Liga Inggris

4 Pemain Manchester United Saat Ini yang Pernah Meraih Gelar Liga Inggris

Minggu, 22 Desember 2019 17:14 WIB
Editor: Juni Adi
© Premierleague
Trofi Liga Inggris. Copyright: © Premierleague
Trofi Liga Inggris.

INDOSPORT.COM - Sudah setengah dasawarsa lebih lamanya Manchester United harus mengalami puasa gelar Liga Inggris. Terakhir kali mereka mampu menjuarainya pada musim 2012-2013.

Kala itu Manchester United yang masih dilatih Sir Alex Ferguson, mengakhiri musim di puncak klasemen Liga Inggris dengan 89 poin. Unggul 11 poin dari pesaing terdekatnya Manchester City di urutan kedua.

Itu menjadi gelar Liga Inggris ke-20 untuk Manchester United, sekaligus menahbiskan diri sebagai King of England, karena paling banyak meraih gelar liga domestik. Unggul 2 digit dari Liverpool yang menempel ketat, bersama 18 gelarnya.

Meninggalkan jarak dua angka dengan rival abadi sebagai penguasa Liga Inggris, dirasa cukup bagi Sir Alex Ferguson. Dirinya pun memutuskan pensiun di musim tersebut.

Dirinya beranggapan Liverpool butuh waktu yang cukup lama untuk bisa menyalip gelar, dan memutus puasa gelar Liga Inggris dari tim yang bermarkas di Old Trafford itu.

Namun sayangnya, prasakan segera terbantahkan. Pasalnya, hanya butuh enam tahun bagi The Reds untuk bisa bangkit di Liga Inggris, dan mengejar defisit trofi dari rivalnya itu.

Musim ini, Liverpool jadi tim yang paling berpeluang besar keluar sebagai juara Liga Inggris, karena hingga pekan ke-18 ini mereka belum sekalipun merasakan kekalahan, dan memuncaki klasemen dengan 49 poin.

Unggul 10 poin dari Leicester City di posisi ke-2 dan 11 poin dari Manchester City di urutan ke-3. Andai penampilan anak asuh Jurgen Klopp konsisten hingga akhir musim, bukan tidak mungkin mereka bisa menjuarai trofi Liga Inggris.

Itu akan jadi gelar Liga Inggris pertama Liverpool sejak kompetisi berubah format Premier League pada tahun 1990 lalu. Terakhir kali mereka juara liga domestik terjadi di tahun 1989-1990.

Di saat Liverpool sudah bangkit, Manchester United yang pernah berjaya dalam satu dekade terakhir, malah tampil kepayahan usai ditinggal Ferguson.

Sederet pelatih ternama yang menggantikannya seperti David Moyes, Louis Van Gaal, hingga Jose Morinho, belum mampu membawa Manchester United untuk bangkit dari penampilan buruk.

Terkini, di bawah asuhan legenda Ole Gunnar Solskjaer, mereka juga belum bisa mengembalikan mental juara para pemain.

Musim ini, Manchester United malah kesulitan bersaing, dan tertatih di papan tengah hanya sekadar berjuang masuk zona Liga Champions.

Performa buruk itu juga tidak lepas dari faktor pemain senior bermental juara yang sudah banyak meninggalkan klub. Bahkan, hanya ada empat pemain di skuat musim ini yang pernah merasakan gelar juara Liga Inggris di Manchester United. Siapa saja mereka?

1. David De Gea

Didatangkan dari Atletico Madrid dengan mahar 22 juat poundsterling pada tahun 2012 untuk menjadi suksesor Edwin Van Der Sar, David De Gea harus mengalami nasib buruk di musim perdananya.

Sulit beradaptasi dengan gaya sepak bola Inggris yang banyak mengandalkan fisik dan terbentur kendala bahasa, membuatnya performa De Gea jauh dari harapan.

Blunder kerap ia lakukan, meski tak sedikit juga penyelematan gemilang ia pertontonkan. Baru di musim kedua, Manchester United benar-benar meraskaan kehebatan tangan malaikat De Gea.

Kiper asal Spanyol itu jadi salah satu pilar penting Manchester United dalam merengkuh gelar Liga Inggris pada musim 2012-2013 lalu, sekaligus jadi gelar pertama dan terakhirnya sampai saat ini.

2. Phil Jones

Sir Alex Ferguson dikenal sebagai salah satu pelatih jenius, dalam melihat potensi pemain muda berbakat. Phil Jones adalah salah satu rekrutan hasil pentauannya.

Diboyong dari Blackburn Rovers pada tahun 2012, Jones digadang-gadang akan jadi bek masa depan Manchester United karena usianya yang masih muda saat itu yakni 19 tahun.

Di musim debutnya, Jones langsung mendapat tempat di tim utama untuk mendampingi dua bek senior Nemanja Vidic dan Rio Ferdinand.

Komposisi bek muda dan tua, menjadi Man United tangguh hingga berhasil menjuarai Liga Inggris musim 2012-2013 dengan catatan apiknya.

3. Ashley Young

Ashley Young jadi pemain terakhir di skuat Manchester United saat ini, yang pernah merasakan gelar Liga Inggris bersama skuat 2012-2013.

Dirinya diboyong dari Aston Villa pada tahun 2011, setelah tampil apik. Kelincahan dan akurasi umpan silangnya, membuat Sir Alex kepincut mendatangkannya.

Kini, diusianya yang sudah menginjak 34 tahun Ashley Young masih dipercaya oleh Solskjaer untuk mengisi pos bek kiri, melapisi Luke Shaw dan juga mentor bagi pemain muda dengan ban kapten di lengannya.

4. Nemanja Matic

Nemanja Matic jadi satu-satunya pemain yang pernah merasakan gelar Liga Inggris di skuat Man United saat ini, bersama klub lain. Total 3 gelar dia dapatkan, saat masih bermain di Chelsea. Masing-masing di tahun 2010, 2015 dan 2017. 

Nemanja Matic sendiri bergabung ke Manchester United pada tahun 2017 lalu, diboyong oleh Jose Mourinho dari Chelsea dengan mahar 40 juta poundsterling, jelang Liga Inggris musim 2017-2018.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%