Bursa Transfer

Rekap Rumor Transfer Liga 1: Ezechiel Isunya Mundur, PSIS Lepas Pemain Asing

Rabu, 25 Desember 2019 14:25 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Indra Citra Sena
© PERSIB
Rumor bursa transfer jelang Liga 1 2020 dimulai menunjukan kabar Ezechiel N'Douassel mundur dari Persib Bandung hingga PSIS Semarang lepas pemain asingnya. Copyright: © PERSIB
Rumor bursa transfer jelang Liga 1 2020 dimulai menunjukan kabar Ezechiel N'Douassel mundur dari Persib Bandung hingga PSIS Semarang lepas pemain asingnya.

INDOSPORT.COM - Rumor bursa transfer menjelang Liga 1 2020 menyiarkan kabar Ezechiel N'Douassel mundur dari Persib Bandung hingga PSIS Semarang lepas pemain asingnya.

Ajang Liga 1 2019 sudah selesai sejak Minggu (22/12/19) lalu. Sederet klub sudah memberikan jatah libur kepada para pemain, staf pelatih, sampai manajemen.

Karena gelaran Liga 1 musim ini cukup padat. Pasalnya tiap kompetisi kali ini berjalan kurang lebih delapan bulan saja dan tiap tim kerap bermain empat hari sekali.

Usai kompetisi berakhir, selain memberi libur, tiap manajemen tampaknya bakal menggelar rapat untuk memilah pemain-pemain yang bakal dipertahankan dan dilepas.

Bahkan saat ini saja sederet rumor pemain akan pindah atau berlabuh dari satu klub ke tim lain tengah bertebaran. Hal ini cukup wajar di jeda transfer saat ini.

Untuk lebih lengkapnya redaksi INDOSPORT coba merangkum deretan rumor bursa transfer Liga 1 yang bergulir cukup panas, Rabu (25/12/19).

1. Persija Jakarta

© Alfia Fadilla/INDOSPORT
Ferry Paulus berikan penjelasan soal kontrak baru Marko Simic di Persija Jakarta, Senin (25/11/19). Copyright: Alfia Fadilla/INDOSPORTFerry Paulus berikan penjelasan soal kontrak baru Marko Simic di Persija Jakarta, Senin (25/11/19).

CEO Persija Jakarta Ferry Paulus menuturkan kalau saat ini Macan Kemayoran tengah membidik sejumlah pemain anyar pasca musim 2019 cukup jeblok.

Dia juga begitu yakin kalau dengan mempertahankan pemain lama dan menambah pemain anyar, Persija pada tahun depan bisa lebih baik lagi.

"Setelah mempertahankan sejumlah pemain pilar, manajemen sedang menjalin komunikasi dengan pemain-pemain anyar dan sebagiannya memasuki tahap final,” ujar Ferry Paulus, Selasa (24/12/19).

2. Persib Bandung

© baliunitedfc Sudah Diverifikasi
Duel udara antara Ezechiel vs Spasojevic pada laga Liga 1 2019 di Stadion Si Jalak Harupat. Copyright: baliunitedfc Sudah DiverifikasiDuel udara antara Ezechiel vs Spasojevic pada laga Liga 1 2019 di Stadion Si Jalak Harupat.

Striker andalan Persib Bandung Ezechiel N'Douassel dikabarkan memilih mundur dari tim pada musim depan. Padahal Ezechiel masih terikat kontrak dengan Persib.

Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono, memberikan komentar terkait kabar tersebut. Selain Hariono dan Kevin van Kippersluis tak ada pemain lain yang hengkang.

"Iya (Hariono dan Kevin). Saya belum tahu itu (ada yang minta mundur), karena Eze masih ada kontrak sampai akhir tahun depan," kata Teddy Tjahjono, Selasa (24/12/19).

3. PSIS Semarang

© Alvin Syaptia Pratama/INDOSPORT
Selebrasi Claudir Marini usai membobol gawang PSM Makassar. Copyright: Alvin Syaptia Pratama/INDOSPORTSelebrasi Claudir Marini usai membobol gawang PSM Makassar.

CEO PSIS Semarang Yoyok Sukawi menjelaskan bahwa dua pemain asing bakal dipertahankan. Bahkan komunikasi dengan keduanya masih terjalin.

“Kami terus lakukan komunikasi dengan agen Wallace dan Jonathan, semoga segera mendapat kabar baik untuk dua pemain ini," ujar Yoyok kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT, Selasa (24/12/19).

Kemudian Yoyok Sukawi juga menjelaskan kalau PSIS baru melepas salah satu pemain asing, yakni Claudir Marini Jr yang kontraknya habis akhir Desember 2019.

"Biarkan dia pulang ke Brasil untuk mengobati cederanya dan setelah itu apabila sudah sembuh silakan hubungi PSIS lagi andaikan memang kembali berjodoh," sambung Yoyok.

Lalu pemain tengah PSIS Heru Setyawan menuturkan kalau dirinya masih ingin bertahan. Meski saat ini kontraknya bakal habis pada akhir Desember 2019.

