Liga Indonesia

3 Kerugian Persib Bandung Jika Diperkuat Wander Luiz di Liga 1 2020

Rabu, 8 Januari 2020 13:08 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© vietnamnews.vn
Rumor terakhir di bursa transfer Liga 1 2020, Persib Bandung disebut bakal mendatangkan striker asal Brasil, Wander Luiz untuk menggantikan Ezechiel N’Douassel. Copyright: © vietnamnews.vn
Rumor terakhir di bursa transfer Liga 1 2020, Persib Bandung disebut bakal mendatangkan striker asal Brasil, Wander Luiz untuk menggantikan Ezechiel N’Douassel.

INDOSPORT.COM – Rumor terakhir di bursa transfer Liga 1 2020, Persib Bandung disebut bakal mendatangkan striker asal Brasil, Wander Luiz untuk menggantikan Ezechiel N’Douassel.

Persib Bandung dikabarkan memang sedang mencari pengganti striker asing andalan mereka dalam 2 musim terakhir, yakni Ezechiel yang memang punya niatan untuk hengkang jelang Liga 1 2020.

Niatan hengkang Ezechiel itu juga diakui oleh Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar usai menggelar pertemuan dengan jajaran manajemen, pelatih dan beberapa pemain Maung Bandung di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, pada 23 Desember 2019 lalu.

Saya lagi bujuk Eze mudah-mudahan masih tetap dengan Persib, kalau dia main seperti kemarin (lawan PSM) tidak emosi semua bisa berubah, saya yakin Persib akan lebih baik," ungkapnya.

"Tapi kalau Eze nanti tidak ada, nanti agak sedikit berkurang, bukan pesimis tapi was-was juga. Mudah-mudahan masih bisa," harap Umuh.

Meski Umuh mengatakan akan tetap berusaha semaksimal mungkin, Persib Bandung tak tinggal diam usai memasuki bursa transfer Liga 1 2020. Mereka mulai pelesiran mencari pengganti pemain asing yang akrab disapa Eze itu.

Nama terakhir yang muncul ke permukaan jagad sepak bola Indonesia, ialah Wander Luiz. Striker Brasil yang baru berusia 27 tahun, di mana tentu saja umur tersebut biasanya masa-masa emas seorang pemain sepak bola.

Para Bobotoh pun mendadak sudah membanjiri kolom komentar Wander Luiz untuk meminta sang pemain segera gabung. Rumor transfer pemain Persib Bandung ini makin kuat melihat indikasi yang ada.

Indikasinya adalah Wander Luiz ternyata sudah mengikuti akun Instagram Direktur PT PBB, Teddy Tjahjono, Pelatih Kepala Persib, Robert Rene Alberts, akun resmi Persib Bandung dan sejumlah fanbase Bobotoh lewat akun pribadi Instagram miliknya.

Tapi setelah menelusuri lebih dalam, INDOSPORT melihat ada 3 kerugian yang akan dialami Persib Bandung jika diperkuat Wander Luiz di Liga 1 2020. Simak selengkapnya.

  • Wander Luiz Kurang Tajam

Ketajaman Wander Luiz sebagai striker asal Brasil ternyata cukup diragukan. Bicara akan pengalaman, Wander Luiz tak banyak berpindah klub. Total ada tujuh tim yang pernah memakai jasa Wander Luiz sejauh ini.

Selain itu, jumlah keseluruhan gol Wander Luiz selama menjadi pemain sepak bola profesional juga masih minim, yakni 28 gol saja.

Meski sempat menjalani kurang lebih dua musim bermain di Vietnam, tetapi pakem sepak bola dengan Indonesia cukup berbeda akan ketat dan tensi panasnya.

Apalagi jika dibandingkan dengan Ezechiel yang terhitung produktif selama membela Persib Bandung. Bagaimana tidak, 2 setengah musim, Eze mampu mencetak 36 gol dari 62 pertandingan, jelas sekali bahwa Wander Luiz akan merugikan Persib.

  • Jejak Striker Brasil di Persib Bandung

Kerugian selanjutnya adalah sejarah Persib Bandung bersama striker asal Brasil yang ternyata tak selalu mentereng. Sepanjang sejarah, kita hanya mendengar sedikit penyerang asal Brasil yang sukses di Kota Kembang.

Kita bisa sebut Rafael Bastos yang memperkuat Persib di musim 2008/2009 silam. Bastos punya catatan 10 gol dalam 20 laga yang dilaluinya, dia tidak diperpanjang oleh manajemen.

Selanjutnya ada striker asal Brasil yang sukses yakni Marcio Souza da Silva yang membela Persib di musim 2011/12 silam. Tapi Marcio Souza hanya cetak 7 gol dalam 15 penampilan di Liga Indonesia.

Ada juga Hilton Moreira yang namanya akrab di telinga para Bobotoh. Pemain kelahiran 1981 itu membela Persib dalam dua periode berbeda di Liga Indonesia.

Periode bertama, Hilton membela Persib dari tahun 2008 sampai 2011, dengan total 28 gol dalam 68 pertandingan sebelum hengkang ke Sriwijaya FC di akhir musim.

Hilton kembali dipanggil memperkuat Persib di musim 2012/13, namun periode keduanya, dia tidak dapat tampil sukses seperti sebelumnya. Dia hanya cetak 5 gol dalam 16 pertandingan di ISL 2012/13 lalu.

  • Mengancam Kesempatan Striker Lokal

Persib Bandung juga akan blunder jika memang berencana mendatangkan Wander Luiz. Pasalnya selain Wander Luiz, ada satu striker asing lagi yang mereka incar. Hal ini jelas bakal merugikan mereka.

Selain karena kuota pemain asing banyak terpakai untuk lini depan, Persib Bandung akan sangat jarang memberi kesempatan pada penyerang lokal yang mereka miliki.

Kita sebut saja wonderkid Persib asal Papua, Julius Josel Omkarsba yang sudah diberi kesempatan memainkan laga debut di Liga 1 2019 musim lalu. Julius Josel dikontrak hingga akhir 2020 mendatang, dan dia pastinya akan tetap di skuat senior Persib musim ini.

Tapi jika masih berniat memboyong dua striker asing sekaligus, Persib Bandung harus siap-siap Julius Josel bakal jarang bermain di Liga 1 2020 mendatang. Ini sesuatu yang sangat disayangkan.