In-depth

Ketika Banjir Jakarta Bertepatan dengan Periode Terburuk Klopp di Liverpool

Kamis, 2 Januari 2020 17:02 WIB
Editor: Coro Mountana
© TF-Images/ Getty Images
Ketika Banjir Jakarta Bertepatan dengan Periode Terburuk Klopp di Liverpool. Copyright: © TF-Images/ Getty Images
Ketika Banjir Jakarta Bertepatan dengan Periode Terburuk Klopp di Liverpool.

INDOSPORT.COM – Siapa sangka, ternyata periode banjirnya kota Jakarta bertepatan dengan saat-saat terburuk Jurgen Klopp bersama Liverpool.

Awal tahun 2020, warga Jakarta dikagetkan dengan terjangan banjir yang menggenangi sebagaian besar wilayah ibu kota. Banjir tersebut lantas membuat sebagian besar aktivitas harian warga Jakarta nyaris lumpuh karena adanya genangan air di jalan.

Fenomena banjir yang sedang menimpa Jakarta saat ini pun sejatinya sudah bisa diprediksi, soalnya Januari hingga Februari biasanya diwarnai curah hujan yang sangat tinggi.

Tak pelak bulan Januari dan Februari kerap membuat warga Jakarta diselimuti perasaan cemas karena khawatir tempat tinggalnya bakal diterjang banjir. Namun, bukan hanya warga Jakarta saja yang cemas, Jurgen Klopp pun ternyata juga merasakan hal yang sama pada Januari hingga Februari.

Meski sedang berada di peforma puncak bersama Liverpool, ternyata Klopp memiliki rekor buruk di Liga Inggris selama periode Januari hingga Februari. Sejak musim 2015/2016, Klopp hanya sanggup mengantarkan Liverpool menang 12 kali dari 29 laga.

Januari dan Februari Adalah Masa Terburuk Klopp di Liverpool

Memasuki musim kelimanya bersama Liverpool, ternyata Klopp tercatat sering kehilangan poin pada bulan Januari hingga Februari. Musim terburuk Klopp di Liverpool terjadi pada Liga Inggris 2016/2017 di mana mereka hanya mampu menang sekali dari 7 pertandingan.

© Twitter @LFC
Selebrasi kemenangan para pemain Liverpool di laga melawan Everton Copyright: Twitter @LFCSelebrasi kemenangan para pemain Liverpool di laga melawan Everton

Selain itu, masih segar dalam ingatan kita bahwa satu-satunya kekalahan Liverpool musim lalu terjadi pada bulan Januari dari Manchester City. Tak hanya kalah, Liverpool juga imbang tiga kali yang artinya Klopp kehilangan total 9 poin pada musim lalu.

Sebuah angka yang sangat besar mengingat Liverpool gagal menjuarai Liga Inggris musim lalu hanya karena kalah 1 poin saja dari Manchester City. Melihat fakta Klopp sering kesulitan di saat Jakarta diterjang banjir, bagaimana dengan musim ini?

Jadwal Liverpool di Musim Ini

Dalam periode Januari hingga Februari, Liverpool akan memainkan 8 pertandingan yang salah satunya akan dimainkan pada dini hari nanti melawan Sheffield United. Melihat dari lawan yang akan dihadapi, Klopp memang sepatutnya perlu berhati-hati.

Sheffield United jelas bukan lawan yang mudah karena di pertemuan terakhir saja, Liverpool butuh blunder dari Dean Handerson untuk menang. Setelah itu, Liverpool akan bertandang ke markas Tottenham Hotspur yang diasuh Jose Mourinho.

Manchester United, satu-satunya tim yang gagal dikalahkan Liverpool hingga pekan ke-19 akan menjadi lawan berikutnya setelah Tottenham Hotspur. Selanjutnya, Liverpool akan bertemu tim-tim kuda hitam penuh kejutan seperti Wolves dan Southampton (baru mengalahkan Chelsea dan Tottenham).

Melihat calon lawan Liverpool di Januari hingga Februari yang sedang mengalami peforma baik, sangat wajar bila Klopp perlu cemas. Periode Januari hingga Februari yang kerap diidentikan dengan banjir Jakarta akan menjadi ujian kepantasan Liverpool dan Klopp untuk menjuarai Liga Inggris.

Jadwal Lengkap Liverpool di Liga Inggris pada Januari hingga Februari:

(03/01/2020) Liverpool vs Sheffield United

(12/01/2020) Tottenham Hotspur vs Liverpool

(19/01/2020) Liverpool vs Manchester United

(24/01/2020) Wolves vs Liverpool

(30/01/2020) West Ham United vs Liverpool

(01/02/2020) Liverpool vs Southampton

(16/02/2020) Norwich City vs Liverpool

(25/02/2020) Liverpool vs West Ham United