Liga Spanyol

Ketimbang Xavi, 5 Pelatih Ini Lebih Pantas Gantikan Valverde di Barcelona

Sabtu, 11 Januari 2020 17:03 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Grafis:Ynt/Indosport.com
Ketimbang Xavi, 5 pelatih ini lebih pantas gantikan Valverde di Barcelona. Copyright: © Grafis:Ynt/Indosport.com
Ketimbang Xavi, 5 pelatih ini lebih pantas gantikan Valverde di Barcelona.

INDOSPORT.COM - Klub sepak bola raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona dikabarkan sudah jenuh dengan Ernesto Valverde dan bersiap menunjuk legenda mereka, Xavi Hernandez sebagai manajer.

Kekalahan Barcelona dari Atletico Madrid di semifinal Piala Super Spanyol di King Abdullah Sports City, Jeddah, Jumat (10/01/19) kemarin nampaknya menjadi pemicu habisnya kesabaran manajemen Blaugrana.

Pasalnya, dengan kekalahan menghadapi Atletico Madrid dan gagal memenuhi asa untuk trofi pertama di musim 2019/20, Valverde harus puas melihat timnya hanya menang sekali dan imbang tiga kali dalam 5 pertandingan terakhir.

Pihak klub dikabarkan tengah menjalani kesepakatan untuk menunjuk Xavi Hernandez sebagai pelatih baru mereka. Keputusan tersebut akan membuat Valverde tidak lagi melatih Barcelona di musim depan.

Dilansir dari ESPN, nama Xavi termasuk dalam kandidat pengganti Valverde setelah pelatih Barcelona tersebut gagal untuk tampil impresif meskipun saat ini dirinya masih mampu membawa Blaugrana duduk manis di puncak klasemen sementara LaLiga Spanyol.

Saat ini, Xavi tercatat sebagai pelatih Al-Sadd yang berlaga di Liga Qatar. Sebelum menjadi pelatih di sana, salah satu gelandang terbaik di dunia ini menghabiskan 4 tahun kariernya di klub raksasa Liga Qatar tersebut.

Jika benar manajemen Barcelona memberikan penawaran kepada Xavi untuk menjadi manajer Barcelona di musim panas 2020 mendatang, tentu akan jadi keputusan yang mudah untuk sang legenda.

Tapi setelah INDOSPORT telusuri, ternyata ada 5 pelatih yang menganggur alias tanpa pekerjaan karena dipecat oleh klub sebelumnya. Dan mereka punya kualitas untuk melatih tim sekaliber Barcelona, ketimbang Xavi.

  • Manuel Pellegrini
© Getty Image
Manuel Pellegrini, pelatih West Ham United. Copyright: Getty ImageManuel Pellegrini, masih menganggur usai dipecat West Ham United dan punya CV menarik untuk melatih Barcelona.

Yang pertama adalah Manuel Pellegrini, sosok pelatih yang sudah berpengalaman melatih sejak tahun 1988 silam. Pellegrini bahkan punya CV yang tak terlalu buruk.

Dua klub besar dari Liga Inggris dan Liga Spanyol pernah dia latih, yaitu Real Madrid dan Manchester City. Dia mempersembahkan satu trofi Liga Inggris dan dua gelar Piala Liga Inggris untuk Man City.

Bahkan sebelum dirinya dipecat oleh Man City, Pellegrini pernah mengantarkan rival Manchester United itu sukses melaju ke semifinal Liga Champions musim 2015/16 lalu. Kali pertamanya dalam sejarah Man City tembus 4 besar Liga Champions.

  • Mauricio Pochettino
© Justin Setterfield/Getty Images
Mauricio Pochettino resmi cipecat Tottenham Copyright: Justin Setterfield/Getty ImagesMauricio Pochettino punya potensi untuk menggantikan Ernesto Valverde di Barcelona.

Selanjutnya ada Mauricio Pochettino yang memang santer dikabarkan ke Barcelona sejak pelatih asal Argentina itu dipecat Tottenham dan digantikan Jose Mourinho.

Kabar Barcelona menginginkan Pochettino sudah lama sebenarnya didengungkan oleh media olahraga Spanyol, AS. Menurut sejumlah pandit sepak bola, Pochettino punya kapabilitas untuk naik kelas dan melatih klub besar seperti Barcelona.

Karena kualitas Pochettino yang pernah sukses membawa Tottenham menembus babak final Liga Champions 2018/19 lalu, Barcelona tak sendirian mengejar tanda tangannya. Manchester United dan Bayern Munchen dikabarkan juga sedang memantaunya.

Namun Pochettino baru-baru ini mengeluarkan pernyataan bahwa dirinya ogah dan tidak akan pernah melatih Barcelona. Tentu saja karena kedekatan dirinya dengan Espanyol, rival sekota Barcelona saat masih jadi pemain dan juga pelatih.

