Bola Internasional

Gara-gara Rusuh, FIFA Denda PSSI 4 Kali Lipat Lebih Mahal dari Malaysia

Kamis, 9 Januari 2020 09:54 WIB
Penulis: Arif Budi Setyanto | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© PSSI/Eli Suhaeli/INDOSPORT
PSSI didenda sebesar Rp3 miliar oleh FIFA akibat kerusuhan yang ditimbulkan oleh suporter di laga melawan Malaysia pada Kualifikasi Piala Dunia 2022. Copyright: © PSSI/Eli Suhaeli/INDOSPORT
PSSI didenda sebesar Rp3 miliar oleh FIFA akibat kerusuhan yang ditimbulkan oleh suporter di laga melawan Malaysia pada Kualifikasi Piala Dunia 2022.

INDOSPORT.COM - PSSI didenda sebesar Rp3 miliar oleh FIFA akibat kerusuhan yang ditimbulkan oleh suporter di laga melawan Malaysia pada Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Seperti yang diketahui, pertandingan yang mempertemukan Timnas Indonesia dengan Malaysia menyebabkan kerusuhan suporter, baik itu saat di Gelora Bung Karno atau Bukit Jalil.

Akibatnya kerusuhan tersebut, PSSI harus menanggung rugi. Pada kerusuhan pertama di Stadion Gelora Bung Karno, Indonesia mendapatkan hukuman denda sebesar 45.000 franc Swiss.

Kemudian, di pertemuan kedua melawan Malaysia di Stadion Bukit Jalil, Indonesia juga tak lepas dari hukuman denda. Bahkan, dalam kerusuhan yang terjadi di Malaysia, Indonesia mendapatkan hukuman lebih berat.

Dilansir dari Berita Harian, Indonesia mendapatkan hukuman denda sebesar 200.000 franc Swiss. Nah, jika ditotal maka denda Indonesia yang harus dibayarkan PSSI ke FIFA berjumlah 245.000 franc Swiss atau setara Rp3 miliar.

Selain denda uang, Indonesia dirugikan karena hukuman lainnya, yakni harus menjalani satu pertandingan tanpa kehadiran suporter.

Sementara itu, denda yang didapatkan Indonesia sendiri ini lebih besar 4 kali lipat ketimbang Malaysia. Pasalnya, Malaysia hanya didenda sebesar RM211 ribu atau setara Rp715 juta.