In-depth

Hati-hati Liverpool! Flamengo Itu Tim Brasil Rasa Liga Champions

Sabtu, 21 Desember 2019 16:42 WIB
Editor: Coro Mountana
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Jelang final Piala Dunia Antarklub 2019, Liverpool tampaknya perlu berhati-hati soalnya Flamengo itu tim Brasil rasa Liga Champions.

Bertanding di Stadion Internasional Khalifa, Doha, Qatar pada Minggu (22/12/19) dini hari, Liverpool sangat berhasrat untuk memenangkan Piala Dunia Antarklub 2019. Pasalnya sepanjang sejarah, Liverpool belum pernah sekalipun menjuarai kompetisi itu.

Terakhir, Liverpool harus menyerah 0-1 dari Sao Paulo pada tahun 2005 padahal saat itu Steven Gerrard sedang on fire dan ada Fernando Torres. Namun usaha untuk menjuarai Piala Dunia Antarklub 2019 tampaknya tak akan mudah mengingat Flamengo pernah kalahkan Liverpool.

Tepat pada tahun 1981, Liverpool yang diperkuat oleh legenda hidup seperti Kenny Dalglish harus kalah 0-3 dari Flamengo di Piala Interkontinental (cikal bakal Piala Dunia Antarklub). Selain itu, ternyata Flamengo adalah klub Brasil rasa Liga Champions yang patut diwaspadai Liverpool.

Flamengo Rasa Eropa

Bruno Henrique

Mulai dari penyerang sayap Flamengo, Bruno Henrique yang mencetak satu gol di semifinal kemarin melawan Al-Hilal. Siapa sangka pada tahun 2016, Bruno Henrique ternyata pernah bermain di klub Eropa tepatnya Wolfsburg.

Bahkan Bruno Henrique sempat menjadi pemain inti untuk Wolfsburg pada babak 8 besar Liga Champions melawan Real Madrid yang jadi juara pada tahun itu. Meski harus tersingkir dari Real Madrid, Bruno sempat mencetak 1 asis bagi Wolfsburg.

Gabriel Barbosa

Siapa tak kenal Gabriel Barbosa? Kemampuannya di Brasil membuat dirinya langsung dibeli Inter Milan pada tahun 2016. Sampai saat ini pun, Gabriel Barbosa masih berstatus sebagai pemain Inter Milan namun sedang dipinjamkan ke Flamengo.

Namun pengalamannya bermain di Liga Champions tidak ia dapatkan di Inter Milan melainkan Benfica. Meski hanya tampil dua kali di Liga Champion musim 2017/2018, tetap saja Gabriel Barbosa sudah miliki pengalaman melawan tim-tim Eropa.

© twitter.com/Flamengo
Pemain pinjaman dari Inter Milan, Gabriel Barbosa berhasil jadi juru selamat dan mengantarkan Flamengo FC menjadi juara Copa Libertadores 2019, Minggu (24/11/19) dini hari WIB. Copyright: twitter.com/FlamengoPemain pinjaman dari Inter Milan, Gabriel Barbosa berhasil jadi juru selamat dan mengantarkan Flamengo FC menjadi juara Copa Libertadores 2019, Minggu (24/11/19) dini hari WIB.

Diego Alves

Sang kiper, Diego Alves ternyata sebelumnya sudah bermain di Eropa selama 10 tahun bersama Almeria dan Valencia. Bermain di Liga Champions dengan Valencia dan kemampuan Diego Alves menepis penalti termasuk sepakan Lionel Messi membuat ia jaminan tembok kokoh Flamengo.

Pablo Mari

Sosok bek tengah Flamengo yaitu Pablo Mari ternyata juga sebelumnya sudah banyak mengenyam asam garam main di Eropa. Dari bermain di Manchester City, NAC Breda hingga Deportivo La Coruna adalah pengalaman berharga Pablo Mari jelang lawan Liverpool.

Filipe Luis

© Twitter Atletico Madrid.
Bek kiri Atletico Madrid, Filipe Luis. Copyright: Twitter Atletico Madrid.Eks bek kiri Atletico Madrid, Filipe Luis.

Filipe Luis pernah menjadi salah satu bek kiri terbaik di Eropa bersama Atletico Madrid sebelum sempat diboyong ke Chelsea. Lebih mengesankan lagi, Filipe Luis adalah bek kiri inti Atletico Madrid di final Liga Champions.

Rafinha

Jika sisi kiri pertahanan Flamengo punya Filipe Luis, maka mereka juga punya pemain kelas bintang sebagai bek kanannya yaitu Rafinha. Ia adalah anggota skuat Bayern Munchen saat treble winner musim 2012/2013 yang salah satunya adalah Liga Champions.

Gerson

Di gelandang tengah, Flamengo juga miliki sosok yang sudah kenyang pengalaman di Eropa yaitu Gerson yang pernah main di AS Roma dan Fiorentina. Pengalamannya mengantarkan AS Roma ke semifinal Liga Champions musim 2017/2018 menjadi kenangan terbaiknya.

Diego Ribas

© Valerio Pennicino/GettyImages
Diego Ribas saat masih memperkuat klub Serie A Italia, Juventus Copyright: Valerio Pennicino/GettyImagesDiego Ribas saat masih memperkuat klub Serie A Italia, Juventus

Terakhir adalah Diego Ribas yang sudah malang melintang di sejumlah klub Eropa seperti Porto, Werder Bremen, Juventus, Wolfsburg, Atletico Madrid, hingga Fenerbahce. Total caps di Liga Champions pun mencapai 35 pertandingan.

Jorge Jesus

Tak hanya pemain, ternyata pelatih Flamengo yaitu Jorge Jesus juga merupakan sosok yang sudah tidak asing dengan sepak bola Eropa. Prestasi terbaik Jorge Jesus adalah membawa Benfica ke 8 besar Liga Champions 2011/2012.

Dengan materi pemain inti yang mayoritasnya pernah punya pengalaman main di Eropa, maka tak heran Flamengo layak disebut sebagai klub Brasil rasa Liga Champions. Jika Liverpool tidak hati-hati, bisa saja Flamengo yang diisi pemain berpengalaman dapat membuat kejutan.