Liga Indonesia

Best Starting XI Liga 1 2019 versi INDOSPORT: Mampu Juara Asia?

Jumat, 27 Desember 2019 20:25 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Indra Citra Sena
© INDOSPORT
Berikut Best Starting XI Liga 1 Indonesia Musim 2019. Copyright: © INDOSPORT
Berikut Best Starting XI Liga 1 Indonesia Musim 2019.

INDOSPORT.COM - Berikut starting XI terbaik Liga 1 2019, duet mesin gol Marko Simic serta pemain muda terbaik Todd Rivaldo Ferre bakal menjadi andalan di lini depan. Dengan formasi ini, mampukah mereka menjuarai kompetisi Asia?

Kompetisi kasta teratas Liga Indonesia resmi berakhir pada Minggu (22/12/19), di mana pada pekan terakhir tersebut ada lima pertandingan panas yang berlangsung.

Salah satunya adalah pertandingan sang juara musim ini, Bali United kontra Madura United di Stadion Kaptem I Wayan Dipta, Gianyar. Serdadu Tridatu gagal melengkapi pesta juaranya setelah tumbang dua gol tanpa balas dari tamunya.

Sepanjang Liga 1 2019, terdapat banyak kejutan dalam setiap laga. Khususnya aksi para pemain yang tampil memukau dan mampu membuat decak kagum.

Penampilan paling impresif tentu penyerang Persija Jakarta, Marko Simic yang berhasil membuktikan ketajamannya dengan merebut gelar top skor Liga 1 musim ini.

Total pemain kelahiran Kroasia tersebut telah mencetak 28 gol dari 34 laga, berselisih 10 gol dari Beto Goncalves yang menjadi pesaing terdekatnya.

Berkat pencapaian tersebut, tidak heran jika Marko Simic berhasil masuk dalam starting XI terbaik Liga 1 2019 versi INDOSPORT.

Selain Simic, terdapat sepuluh pemain lain yang sepanjang musim terus tampil konsisten dan mampu membawa timnya meraih hasil maksimal, serta layak terpilih dalam starting XI terbaik Liga 1 2019.

Lebih lengkapnya, berikut INDOSPORT coba merangkum dan mengulas best starting XI Liga 1 2019:

Kiper:
Pada sektor paling belakang alias penjaga gawang ada kiper Persipura Jayapura, Dede Sulaiman yang tampil cukup gemilang meski gagal membawa tim Mutiara Hitam meraih gelar juara Liga 1 musim ini.

Tercatat mantan pemain Sriwijaya FC tersebut memiliki rasio clean sheet terbanyak dibandingkan kiper-kiper top Liga 1 lainny, yakni 12 dalam 30 laga, (rasio 40 persen). Sementara Wawan Hendrawan yang membawa Bali United juara Liga 1 hanya memiliki rasio 38,7 persen.

Bek:
Menggunakan formasi 4-3-3, maka skema empat pemain bertahan dalam starting XI terbaik Liga 1 2019 layak ditempati Bagus Nirwanto, Willian Pacheco, Anderson Salles, serta Rizky Pora.

Keempat pemain tersebut terbilang cukup sukses di sepanjang musim. Bagus Nirwanto misalnya, kapten PSS Sleman tersebut berhasil membawa Elang Jawa yang berstatus tim promosi bertahan di kasta teratas Liga 1 musim depan.

Ataupun dua bek tangguh asal Brasil, Willian Pacheco dan Anderson Salles yang sama-sama membuat tim mereka masuk jajaran big four di akhir musim.

Selain Willian Pacheco yang mengantarkan Bali United juara Liga 1, sosok Anderson Salles berhasil menjadi bintang baru Bhayangkara FC dengan gol-gol cantik via tendangan bebas.

Sementara di sektor wing back kiri, ada bintang terlupakan Rizky Pora yang musim ini tetap menunjukkan sinarnya dengan mencetak tiga gol serta 14 assist dalam 28 laga. 

Capaian tersebut membuat namanya keluar sebagai top assist Liga 1 2019, sekaligus mengulang pencapaiannya musim lalu yang juga meraih gelar serupa.

Gelandang:
Tiga gelandang dalam starting XI terbaik Liga 1 2019 akan diisi Makan Konate, Renan Silva (Borneo FC), serta Fadil Sausu. Ketiga pemain tersebut bisa dibilang roh permainan bagi masing-masing klub yang mereka bela.

Makan Konate jadi mesin gol Arema FC di tengah macetnya keran gol Comvalius, sementara Fadil Sausu merupakan kapten yang menghantarkan Bali United juara. Tanpa komando serta ritme permainan yang diaturnya, aliran bola Bali United mungkin akan sedikit terhambat dan Spasojevic jadi sedikit mencetak gol.

Posisi gelandang serang akan ditempati Renan Silva, kualitas bintang asal Brasil tersebut sudah tidak lagi dipertanyakan bahkan ia berhasil menyabet gelar pemain terbaik musim in. Dia sempat membawa Borneo FC cukup lama menduduki posisi runner-up.

Penyerang:
Trisula lini depan starting XI terbaik Liga 1 2019 dihuni duo mesin gol, yakni Ilija Spasojevic dan Marko Simic sebagai top skor. Tambahan tenaga di sektor winger yang ditempati pemain muda terbaik, Todd Rivaldo Ferre.

Berbekal kecepatan Todd Rivaldo Ferre serta insting tajam Ilija Spasojevic dan Marko Simic, kecil kemungkinan tim lawan akan sanggup menahan gawangnya dari kebobolan.

© INDOSPORT
Starting XI Terbaik Liga 1 2019. Copyright: INDOSPORT