Liga Indonesia

Mulai Tua seperti Bambang Pamungkas, 5 Pemain Ini Masih 'Kuat' di Liga Indonesia

Sabtu, 21 Desember 2019 15:58 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Liga 1 2019 akan berakhir dengan hanya menyisakan pekan ke-34 untuk dimainkan dan seperti Bambang Pamungkas, 5 pemain berikut sudah mulai tua tapi masih mewarnai sepak bola Indonesia.

Fenomena pemain sepak bola yang sudah memasuki masa senja alias tua memang terjadi di liga belahan negara mana pun. Begitu juga dengan sepak bola Indonesia yang juga beberapa cukup uzur, atau kategori di atas 35 tahun.

Seperti yang baru saja terjadi, di mana salah satu legendaris striker Timnas Indonesia dan Persija Jakarta, Bambang Pamungkas memutuskan pensiun. Pemain yang akrab disapa Bepe itu pensiun di usia ke-39 tahun.

Usia yang memang sudah tak muda lagi dan jika para pemain sepak bola memaksakan diri untuk terus bermain, biasanya mulai didera beberapa cedera dan tidak fit. Oleh karena itu, tak perlu heran jika Bambang Pamungkas memutuskan pensiun.

Tapi sama halnya seperti Bambang Pamungkas, INDOSPORT telah menemukan 5 pemain yang juga sudah mulai menua tapi masih belum ada tanda-tanda akan pensiun. Mereka nampaknya masih akan mewarnai sepak bola Indonesia di musim 2020 mendatang.

Siapa sajakah ke-5 pemain yang telah dikumpulkan INDOSPORT? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Cristian Gonzales

© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Cristian  Gonzales akan melakukan selebrasi usai selebrasi Copyright: Ronald Seger Prabowo/INDOSPORTCristian Gonzales akan melakukan selebrasi usai selebrasi

Yang pertama tentu saja Cristian Gonzales yang sempat membuat publik sepak bola Indonesia terkejut. Dirinya jelang Liga 2 dimulai bergabung dan sudah berlatih bersama Bogor FC, namun pada Mei 2019, dia gabung PSIM Yogyakarta.

Mampu bertahan dari persaingan para striker asing yang terus berdatangan, Gonzales yang sudah dinaturalisasi memiliki modal berharga yaitu pengalaman yang segudang.

Gonzales pernah bermain untuk sejumlah klub besar Indonesia, seperti PSM Makassar, Persik Kediri, Persib Bandung, Arema FC, Madura United, dan terakhir adalah PSS Sleman di Liga 2 2018 lalu.

Di PSS, saat usianya sudah kepala empat, ternyata Gonzales masih menunjukkan tajinya dengan mengemas 15 gol di Liga 2 2018. Striker naturalisasi itu bahkan menyumbang satu gol di final dan menjadi juara Liga 2 2018.

Tapi sayang sekali, Gonzales tak bisa membawa PSIM melangkah jauh di Liga 2 2019. PSIM harus puas tertahan di Wilayah Timur, tak lanjut ke babak 8 besar karena hanya ada di peringkat ke-7 klasemen akhir.

Meski begitu, Gonzales masih menunjukkan tajinya bersama PSIM di musim lalu. Dengan torehan 9 gol sepanjang dia membela PSIM di Liga 2 2019 lalu.

2. Ismed Sofyan

© Instagram/@persijajkt
Selebrasi Ismed Sofyan saat mencetak gol. Copyright: Instagram/@persijajktSelebrasi Ismed Sofyan saat mencetak gol untuk Persija Jakarta di Liga 1

Sempat merencanakan pensiun bersama dengan Bepe, Ismed Sofyan nyatanya belum ada tanda-tanda mau gantung sepatu. Sudah berusia 40 tahun, alih-alih membocorkan kapan dia pensiun, Ismed ikut mengucapkan ucapan perpisahan kepada Bepe.

"Akhirnya teman sekamar pergi juga, banyak kenangan yangg tak terlupakan. Terima kasih BP, sudah menjadi sehabat yang baik," tulis Ismed Sofyan lewat caption akun Instagram pribadinya.

Ismed Sofyan juga mampu mengejutkan pelatih Persija, Edson Tavares karena penampilannya yang begitu bagus dan konsisten padahal usianya sudah tak lagi muda.