"Saya tak akan melatih Barcelona atau Arsenal karena saya lama di Tottenham dan Espanyol. Saya lebih baik bekerja sebagai petani atau berkebun saja ketimbang melatih mereka," ucapnya dilansir dari AS.

  • Massimiliano Allegri
© Tullio M. Puglia/Getty Images
Massimiliano Allegri membawa Juventus juara Serie A Italia dan ini menjadi musim akhir Alllegri bersama Juventus. Tullio M. Puglia/Getty Images Copyright: Tullio M. Puglia/Getty ImagesMazssimiliano Allegri punya peluang besar gantikan Ernesto Valverde untuk latih Barcelona dalam waktu dekat.

Nama ketiga adalah pelatih yang terkenal, yakni Massimiliano Allegri. Pelatih yang terbilang masih prima dengan usia 52 tahun dan sudah merengkuh 6 trofi gelar juara Serie A Italia (5 kali bersama Juventus dan sekali di AC Milan).

Sejak mundur dari kursi pelatih Juventus di musim panas 2019 lalu, Allegri dikabarkan menginginkan rehat terlebih dulu dari kariernya. Dia ingin lebih dekat dengan keluarga dan beristirahat.

Namun tak lama setelah dia menganggur, berbagai rumor dirinya bakal kembali melatih langsung terdengar. Salah satunya adalah kabar dirinya ingin kesempatan melatih Barcelona.

Jika Valverde memang dipecat dalam waktu dekat ini, Allegri mungkin akan jadi satu-satunya pengganti yang praktis. Menurut AS, eks pelatih AC Milan ini juga tentu akan tertarik, karena tantangan melatih klub di luar Italia.

  • Unai Emery
© Catherine Ivill/Getty Images
Unai Emery resmi dipecat Arsenal Copyright: Catherine Ivill/Getty ImagesUnai Emery, meski terbilang gagal di Arsenal, pengalaman membawa Sevilla juara Liga Europa 3 musim beruntun jadi bukti dia layak latih Barcelona.

Yang terakhir adalah pelatih asal Spanyol yang kabar pemecatannya masih hangat, yakni Unai Emery. Eks pelatih Sevilla ini baru saja dipecat oleh Arsenal dan digantikan dengan Mikel Arteta.

Sebenarnya sudah ada kabar yang mengatakan Unai Emery menjadi salah satu kandidat untuk menggantikan Valverde. Bahkan sejak musim panas 2019 lalu, sebelum Valverde memperpanjang kontraknya.

Dilansir dari Mundo Deportivo beberapa waktu lalu, Emery yang sukses merengkuh tiga trofi Liga Europa selama tiga musim beruntun (2013/14, 2014/15, 2015/16) bersama Sevilla masuk sebagai kandidat menggantikan Valverde.

Selain Arsenal dan Sevilla, dalam CV Unai Emery juga tertera klub besar lainnya yang pernah dilatih sepanjang karier kepelatihannya.

Pernah melatih Valencia dari tahun 2008 hingga 2012 dan Paris Saint-Germain selama 2 musim beruntun, musim 2016/17 dan 2017/18 menjadi Unai Emery pantas masuk kandidat pelatih Barcelona.

  • Ronald Koeman
© Robbie Jay Barratt - AMA/Getty Images
Pelatih Everton, Ronald Koeman. Copyright: Robbie Jay Barratt - AMA/Getty ImagesUsai gagal total di Everton, Ronald Koeman kini memantaskan diri sebagai kandidat kuat pengganti Valverde melatih Barcelona.

Nama terakhir adalah Ronald Koeman, yang punya ikatan kuat dengan Barcelona karena pernah bermain di Camp Nou selama 6 musim dari tahun 1989 sampai 1995 silam. 

Setelah pensiun bermain, Koeman juga memulai karier kepelatihannya sebagai asisten manajer di Barcelona yang pada musim 1989/1990 dilatih oleh Louis van Gaal. Bisa dibilang, Koeman sangat kenal dengan gaya main Barcelona.

Menurut portal berita olahraga Inggris, Goal, Koeman sendiri sudah membuka pintu negosiasi jika manajemen Barcelona ingin menawarkan kesempatan melatih di musim 2020/21 mendatang.

"Mungkin nanti, setelah Euro 2020. Tapi saya tidak bisa berbicara apa-apa saat ini (soal melatih Barcelona) karena masih menjabat sebagai pelatih Timnas Belanda," kata Koeman pada November 2019 lalu.

Setelah gagal total saat melatih Everton dan dipecat pada Oktober 2017 lalu, Koeman membangun kembali nama baiknya dengan melatih Timnas Belanda. Kini The Oranje terlihat lebih baik dan memastikan diri lolos ke Euro 2020 mendatang.

Tak heran jika nama Ronald Koeman kini mulai dikaitkan dengan kursi pelatih Barcelona menggantikan Valverde di LaLiga Spanyol musim 2020/21 mendatang. Menurut kalian apakah Koeman mampu membesut Barca atau siapa dari 4 pelatih di atas yang lebih layak?

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%