Liga Indonesia

Datangkan 3 Pemain Baru, Berapa Biaya yang Dikeluarkan Bali United?

Minggu, 29 Desember 2019 10:45 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Rafif Rahedian
© adhyasta.com/galerypng.blogsport.com
Masa bursa transfer sangat dimanfaatkan oleh Bali United dengan mendatangkan 3 pemain baru dan kira-kira berapa biaya yang harus dikeluarkan. Copyright: © adhyasta.com/galerypng.blogsport.com
Masa bursa transfer sangat dimanfaatkan oleh Bali United dengan mendatangkan 3 pemain baru dan kira-kira berapa biaya yang harus dikeluarkan.

INDOSPORT.COM - Periode bursa transfer jelang Liga 1 2020 sangat dimanfaatkan oleh Bali United dengan mendatangkan 3 pemain baru dan kira-kira berapa biaya yang harus dikeluarkan.

Pagelaran Liga 1 2019 telah berakhir pada 22 Desember lalu. Sejumlah klub memberikan jatah libur kepada para pemain usai melakoni kompetisi selama delapan bulan.

Kini, pagelaran Liga 1 memasuki masa bursa transfer. Sejumlah pemain yang kontraknya bakal habis pun telah dirumorkan akan hengkang atau bertahan.

Bahkan tak jarang mereka digadang-gadang bakal gabung ke klub baru. Akan tetapi hal tersebut cukup wajar di dunia sepak bola modern seperti saat ini.

Memanfaatkan periode bursa transfer, Bali United pun bergerak cepat untuk mendatangkan pemain-pemain incaran mereka demi memperkuat komposisi tim.

© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Prosesi penyerahan trofi juara Liga 1 2019 kepada Bali United di Stadion Kapten I Wayan Dipta. Copyright: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORTProsesi penyerahan trofi juara Liga 1 2019 kepada Bali United di Stadion Kapten I Wayan Dipta.

Pasalnya Bali United bakal menjalani empat kompetisi berbeda mulai dari Liga 1, Piala Indonesia, Liga Champions Asia atau Piala AFC, dan ASEAN Club Championship pada musim 2020.

Sehingga Serdadu Tridatu sangat masif dalam bergerak mencari pemain yang sesuai dengan keinginan pelatih Stefano Cugurra, yang sukses merengkuh gelar Liga 1 2019.

Maka dari itu tak ada salahnya untuk sedikit melihat biaya yang dikeluarkan oleh Bali United sejauh ini. Jumlah tersebut hanyalah nilai pasar (market value) pemain.

1. Hariono

© Bali United
Hariono berseragam Bali United. Copyright: Bali UnitedHariono berseragam Bali United.

Pemain pertama yang didaratkan Bali United ialah gelandang pekerja keras Hariono. Pemain 34 tahun ini tak diperpanjang kontraknya oleh Persib Bandung.

Menurut Stefano Cugurra kalau Hariono masih memiliki kualitas. Apalagi pemain asal Sidoarjo itu punya segudang pengalaman bermain di kasta teratas sepak bola Indonesia.

Berdasarkan data dari laman Transfermarkt, harga pasar Hariono mencapai Rp1,2 miliar (68 ribu poundsterling) per 27 Desember 2019.

2. Gavin Kwan Adsit

© baliutd.com
Ilustrasi Bali United ketika memperkenalkan Gavin Kwan Adsit. Copyright: baliutd.comIlustrasi Bali United ketika memperkenalkan Gavin Kwan Adsit.

Berikutnya ada pemain serba bisa Gavin Kwan Adsit yang menjadi rekrutan kedua Bali United jelang kompetisi Liga 1 2020 bergulir.

Gavin merupakan pemain yang bisa bermain di lebih dari satu posisi dengan sama baiknya. Meski posisi aslinya bek sayap, Gavin juga bisa bermain sebagai penyerang sayap ketika dibutuhkan.

Meski begitu harga pasar Gavin Kwan menurut data yang disuguhkan oleh situs Transfermarkt mencapai Rp4 miliar (225 ribu poundsterling) per 27 Desember 2019.

3. Nadeo Argawinata

© baliutd.com
Ilustrasi Bali United ketika memperkenalkan Nadeo Argawinata. Copyright: baliutd.comIlustrasi Bali United ketika memperkenalkan Nadeo Argawinata.

Rekrutan anyar Bali United sekarang ini ialah kiper andalan Timnas Indonesia U-23 Nadeo Argawinata. Pemain 22 tahun ini diboyong dari Borneo FC.

Nadeo tampaknya bakal dipersiapkan untuk menjadi penjaga gawang utama Bali United di masa mendatang. Bahkan Bali United harus membayar biaya transfer ke Borneo FC.

Akan tetapi nilai pasar Nadeo seperti dilansir laman Transfermarkt mencapai Rp4 miliar (225 ribu poundsterling) per 27 Desember 2019.

Melihat tiga rekrutan tadi, Bali United tampaknya telah merogoh kocek hingga Rp9 miliar lebih. Jumlah tersebut bahkan masih bisa bertambah jika mereka mendatangkan pemain baru.

Akan tetapi perlu diingat lagi kalau data tersebut belum bisa menjadi acuan karena kesepakatan kontrak hanya menjadi rahasia antara pemain dan klub.