Liga Indonesia

Profil Singkat Penyerang Brasil Incaran PSM Makassar, Gilmar Jose da Silva

Minggu, 5 Januari 2020 21:33 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© MM Sports
Profil Singkat Penyerang Brasil Incaran PSM Makassar, Gilmar Jose da Silva Copyright: © MM Sports
Profil Singkat Penyerang Brasil Incaran PSM Makassar, Gilmar Jose da Silva

INDOSPORT. COM - PSM Makassar, klub Liga 1 2020, dikabarkan tengah mengincar jasa penyerang berkebangsaan Brasil, Gilmar Jose da Silva.

Kabar ini mencuat melalui jagat media sosial. Khususnya bila melihat unggahan akun Twitter Indostransfer pada Minggu (05/01/19) sore tadi.

Indostransfer menyebut bahwa PSM Makassar tengah berusaha mencari pemain anyar jelang Liga 1 2020. Bidikan Juku Eja pun mengarah kepada nama penyerang Brasil bernama Gilmar Jose da Silva.

Lebih lanjut, Indostransfer sedikit menjelaskan soal latar belakang karier Gilmar. Pada musim 2019, Gilmar bermain untuk klub kasta kedua Liga Brasil, Cuiaba MT.

Cuitan Indostransfer tentang upaya PSM mendekati Gilmar, memang masih sekedar rumor belaka. Belum ada keterangan pasti dari pihak Gilmar atau juga PSM.

Mungkin banyak pencinta sepak bola Indonesia yang belum mengetahui sosok Gilmar. INDOSPORT lantas coba memberikan ulasan profil singkat Gilmar lewat ulasan berikut.

Pengalaman di Asia

Gilmar Jose da Silva Filho merupakan penyerang yang berasal dari Brasil. Karier sepak bola terakhirnya juga dilalui bersama klub Liga Brasil, Cuiaba MT.

Meski demikian, Gilmar ternyata memiliki pengalaman bermain di pentas sepak bola Asia. Berdasarkan data dari Transfermarkt, Gilmar beberapa kali bemain untuk klub-klub Liga Malaysia.

Pertama terjadi pada tahun 2016, Gilmar bergabung bersama Kelantan FA dan hanya bertahan setahun di sana. Gilmar kemudian bermain untuk klub Liga Malaysia lainnya, Sarawak, hingga tahun 2017.

Pengalaman Gilmar soal Liga Malaysia kembali berlanjut pada tahun 2017. Setelah sempat pulang kampung ke Brasil, Gilmar memutuskan bergabung dengan Perak TBG.

Postur Tubuh

Gilmar Jose da Silva Filho sepertinya memiliki postur tubuh yang cukup ideal untuk menjadi seorang penyerang tangguh. Bagaimana tidak, Transfermarkt mencatat tinggi badan Gilmar mencapai angka 190 cm.

Berkat badannya yang tinggi menjulang, Gilmar tentu akan diuntungkan apabila harus melakukan duel-duel udara dengan para bek lawan. Mendapatkan umpan silang dan memenangkan sundulan, sepertinya akan jadi senjata utama Gilmar bila nanti merapat ke PSM Makassar.

Kualitas Ketajaman

Berposisi sebagai penyerang, Gilmar Jose da Silva Filho tentu akan begitu disorot soal kualitas ketajamannya dalam menjebol gawang lawan. Bila melihat rekam jejak terakhir di Liga Malaysia, Gilmar memiliki naluri mencetak gol yang menjanjikan.

Musim 2017, Gilmar yang membela Perak FA total membukukan 10 gol dari 14 penampilan di Liga Malaysia. Semusim selanjutnya, Gilmar yang masih berkostum Perak FA sukses mencetak 21 gol dari 34 laga.

Berkat reputasi ketajaman seperti itu, Gilmar sepertinya cocok untuk menjadi andalan utama PSM Makassar di lini depan. Tinggal dinanti saja, apakah niat PSM untuk merekrut Gilmar dapat terealisasi jelang Liga 1 2020?

1