Liga Indonesia

Jadi Debutan Terbaik PSM Musim 2019, Rizky Eka Masih Kalah Impresif dari Pemain Ini

Sabtu, 4 Januari 2020 14:55 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Adriyan Adirizky/INDOSPORT
Penyerang sayap belia, Muhammad Rizky Eka Pratama (kanan), menjadi debutan terbaik PSM Makassar pada Liga 1 2019 lalu. Copyright: © Adriyan Adirizky/INDOSPORT
Penyerang sayap belia, Muhammad Rizky Eka Pratama (kanan), menjadi debutan terbaik PSM Makassar pada Liga 1 2019 lalu.

INDOSPORT.COM - Penyerang sayap belia, Muhammad Rizky Eka Pratama, menjadi debutan terbaik PSM Makassar pada musim 2019 lalu. Namun, pesepakbola kelahiran Bone itu masih kalah impresif pada musim pertamanya dari sosok pemain ini.

Rizky Eka menjadi pemain muda yang paling sukses diorbitkan PSM pada musim lalu. Pemilik nomor punggung 24 ini mencatatkan 22 penampilan diajang Liga 1 dengan torehan satu gol dan empat assists.

Berkat performa impresifnya, harga Rizky seketika melonjak drastis sampai menyentuh nilai 275 ribu euro atau setara Rp4,21 miliar dilansir dari situs transfermarkt.com. Nilai pasarnya hanya kalah dari empat pemain asing PSM yaitu Willjan Pluim, Marc Klok, Aaron Evans, dan Amido Balde.

Namun, Rizky Eka masih kalah impresif dibandingkan performa gelandang Muhammad Arfan pada musim debutnya. Eks kapten PSM U-21 pada musim 2016 itu menjadi debutan paling sukses pada Liga 1 2017 silam.

Arfan yang saat ini berusia 21 tahun tampil sebanyak 28 kali dengan torehan tiga assist. Jumlah laga yang lebih banyak dibandingkan apa yang dicatatkan Rizky Eka pada musim debutnya di Liga 1 2019 lalu.

Bahkan, Arfan masuk ke dalam jajaran lima pemain PSM dengan jumlah penampilan terbanyak pada Liga 1 2017. Performa yang membuatnya dipanggil memperkuat Timnas Indonesia U-23 pada tahun 2018.

Akan tetapi, soal perubahan nilai pasar, Rizky Eka jauh lebih unggul dibandingkan Arfan. Harga pemilik nomor punggung 48 di PSM itu hanya berada dikisaran 150 ribu euro (setara Rp2,3 miliar) setelah Liga 1 2017 berakhir.