Liga Champions

Saat Tukangi AC Milan, Ancelotti Diam-diam 'Dukung' Liverpool di Liga Champions

Minggu, 5 Januari 2020 16:53 WIB
Penulis: Elizabeth Ayudya Ratna Rininta | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Stuart Franklin/GettyImages
Eks pelatih AC Milan, Carlo Ancelotti, pernah 'mendukung' Liverpool agar lolos ke final Liga Champions 2006-2007. Copyright: © Stuart Franklin/GettyImages
Eks pelatih AC Milan, Carlo Ancelotti, pernah 'mendukung' Liverpool agar lolos ke final Liga Champions 2006-2007.

INDOSPORT.COM - Saat menjadi juru taktik AC Milan, Carlo Ancelotti ternyata pernah 'membelot' dan diam-diam 'mendukung' Liverpool di Liga Champions 2006-2007.

Seperti yang Sobat INDOSPORT ketahui, AC Milan dan Liverpool menjadi dua tim yang berhasil masuk ke final Liga Champions kala itu.

Laga tersebut adalah pertemuan balas dendam bagi AC Milan karena dua musim sebelumnya pada ajang yang sama, final Liga Champions 2004-2005, mereka dikalahkan secara dramatis oleh Liverpool di Istanbul, Turki.

Pada saat final pertama tahun 2005, Carlo Ancelotti hanya bisa meratapi kekalahan timnya setelah unggul 3-0. Liverpool yang saat itu dilatih Rafael Benitez mampu bangkit dan memenangkan pertandingan lewat babak adu penalti, dengan skor 3-2.

Berbekal rasa dendam yang mendalam, Ancelotti ingin membalas perlakuan Liverpool terhadap timnya. Pada musim 2006-2007, pelatih berusia 60 tahun tersebut diam-diam mendukung Liverpool agar bisa masuk ke final, sambil memastikan AC Milan meraih hasil serupa.

"Saya melatih dua tim: secara resmi, AC Milan, dan jauh di lubuk hati saya, Liverpool. Saya ingin Milan dan Liverpool memainkan laga final di Yunani," ujar Carlo Ancelotti, seperti diwartakan laman Liverpool Echo. 

Pertandingan yang berbalut dengan dendam pun diselenggarakan pada 23 Mei 2007 di Athena Stadium, Yunani. Skuat asuhan Ancelotti yang diprediksi tampil garang benar-benar bermain lepas.

Dua gol Filippo Inzaghi akhirnya mengantarkan AC Milan meraih gelar Liga Champions ketujuh dan membalaskan sakit hati mereka kepada Liverpool dua musim sebelumnya. 

Sementara itu, malam nanti Carlo Ancelotti akan menjalani Derby Merseyside untuk pertama kalinya saat ia menukangi Everton. Kedua klub akan bertemu di putaran ketiga Piala FA di Stadion Anfield.