Bola Internasional

Media Asing Tak Sabar Tunggu Kepindahan Saddil Ramdani ke Eropa

Rabu, 25 Desember 2019 11:46 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Lanjar Wiratri
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Media asal Singapura, Live Sports Asia, tak sabar untuk segera menanti klub baru Saddil Ramdani di Eropa. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Media asal Singapura, Live Sports Asia, tak sabar untuk segera menanti klub baru Saddil Ramdani di Eropa.

INDOSPORT.COM – Masa depan Saddil Ramdani belum menemui kejelasan meski telah dirumorkan bakal ke Eropa. Menanggapi hal tersebut, media asal Singapura, Live Sports Asia, tak sabar untuk segera menanti pelabuhan baru pemain Timnas Indonesia ini.

Live Sports Asia menyebutkan bahwa Saddil memilih tak kembali ke Malaysia karena ingin menunggu tawaran dari klub Eropa. Hanya saja, sampai saat ini belum diketahui klub mana yang berminat mengundangnya bermain.

Media yang sama kemudian memperingkatkan kepada sang pemain untuk berhati-hati menentukan keputusan. Pasalnya, tidak sedikit pemain asal Asia yang malah terpuruk dan tak berhasil setelah direkrut salah satu tim Benua Biru.

Salah satu contohnya ialah bintang Vietnam, Nguyen Cong Phuong, yang musim lalu membela Sint-Truidense VV di kasta tertinggi Liga Belgia. Ia tak mendapatkan tempat dan malah akan kembali bermain di Vietnam untuk musim 2020.

Belajar dari Cong Phuong, Saddil tentu belum tentu mendapatkan menit bermain yang sama dengan di Malaysia atau Indonesia jika memilih klub kasta tertinggi di Eropa. Ia mungkin terlebih dahulu bermain untuk tim U-23 seperti Egy Maulana Vikri di Lechia Gdansk.

Selain itu, banyak faktor nonteknis yang perlu diperhatikan dengan baik. Firza Andika, pemain Timnas Indonesia U-23 yang pernah bermain di AFC Tubize (Belgia), hanya bertahan tujuh bulan karena masalah administrasi sponsor.

Saddil Ramdani sendiri pada musim 2019 menjadi salah satu pemain penting Pahang FA. Ia mengemas 28 penampilan dan berhasil mencetak tiga gol. Selain itu, pemain berusia 20 tahun ini juga masuk dalam Best XI SEA Games 2019.