Bola Internasional

Sint-Truidense VV, Klub Belgia Langganan Vietnam yang Cocok untuk Saddil Ramdani

Sabtu, 21 Desember 2019 16:35 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© www.worldfootball.net
Sint-Truidense VV, klub Belgia yang cocok dibela Saddil Ramdani Copyright: © www.worldfootball.net
Sint-Truidense VV, klub Belgia yang cocok dibela Saddil Ramdani

INDOSPORT. COM - Sint-Truidense VV, klub Liga Belgia yang biasa menampung pemain Vietnam ini, sepertinya bisa menjadi pelabuhan baru bagi Saddil Ramdani di Eropa.

Teka-teki masa depan pemain Timnas Indonesia, Saddil Ramdani, belakangan tengah menyedot perhatian publik. Usai meninggalkan Kedah FA, Saddil kabarnya akan bergabung dengan klub Liga Malaysia lainnya, Sabah FA.

Namun kelanjutan isu Saddil gabung Sabah FA tiba-tiba buyar. Saddil kini justru santer dikabarkan bakal merantau ke pentas sepak bola Eropa.

Seperti yang tertera dalam unggahan akun Twitter Indostransfer pada Sabtu (21/12/19) siang. Indostransfer menuliskan bahwa Saddil akan merapat ke klub Benua Biru, dan kemungkinan besar berasal dari Liga Belgia.

Belum ada keterangan pasti dari pihak Saddil terkait kabar dirinya menuju Liga Belgia. Namun jika boleh menerka, ada satu klub Liga Belgia yang sepertinya bisa menampung bakat Saddil, yakni Sint-Truidense VV.

Profil Sint-Truidense VV

© www.worldfootball.net
Sint-Truidense VV Copyright: www.worldfootball.netSint-Truidense VV

Nama Sint-Truidense VV di Liga Belgia memang tak setenar RSC Anderlecht. Sint-Truidense VV saja prestasi terbaiknya di kasta tertinggi Liga Belgia hanya menduduki posisi runner-up, dan itu pun terjadi 1965/66 silam.

Kiprah Sint-Truidense VV dalam lima tahun terakhir sebenarnya juga kurang mengesankan. Sint-Truidense VV baru promosi ke kasta tertinggi pada musim 2015/16, setelah menjuarai kasta kedua Liga Belgia 2014/15.

Setelahnya, Sint-Truidense VV hanya menjadi penghias papan tengah klasemen saja. Kecuali musim 2018/19 lalu, Sint-Truidense VV hampir saja lolos ke babak play-offs perebutan gelar juara, lantaran duduk di tangga ketujuh klasemen akhir regular season.

Namun, prestasi Sint-Truidense VV di musim 2019/20 ini kembali merosot. Telah memainkan 19 pertandingan, Sint-Truidense VV hanya bercokol di urutan 11 klasemen.

Walau secara prestasi kurang mengesankan, Sint-Truidense VV sejatinya merupakan klub Liga Belgia yang akrab dengan pemain-pemain Asia. Pada musim ini saja, Sint-Truidense VV total punya lima pemain benua Asia, di antaranya, Daniel Schmidt, Seung-woo Lee, Tatsuya Ito, Yuma Suzuki, dan Cong Phuong Nguyen.

Khusus untuk nama terakhir, Cong Phuong Nguyen, ternyata berasal dari Vietnam. Cong Phuong Nguyen merupakan bomber Timnas Vietnam diboyong pada Juli 2019 lalu, dengan status pemain pinjaman.

© https://ai.tintucvietnam.vn/
Cong Phuong Nguyen, pemain Vietnam di Liga Belgia Copyright: https://ai.tintucvietnam.vn/Cong Phuong Nguyen, pemain Vietnam di Liga Belgia

Kebiasaan memboyong pemain Asia, mungkin tak lepas dari status pemilik klub Sint-Truidense VV itu sendiri. Sint-Truidense VV saham mayoritasnya diketahui milik perusahaan asal Jepang, DMM.com.

Hal itulah yang lantas membuat Saddil berpeluang gabung Sint-Truidense VV. Apalagi Saddil juga memiliki jam terbang lumayan bersama Timnas Indonesia, yang mungkin saja mampu memikat petinggi DMM.com dan memboyongnya ke Sint-Truidense VV.

Namun perlu ditekankan lagi, peluang yang ada masihlah asumsi semata. Tak ada keterangan resmi dari Saddil, sehingga belum jelas klub Liga Belgia mana yang akan dibelanya.

Jadi, patut ditunggu kelanjutan kabar soal Saddil yang ingin merumput di Liga Belgia. Apakah benar Sint-Truidense VV yang akan jadi pelabuhan Saddil?