Liga Indonesia

Gebrakan Pertama Shin Tae-yong Jika Jadi Pelatih Timnas Indonesia

Selasa, 24 Desember 2019 17:12 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Isman Fadil
© Getty Images
Shin Tae-yong mengaku siap melakukan gebrakan usai ditunjuk sebagai pelatih Timnas Indonesia. Copyright: © Getty Images
Shin Tae-yong mengaku siap melakukan gebrakan usai ditunjuk sebagai pelatih Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM – Shin Tae-yong mengaku siap melakukan gebrakan usai ditunjuk sebagai pelatih Timnas Indonesia. Pelatih asal Korea Selatan itu berjanji akan lebih memaksimalkan pemain muda di skuat Tim Garuda.

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) telah menunjuk Shin Tae-yong sebagai pelatih baru Timnas Indonesia pada Senin (23/12/19) lalu. Kabar mengenai penunjukkan Shin Tae-yong disampaikan langsung oleh Wakil Ketua Umum PSSI, Cucu Soemantri.

Setelah resmi ditunjuk sebagai nakhoda baru Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengaku sudah siap untuk meningkatkan prestasi Tim Garuda. Pelatih berusia 49 tahun itu pun bakal memberi kesempatan lebih banyak kepada para pemain muda.

“Saya diminta PSSI untuk meningkatkan prestasi Timnas Indonesia. Saya ingin mengorbitkan pemain muda. Apalagi, Piala Dunia U-20 2021 akan digelar di Indonesia,” ungkap Shin Tae-yong, dikutip dari laman sepak bola Donga.

Shin Tae-yong menyisihkan Luis Milla yang sebelumnya juga digadang-gadang melatih Timnas Indonesia. Rencananya, mantan pembesut Timnas Korea Selatan itu akan resmi diperkenalkan sebagai pelatih Tim Garuda pada Kongres PSSI, Januari mendatang.

“Saya akan berangkat ke Indonesia pada tanggal 26 Desember nanti untuk menandatangani kontrak. Sebagai langkah akhir, saya harap tanggal itu tidak akan mengalami perubahan,” lanjut Shin Tae-yong.

Penunjukan Shin Tae-yong oleh PSSI ini sekaligus mengakhiri rumor yang mengaitkannya ke Shenzhen FC. Sebelumnya, ia dikabarkan sudah menemui kesepakatan dengan klub kasta kedua Liga China itu dan akan bergabung dalam waktu dekat.

Shin Tae-yong sendiri merupakan salah satu pelatih yang sukses di Korea Selatan. Ia pernah membawa Seongnam Ilhwa Chunma menjuarai Liga Champions Asia musim 2010. Bersama Timnas Korea Selatan pun, ia berhasil meraih trofi Piala Asia Timur 2017.

Salah satu kiprahnya yang diingat publik sepak bola dunia ialah kala membawa Korea Selatan mengalahkan Jerman di laga terakhir fase grup Piala Dunia 2018. Meski sudah dipastikan tersingkir, Taeguk Warriors dua kali menjebol gawang Manuel Neuer.