Bola Internasional

Termasuk Guardiola dan Klopp, Ini 5 Pelatih Sepak Bola Terbaik di Tahun 2019

Senin, 23 Desember 2019 21:04 WIB
Editor: Coro Mountana
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Mendekati penghujung akhir tahun 2019, sangat menarik untuk melihat kembali siapa saja pelatih sepak bola terbaik.

Tahun 2019 menjadi tahunnya sepak bola di mana berlangsungnya sejumlah ajang bergengsi seperti Copa America, Piala Afrika hingga UEFA Nations League. Dari sekian turnamen itu termasuk yang reguler seperti liga-liga top Eropa dan Liga Champions, muncullah para pelatih jempolan.

Dan di sepanjang tahun 2019 ini, terdapat sejumlah pelatih yang mengerahkan segala pikiran dan waktunya hingga membawa timnnya berprestasi. Untuk itu, layak untuk diberi apresiasi setinggi langit para pelatih yang telah berjuang demi mengangkat peforma timnya di 2019.

Lantas siapa saja pelatih sepak bola terbaik di tahun 2019? Berikut INDOSPORT merangkumnya hanya untuk anda.

Tite

© Getty Images
Tite, pelatih Timnas Brasil Copyright: Getty ImagesTite, pelatih Timnas Brasil

Pertama ada Tite atau bernama lengkap Adenor Leonardo Bacchi yang sanggup membawa Timnas Brasil menjuarai Copa America 2019. Meski tidak ada pemain bintang seperti Neymar, Brasil di bawah asuhan Tite tetap tampil perkasa di Copa America 2019 dengan selalu menang.

Semakin spesial bagi Tite karena ia sanggup melepaskan dahaga puasa gelar Copa America Brasil sejak 2007. Meski dihuni sejumlah pemain bintang dan berbakat, tetap saja dibutuhkan kemampuan menyatukan tim untuk membawa Brasil sukses dan itu dimiliki oleh Tite.

Ricardo Gareca

© Agencia Uno
Pelatih Peru, Ricardo Gareca berjalan lunglai setelah dikalahkan tuan rumah. Copyright: Agencia UnoPelatih Peru, Ricardo Gareca.

Lawan Brasil di final Copa America yaitu Peru mungkin terdengar seperti negara kecil di Amerika Selatan. Akan tetapi jika dianalisis, sesungguhnya keberhasilan Peru mencapai babak final Copa America 2019 patut diacungi jempol.

Pasalnya, edisi terakhir Peru bisa mencapai babak final Copa America adalah pada tahun 1975. Dan Peru tidak akan bisa mencapai prestasi itu jika bukan pelatihnya adalah Ricardo Gareca yang telah menukangi tim sejak 2015.

Meski kalah di final Copa America 2019, Peru rupanya menjadi satu-satunya tim yang mampu menjebol gawang Brasil yang dikawal oleh Alisson Becker. Sekali lagi itu berkat jasa dari Ricardo Gareca yang sanggup meramu materi pemain seadanya Peru jadi tim kuda hitam.

Fernando Santos

© Getty Images
Caption Copyright: Getty ImagesFernando Santos.

Fernando Santos memang merupakan seorang pelatih yang sangat spesial karena sanggup membawa Portugal berprestasi lagi di tahun 2019. Meski Portugal diperkuat oleh Cristiano Ronaldo, tapi nyatanya sebelum Fernando Santos datang, mereka selalu gagal menjuarai ajang apapun.

Bersama Fernando Santos, Portugal berhasil menjuarai Euro 2016 dan teranyar pada tahun ini di ajang UEFA Nations League. Hebatnya, Fernando Santos sanggup menghentikan Timnas Belanda yang dalam 2 tahun terakhir mulai bangkit.

Pep Guardiola

© Chris Brunskill/GettyImages
Pep Guardiola, pelatih klub Liga Inggris, Manchester City. Copyright: Chris Brunskill/GettyImagesPep Guardiola, pelatih klub Liga Inggris, Manchester City.

Nama selanjutnya adalah Pep Guardiola yang di musim lalu membuat sejarah dengan memenangi Liga Inggris dengan perolehan poin tertinggi. Selain itu, Manchester City juga sukses dibawa Guardiola menjadi treble winners.

Sayang di ajang Liga Champions, Pep Guardiola masih belum mampu membawa Manchester City melangkah lebih jauh. Untuk itu kami tidak menempatkan Guardiola sebagai pelatih terbaik untuk tahun 2019.

Jurgen Klopp

© INDOSPORT
Jurgen Klopp, pelatih Liverpool. Copyright: INDOSPORTJurgen Klopp, pelatih Liverpool.

Soalnya kami memilih Jurgen Klopp sebagai pelatih terbaik di tahun 2019. Gelar Liga Champions, Piala Super Eropa dan Piala Dunia Antarklub. Padahal jika kita mau mundur 4 tahun saja ke belakang, Liverpool adalah tim yang sering dijadikan bahan lawakan fans tim-tim lain.

Akan tetapi awan mendung telah ditiup pergi oleh Klopp yang sanggup membuat Liverpool tampil begitu luar biasa. Termasuk saat ini Liverpool masih memuncaki klasemen sementara Liga Inggris dengan selalu menang kecuali melawan Manchester United.

Memang perdebatan tentan siapa yang lebih hebat antara Klopp dan Guardiola tidak akan ada habisnya, tapi satu hal yang pasti pelatih Liverpool itu kini telah melakukan revolusi. Sehingga Klopp layak masuk dalam salah satu dari 5 pelatih sepak bola terbaik tahun 2019.