Bola Internasional

3 Pemain Timnas U-23 yang Bisa Dibawa Kurniawan Dwi Yulianto ke Sabah FA

Jumat, 20 Desember 2019 17:02 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Herry Ibrahim/Indosport.com
Para Pemain Timnas U23 yang Bisa Dibawa Kurniawan Dwi Yulianto ke Sabah FA. Copyright: © Herry Ibrahim/Indosport.com
Para Pemain Timnas U23 yang Bisa Dibawa Kurniawan Dwi Yulianto ke Sabah FA.

INDOSPORT.COM - Resmi menjadi pelatih salah satu klub Malaysia, berikut tiga pemain Timnas Indonesia U-23 yang bisa dibawa Kurniawan Dwi Yulianto ke Sabah FA musim depan.

Salah satu legenda sepak bola Timnas Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto akhirnya resmi menjadi pelatih klub Liga Super Malaysia 2020, Sabah FA. 

Dilansir dari Instagram Kurniawan Dwi Yulianto, pelatih yang selama aktif bermain sepak bola mendapat julukan Si Kurus ini menuliskan kalimat syukur karena sudah resmi ditunjuk sebagai pelatih Sabah FA untuk musim 2020.

"Alhamdulillah. Semua pujian kepada Allah swt karena memberi saya berkah, kekuatan, kesempatan bagi saya karena hari ini saya secara resmi ditunjuk sebagai pelatih kepala untuk Sabah FA." tulis Kurniawan di Instagram pribadinya.

"Terima kasih kepada SAFA untuk kesempatan ini dan Insya Allah saya akan melakukan yang terbaik karena ini adalah tantangan baru bagi saya di Malaysia Super League. Mohon doanya semua. “Jaya Selalu Untuk Sabah," tambahnya.

Ini akan menjadi pengalaman sangat berharga bagi Kurniawan Dwi Yulianto, karena baru pertama kali ia menjadi pelatih kepala klub profesional. Sebelumnya, Kurniawan Dwi Yulianto hanya menjadi asisten pelatih Timnas Indonesia U-23 sejak 2018 lalu.

Dengan pengalaman sebagai asisten pelatih Timnas U-23, Kurniawan Dwi Yulianto tentu paham para kemampuan para pemain muda Indonesia dan beberapa diantaranya kemungkinan layak untuk diboyong sang pelatih ke Sabah FA.

Berikut INDOSPORT merangkum, deretan pemain Timnas Indonesia U 23 yang bisa dibawa Kurniawan Dwi Yulianto ke klub Malaysia, Sabah FA musim depan.

1. Asnawi Bahar

© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Asnawi Mangkualam Bahar (kiri) berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Singapura, Kamis (28/11/2019). Copyright: Ronald Seger Prabowo/INDOSPORTAsnawi Mangkualam Bahar (kiri) berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Singapura, Kamis (28/11/2019).

Pemain pertama adalah pemain bertahan Asnawi Bahar, wingback berusia 20 tahun tersebut tampil sangat gemilang dalam gelaran SEA Games 2019. Mengandalkan kecepatan serta kekuatan menahan bola, kemampuan Asnawi Bahar dipastikan bakal berkembang pesat jika hijrah ke Liga Malaysia.

Andai Kurniawan Dwi Yulianto mau membawa Asnawi Bahar ke Sabah FA, tentu akan memberi dampak positif untuk Timnas Indonesia. Sebab pemain PSM Makassar tersebut bisa mendapat pengalaman tanding lebih kompetitif, dan bisa meningkatkan kualitasnya yang tentu berdampak terhadap 

2. Nadeo Argawinata

© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Kiper Timnas U-23, Nadeo Argawinata, dalam pertandingan melawan Singapura di SEA Games 2019. Copyright: Ronald Seger Prabowo/INDOSPORTKiper Timnas U-23, Nadeo Argawinata, dalam pertandingan melawan Singapura di SEA Games 2019.

Aset berharga Timnas Indonesia di sektor penjaga gawang, karir Nadeo Argawinata sangat wajib diperhatikan dengan memberi jam terbang serta kompetisi yang lebih kompetitif. Liga Malaysia pun bisa menjadi pilihan.

Tidak cuma bersama Timnas Indonesia U23, kegemilangan Nadeo Argawinata juga terlihat di Liga 1 saat memperkuat Borneo FC. Total dalam 19 pertandingan Liga 1 musim ini, pemain berusia 22 tahun tersebut telah mencatatkan 6 clean sheets.

3. Osvaldo Haay

© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-23, Osvaldo Haay usai mencetak gol ke gawang Myanmar U-23 babak semifinal SEA Games Filipina 2019, Sabtu (07/12/19). Copyright: Ronald Seger Prabowo/INDOSPORTSelebrasi pemain Timnas Indonesia U-23, Osvaldo Haay usai mencetak gol ke gawang Myanmar U-23 babak semifinal SEA Games Filipina 2019, Sabtu (07/12/19).

Terakhir adalah bintang muda Persebaya, Osvaldo Haay yang tampil sangat gemilang bahkan penyerang berusia 23 tahun tersebut menjadi top skor SEA Games 2019 berkat delapan golnya.

Dengan kemampuannya saat ini, memang layak Osvaldo Haay mencicipi kompetisi di negri orang demi menambah pengalamannya dan menambah jam terbang bertanding dengan lawan-lawan asing.

Bukan tidak mungkin jika karier Osvaldo Haay terus diasah dengan melawan pemain-pemain asing di Liga Malaysia, winger kelahiran Jayapura ini bisa menjadi sosok vital Timnas Indonesia di masa depan.