"Ismed sudah berusia 40 tahun dan absen lama karena ambil lisensi kepelatihan dan hanya sekali latihan (sebelum lawan Madura) tapi tampil sangat bagus," tutur Edson.

Pemain yang pernah membela Persiraja Banda Aceh, Sriwijaya FC lalu hingga sekarang Persija Jakarta ini pun mencatat sebanyak 16 penampilan dengan dua assists bersama Macan Kemayoran.

3. Herman Dzumafo

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Selebrasi pemain Bhayangkara FC, Herman Dzumafo menutup kemenangan atas PSM Makassar pada leg pertama babak delapan besar Piala Indonesia (27-04-2019) di Stadion PTIK, Jakarta. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTSelebrasi pemain Bhayangkara FC, Herman Dzumafo usai cetak gol di Liga 1.

Sementara itu ada juga Herman Dzumafo yang pada tanggal 21 November kemarin berulangtahun ke-39. Pemain naturalisasi asal Kamerun ini ternyata mampu bersaing dengan para penyerang muda di skuat Bhayangkara FC.

Buktiknya dia telah tampil sebanyak 29 kali dengan mencetak 10 gol dan 3 assists untuk Bhayangkara FC sepanjang musim ini. Bahkan pada penampilan terakhirnya untuk BFC, Dzumafo mencetak gol ke gawang Badak Lampung FC.

Dzumafo juga punya pengalaman segudang di sejumlah klub besar Indonesia. Mulai dari Arema FC, Persib Bandung, Mitra Kukar, Sriwijaya FC, Persela Lamongan hingga terakhir Bhayangkara FC, menjadi perjalanan karier Dzumafo di sepak bola Indonesia.

4. Alberto Goncalves

Alberto Alberto 'Beto' Goncalves saat membela Madura United di Liga 1

Selanjutnya lagi-lagi striker naturalisasi yang masih aktif bermain dan menjadi tumpuan klubnya di usia 38 tahun, yakni Alberto Goncalves. Pemain yang akrab disapa Beto ini membela Madura United di sepanjang Liga 1 2019.

Meski memutuskan gabung Madura United yang bertabur bintang Timnas Indonesia, ketajaman Beto membuatnya tetap jadi andalan. Dari 26 penampilannya, dia berhasil mencetak 17 gol dan 5 assist di Liga 1 2019.

Bahkan Beto Goncalves mampu mencatatkan 4 kali brace (dua gol) di Liga 1 2019. Dengan statistik ini pun, Beto nampaknya belum akan pensiun pada musim 2020 mendatang.

Berkarier selama 11 tahun di Indonesia, Beto memang telah membela klub-klub besar seperti Persipura Jayapura, Arema FC, Sriwijaya FC, Persija Jakarta hingga sekarang Madura United.

5. I Made Wirawan

© Arif Rahman/INDOSPORT
Penjaga gawang Persib, I Made Wirawan saat konferensi pers di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Minggu (15/12/2019). Copyright: Arif Rahman/INDOSPORTPenjaga gawang Persib, I Made Wirawan saat konferensi pers jelang Liga 1 di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Minggu (15/12/2019).

Yang terakhir adalah kiper yang sudah cukup tua yakni I Made Wirawan. Sepanjang Liga 1 2019 ini, I Made Wirawan masih menjadi andalan Persib Bandung dengan mencatat 30 penampilan, hanya kebobolan 27 gol dan 12 kali clean sheets.

Musim 2019 juga merupakan tahun ketujuh I Made Wirawan sebagai kiper utama Persib Bandung. Tapi usianya yang sudah uzur tak mengurungkan niatnya jatuh bangun menjaga gawang Maung Bandung di Liga 1.

Tanda-tanda pensiun pun tak terdengar dari I Made Wirawan, bahkan dia sempat dirumorkan akan meninggalkan Persib Bandung. Adalah Bali United yang disebut-sebut menjadi pelabuhan I Made selanjutnya.

Selama karier profesional di Liga 1, I Made Wirawan pun terbukti setia dengan hanya membela Persiba Balikpapan sebelum gabung Persib Bandung pada tahun 2012 lalu.