Liga Indonesia

Ada Tugas Khusus dari PSSI Dalam Kontrak Shin Tae-yong di Timnas Indonesia

Senin, 30 Desember 2019 22:45 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Juni Adi
© Roihan Susilo Utomo/INDOSPORT
Shin Tae-yong resmi diperkenalkan sebagai pelatih Timnas Indonesia. Copyright: © Roihan Susilo Utomo/INDOSPORT
Shin Tae-yong resmi diperkenalkan sebagai pelatih Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM - Shin Tae-yong mendapat tugas khusus langsung dari Ketua PSSI, Iwan Bule dalam klausul kontraknya melatih Timnas Indonesia.

Federasi sepak bola Indonesia, PSSI telah menunjuk Shin Tae-yong untuk menjadi pelatih kepala Timnas Indonesia pada Sabtu (28/12/19) kemarin, dengan durasi kontrak selama empat tahun.

Usai resmi menjabat, Shin Tae-yong langsung diberikan banyak tugas. Diantaranya mampu mengubah stamina para pemain Timnas Indonesia, yang selama ini menjadi kendala. 

Tak hanya meningkatkan fisik, pelatih asal Korea Selatan itu juga mendapat tugas khusus dari ketua PSSI, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule yakni melakukan blusukan untuk mencari potensi terbaik di klub-klub peserta kompetisi.

"Saya perintahkan demikian. Dia harus muter dan mungkin nanti bergantian, ya. Saya dan anggota komite eksekutif yang akan mendampingi dia," kata Iwan Bule.

"Penting (untuk dia melakukannya) karena saya harus tahu dia memilih pemain itu alasannya kenapa dan mengapa,'' lanjutnya.

Jika sistem blusukan telah diberlakukan, maka Shin Tae-yong bisa memulainya pada bulan Maret 2020 mendatang. Bertepatan dengan bergulirnya kompetisi Liga 1 2020 bergulir.

''Pokoknya kita akan lakukan yang terbaik untuk persiapan dia. Termasuk kedisiplinan, itu juga akan kami perhatikan. Sebab ada kan pelatih yang dulu, maunya di Bali melulu," jelasnya.

''Dia nanti saya suruh ngantor juga dan minimal serahkan laporan ke saya. Minimal sebulan sekali tapi saya meminta dua minggu sekali progresnya,'' tukas mantan Kapolda Metro Jaya itu.