Liga Indonesia

Diisukan ke Persija, Jai Ingham Sempat Setim dengan Pemain Keturunan Indonesia

Selasa, 7 Januari 2020 20:18 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Kolase INDOSPORT
Pemain asal Australia Jai Ingham ternyata sempat setim dengan pemain asing keturunan Indonesia usai diisukan bakal ke Persija Jakarta. Copyright: © Kolase INDOSPORT
Pemain asal Australia Jai Ingham ternyata sempat setim dengan pemain asing keturunan Indonesia usai diisukan bakal ke Persija Jakarta.

INDOSPORT.COM - Pemain asal Australia Jai Ingham ternyata sempat setim dengan pemain asing keturunan Indonesia usai diisukan bakal ke Persija Jakarta.

Teka-teki Jai Ingham bakal merumput ke kompetisi tertinggi sepak bola Indonesia terlontar lewat laman media massa Australia The World Game.

"Dia diberi izin mengakhiri kerja sama di Brisbane Roar (masih ada sisa 18 bulan) usai pihak Indonesia itu melakukan pendekatan resmi," tulis media tersebut, 5 Januari 2020.

Sudah banyak rumor yang beredar akan sosok Jai Ingham yang bakal bermain ke Liga 1, tepatnya ke Persija. Hal tersebut sudah menyeruak di sejumlah akun media sosial Instagram.

Hal ini menjadi komoditi yang sangat panas lantaran kompetisi Liga 1 tengah memasuki masa bursa transfer untuk musim 2020 mendatang.

Sehingga setiap klub cukup wajar dikaitkan dengan sejumlah pemain baru. Apalagi para peserta Liga 1 ingin memperkuat tim demi merebut gelar juara.

Saat ini Jai Ingham merupakan jebolan akademi klub A-League Australia Brisbane Roar (2013-14). Lalu sempat bermain untuk Olumpic FC (2012-13) dengan membuat 23 penampilan dengan 14 gol.

Lalu Jai Ingham pun kembali membela Brisbane Roar (tim senior) pada 2014-15. Kemudian Hume City sempat memakai jasa Jai Ingham dengan membuat sembilan gol dari 26 laga.

Melbourne City (2016-19) juga sempat memakai jasa Jai Ingham dengan membukukan empat gol dari 52 penampilan. Serta Central Coast Mariners pernah dibelanya tetapi cukup singkat.

Bahkan Jai Ingham pernah membela Timnas Selandia Baru sejak 2017 hingga kini. Akan tetapi ada hal menarik yang bisa dikupas bersama dalam perjalanan karier Jai Ingham.

Ternyata diketahui kalau Jai Ingham pernah setim dengan salah satu pemain Eropa keturunan Indonesia saat masih membela Central Coast Mariners.

© ANP Sport/Getty Images
Pemain FC Emmen, Tom Hiariej. Copyright: ANP Sport/Getty ImagesPemain FC Emmen, Tom Hiariej.

Pemain yang dimaksudkan adalah Tom Hiariej. Pemain 31 tahun yang berposisi sebagai gelandang bertahan itu sempat masuk dalam daftar yang dihimpun oleh Kemenpora pada 2017 lalu.

Keduanya sempat bermain pada klub tersebut pada musim 2019 lalu. Akan tetapi kesempatan mereka bersama ternyata cukup singkat.

Jai Ingham dikontrak oleh Central Coast Mariners sejak 1 Juli 2019. Namun kembali hengkang pada 1 Agustus 2019 ke Brisbane Roar.

Sedangkan Tom Hiariej sudah membela Central Coast Mariners sejak 1 Juli 2017. Tetapi pindah ke FC Emmen (Belanda) pada 16 Juli 2019.

Artinya baik Jai Ingham dan Tom Hiariej pernah setim di Central Coast Mariners hanya dalam kurun waktu kurang lebih 15 hari saja.