini pertahanan tim besutan Jurgen Klopp, Liverpool mulai Januari 2020 mendatang. Bukan hanya Minamino, rupanya banyak pemain asal Jepang yang ikut menangguhkan klub-klub asal  Inggris.

Ini dia deretan nama pemain asal Jepang yang pernah menduduki kursi pemain di beberapa klub Liga Inggris.

1. Junichi Inamoto

Pemain yang saat ini memperkuat klub asal Jepang SC Sagamihara dulunya pernah unjuk gigi di salah satu klub Liga Inggris, Fulham, pada tahun 2002-2004. Performanya saat bergabung dengan Fulham sangat melejit. Pasalnya, ia sering menyumbangkan gol-gol dan hattrick berkelas untuk klub yang berdomisili di London itu.

Tak hanya Fulham, klub di Liga Inggris lainnya yang pernah Inamoto jajaki adalah West Bromwich Albion dengan bayaran sebesar 200 ribu poundsterling. Karier Inamoto tidak begitu melejit seperti saat dirinya di Fulham, sebab ia pernah ditransfer ke Cardiff City pada tahun 2004-2005 dan kemudian kembali ke West Brom sampai tahun 2006.

2. Shinji Kagawa

Gelandang yang kini membela klub Spanyol Real Zaragoza, Shinji Kagawa, mengawali karier internasionalnya dengan bergabung ke klub Bundesliga, Borussia Dortmund. Usai menjajaki Liga Jerman, Kagawa berlabuh ke klub Liga Inggris, Manchester United, pada awal musim 2012-2014.

Debut pertama Kagawa di ajang Liga Inggris pada 20 Agustus 2012 saat The Reds menjamu Everton. Gol pertamanya pada ajang Liga Inggris terjadi saat Setan Merah berhasil menekuk Fulham pada 25 Agustus 2012.

3. Ryo  Miyaichi

Pesepak bola kelahiran 14 Desember 1992 ini pernah menjelajah panggung Liga Inggris bersama klub pertamanya, Arsenal, pada tahun 2011-2012. Saat itu, Miyaichi menandatangani kontrak pertamanya di klub besutan Arsene Wenger itu pada 31 Januari 2011.

Tak berhenti di situ, Maiyichi juga mengalami sepak terjang di beberapa klub Liga Inggris, yaitu Bolton Wanderers, pada tahun 2012 dengan menyumbangkan satu gol di debut pertamanya saat melawan Preston North End. Tak hanya itu, Miyaichi juga melenggang di klub Wigan Athletic pada tahun 2012-2014.

4. Yoshinori Muto

Pemain asal Jepang yang memiliki tinggi 179 cm ini juga menjadi prajurit bagi salah satu klub Liga Inggris, Newcastle United. Muto mengawali karier di Liga Inggris saat tanda tangan kontrak kepada Newcastle pada 27 Juli 2018 dengan biaya sebesar 9,5 juta pound.

Hingga saat ini, Muto telah tampil 22 kali bagi The Magpies di semua kompetisi. Kabarnya, ia berniat hengkang lantaran sulit mendapat jam bermain di Newcastle.