"Pastinya ingin bertahan di PSIS, tapi hingga belum tahu apakah saya akan diperpanjang atau tidak,” ucap Heru kepada INDOSPORT, Selasa (24/12/19).

4. Arema FC

© Instaram@HanifSjahbandi
Hanif Sjahbandi. Copyright: Instaram@HanifSjahbandiPemain Arema FC Hanif Sjahbandi.

Gelandang Arema FC Muhammad Rafli mengaku kalau dirinya tetap bertahan lantaran masih memiliki kontrak dua musim mendatang.

"Saya masih ada satu musim lagi di sini. Kontrak saya sampai tahun 2021 mendatang," ujar Muhammad Rafli, Senin (23/12/19).

Kemudian ada gelandang Hanif Sjahbandi yang mengirim sinyal bakal meninggalkan Arema FC. Saat dikonfirmasi, dia memberikan pernyataan yang cukup mengejutkan.

"Pokoknya saya doakan Arema FC sukses selalu dan meraih prestasi musim depan. Sukses juga untuk semua rekan media, sampai ketemu lagi," papar Hanif Sjahbandi kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT, Rabu (25/12/19).

5. Persik Kediri

© Fitra Herdian/INDOSPORT
Mantan pelatih PS TIRA, Rudy Eka Priyambada, masuk ke dalam tim kepelatihan Persebaya. Copyright: Fitra Herdian/INDOSPORTMantan pelatih PS TIRA, Rudy Eka Priyambada, masuk ke dalam tim kepelatihan Persebaya.

Rumor akan kepala pelatih anyar Persik Kediri masih menjadi teka-teki. Sebab Budiardjo Thalib terganjar masalah regulasi lisensi oleh operator kompetisi.

Lalu muncul nama eks pelatih fisik Persebaya Rudy Eka Priyambada yang dikabarkan telah melamar ke Persik. Bahkan ketika disinggung soal kepastian, Rudy memberikan jawaban yang cukup menarik.

"Kalau sudah berjodoh dan rejekinya. Semua sudah diatur," kata Rudy, Selasa (24/12/19).

6. Persipura Jayapura

© Sudjarwo/INDOSPORT
Striker Persipura asal Mali, Mamadou Samassa (tengah) saat berlatih bersama rekan-rekannya. Foto: Sudjarwo/INDOSPORT Copyright: Sudjarwo/INDOSPORTStriker Persipura asal Mali, Mamadou Samassa (tengah) saat berlatih bersama rekan-rekannya. Foto: Sudjarwo/INDOSPORT

Persipura Jayapura juga dengan sigap mengambil tindakan menjelang bergulirnya pagelaran Liga 1 2020. Mereka pun akhirnya menetapkan siapa pemain yang bertahan dan hengkang.

Terdapat dua pemain asing yang dipastikan hengkang dari Mutiara Hitam. Hal ini dibenarkan langsung oleh Sekretaris Umum Persipura Rocky Bebena.

"Mereka yang sudah pasti tidak berseragam Persipura yaitu Samassa dan Conteh. Kedua legiun asing itu jelas akan meninggalkan Persipura dan kontraknya tidak diperpanjang," ujar Rocky kepada INDOSPORT, Selasa (24/12/19).

7. PSM Makassar

© PSM Makassar
Asnawi Mangkualam mendapar pengawalan ketat dari Pemain PSIS Semarang Copyright: PSM MakassarAsnawi Mangkualam mendapar pengawalan ketat dari Pemain PSIS Semarang

Bek muda PSM Makassar Asnawi Mangkualam mengirim kode untuk bertahan pada musim depan. Padahal kontrak Asnawi akan berakhir Januari 2020 mendatang.

Kode itu disampaikan pemain kelahiran 4 Oktober 1999 saat sesi jumpa pers pasca-laga melawan Persib Bandung, Minggu (22/12/19) lalu.

"Terima kasih banyak kepada seluruh staf PSM Makassar. Kami (PSM) mengakhiri musim ini kurang maksimal. Tapi kami (para pemain) akan fokus pada musim depan, semoga bisa mendapatkan hasil yang baik," ujar Asnawi, Selasa (24/12/19).

8. Bali United

© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Bek Bali United, Dias Angga Putra saat tampil dalam pertandingan melawan Borneo FC, 28 Agustus 2019. Foto: Nofik Lukman Hakim Copyright: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORTBek Bali United, Dias Angga Putra saat tampil dalam pertandingan melawan Borneo FC, 28 Agustus 2019. Foto: Nofik Lukman Hakim

Bek Bali United Dias Angga Putra turut membantah rumor soal dirinya merapat ke PSM Makassar menjelang bergulirnya pagelaran Liga 1 2020.

Hanya saja, rumor sudah berkembang. Dias Angga banyak disebut akan bergabung dengan PSM Makassar, namun kabar ini langsung dikonfirmasi sang pemain.

"Wah itu hanya rumor saja. Saya fokusnya di sini saja (Bali United)," ucap Dias Angga, Senin (23/12/19).