Liga Indonesia

3 Fakta Simon Elissetche, Pelatih asal Chile yang Melamar ke PSMS Medan

Selasa, 24 Desember 2019 09:46 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Lanjar Wiratri
© RRI
Ada 3 fakta tentang pelatih asal Chile Simon Pablo Elissetche yang baru-baru ini melamar ke klub Liga 2 2020 PSMS Medan. Copyright: © RRI
Ada 3 fakta tentang pelatih asal Chile Simon Pablo Elissetche yang baru-baru ini melamar ke klub Liga 2 2020 PSMS Medan.

INDOSPORT.COM - Ada 3 fakta tentang pelatih asal Chile Simon Pablo Elissetche yang baru-baru ini melamar ke klub Liga 2 2020 PSMS Medan.

Kabar Simon Elissetche melamar ke Ayam Kinantan dibenarkan oleh manajer klub Mulyadi Simatupang. Dirinya menyebut sang pelatih datang membawa CV.

"Karena dia ingin menunjukkan bahwa dia mampu membawa PSMS ini ke Liga 1 (2021)," kata Mulyadi kepada INDOSPORT, Senin (23/12/19).

Pada kesempatan yang sama Simon menjelaskan kalau dirinya diminta oleh sang agen untuk berbicara dengan menemui langsung ke pihak PSMS.

"Kalau nanti ada undangan resmi dari PSMS untuk kerjasama, siapa yang tidak akan tertarik dengan tim sebesar PSMS Medan, pasti saya akan tertarik," ujar Simon.

Selain Simon ternyata sudah ada tiga pelatih lain yang telah menaruh lamarannya ke PSMS seperti Joko Susilo, Philip Hansen, hingga Angel Alvredo Vera (Argentina).

Meski begitu pihak PSMS tampaknya masih menyaring lebih dulu akan siapa yang pantas menukangi klub yang berdiri sejak 7 Juli 1907 silam ini.

Namun bagi penggemar sepak bola nasional tak ada salahnya untuk mengetahui akan fakta-fakta dari sosok Simon Elissetche. Simak.

1. Kenal Sepak Bola Indonesia

© Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Pelatih asal Chile, Simon Pablo Elissetche, melamar ke klub Liga 2, PSMS Medan. Copyright: Aldi Aulia Anwar/INDOSPORTPelatih asal Chile, Simon Pablo Elissetche, melamar ke klub Liga 2, PSMS Medan.

Fakta pertama memperlihatkan kalau Simon Elissetche ternyata sangat kenal dengan kultur dunia sepak bola Indonesia. Lantaran sudah cukup laman berkecimpung.

Pasalnya Simon sempat menahkodai PSSB Bireuen (2012), Persita Tangerang (2013), Persikutim Kutai Timur (2013), hingga Aceh United (2018).

Bahkan pada 2015 silam, Simon sempat melamar ke PSM tetapi Juku Eja lebih memilih Robert Rene Alberts sebagai pelatih. Artinya pelatih 42 tahun ini sudah paham akan budaya sepak bola nasional.

2. Bawa Klub Juara

© lahora.cl
Pelatih Aceh United, Simon Elissetche. Copyright: lahora.clPelatih asal Chile, Simon Elissetche.

Fakta selanjutnya menampilkan kalau pelatih yang diketahui memiliki lisensi Pro CONMEBOL ini pernah membawa salah klub meraih gelar juara.

Hal itu terjadi ketika Simon menukangi klub asal Timor Leste Karketu Dili pada 2017 silam pada ajang kompetisi Liga Futebol Amadora (Liga Utama Timor Leste).

Bahkan Karketu Dili mendapat kesempatan tampil di Piala AFC 2018. Namun entah mengapa, mereka tak bisa main di babak preliminary atau play-off.

3. Nakhodai Timnas

© WikiVisually
Pelatih asal Chile, Simon Elissetche. Copyright: WikiVisuallyPelatih asal Chile, Simon Elissetche.

Fakta terakhir menjelaskan kalau Simon Elissetche ternyata pernah menakhodai Tim Nasional Timor Leste pada 2017 hingga awal 2018.

Simon dipercaya untuk menangani Timnas Timor Leste kala tampil di ajang CTFA international Tournament 2017, yang diikuti tiga negara lainnya.

Kala itu Simon hanya mampu meraih satu kemenangan atas Filipina (1-0) dan kalah dari Laos (1-2) serta Chinese Taipei (1-3). Timor Leste pun duduk diurutan ketiga dalam daftar klasemen akhir.