Liga Inggris

Mikel Arteta Jadi Bukti Anyar Arsenal Terobsesi dengan Akademi La Masia Milik Barcelona

Kamis, 26 Desember 2019 05:30 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas | Editor: Abdurrahman Ranala
© Stuart MacFarlane/Arsenal FC via Getty Images
Mikel Arteta ketika dikenalkan sebagai pelatih baru Arsenal Copyright: © Stuart MacFarlane/Arsenal FC via Getty Images
Mikel Arteta ketika dikenalkan sebagai pelatih baru Arsenal

INDOSPORT.COM - Didapuknya Mikel Arteta sebagai pelatih anyar Arsenal memunculkan sebuah fakta anyar bahwa klub yang berasal dari London Utara tersebut benar-benar tergila-gila dengan produk akademi La Masia milaik Barcelona.

Melansir dari The National, fakta tersebut menilik dari sejarah di masa silam. Arteta yang tercatat warga negara Spanyol pernah tergabung dengan akademi La Masia. Kala itu usianya baru menginjak 16 tahun.

Mikel Arteta bergabung di akademi La Masia milik Barcelona bersamaan dengan Victor Valdes, Thiago Motta, dan Andres Iniesta. Bahkan pelatih Arsenal saat ini tersebut juga satu angkatan dengan Xavi Hernandez yang lebih dulu masuk ke tim senior dan bermain dengan mantan bosnya, Pep Guardiola.

Fakta ini menimbulkan satu pertanyaan penting. Apakah didapuknya Arteta sebagai pelatih Arsenal karena ada hubungannya dengan La Masia? Seperti diketahui, The Gunners selalu mendapat keuntungan berlipat seiring dengan banyaknya pemain La Masia yang bergabung.

Sebut saja Cesc Fabregas, Arteta sendiri, dan Hector Bellerin. Bersama ketiga pemain tersebut, The Gunners menampilkan permainan atraktif dan enak dipandang serta mendapat gelar domestik bergengsi.

Bukan tidak mungkin didapuknya Arteta sebagai pelatih menjadi langkah Arsenal untuk kembali menampilkan permainan atraktif khas sentuhan La Masia. Apalagi pria berusia 37 tahun tersebut juga mantan asisten Guardiola yang terkenal sebagai pelatih jenius di sepak bola.

Namun Arsenal juga harus berhati-hati. Pasalnya trek rekor rekan seangkatan Arteta di La Masia sebagai pelatih tak cukup apik. Valdes harus dipecat usai 80 hari melatih tim akademi Barcelona. Thiago Motta dipecat dari Genoa. Dan bahkan Xavi tak cukup baik menangani tim asal Qatar, Al-Sadd.

Menarik disimak bagaimana kiprah Mikel Arteta di Arsenal. Apalagi ini kali pertama dirinya terjun kedunia kepelatihan setelah sebelumnya hanya bekerja sebagai asisten pelatih Pep Guardiola.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%