Liga Indonesia

Menakar Tim-tim Liga 1 yang Berpeluang Datangkan Samsul Arif, Arema FC?

Minggu, 12 Januari 2020 19:45 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© INDOSPORT
Menakar 3 tim Liga 1 yang berpeluang datangkan Samsul Arif: Persela Lamongan, Arema FC, Persita Tangerang. Copyright: © INDOSPORT
Menakar 3 tim Liga 1 yang berpeluang datangkan Samsul Arif: Persela Lamongan, Arema FC, Persita Tangerang.

INDOSPORT.COM - Striker Samsul Arif Munip dikabarkan hengkang dari Barito Putera. Tak pelak, namanya menjadi komoditi hangat bursa transfer Liga 1 2020.

Setelah sukses meraih titel top skorer lokal dua musim beruntun, Liga 1 2017 dan 2018, belakangan Samsul Arif gagal mempertahankan prestasinya musim lalu.

Pesepak bola asal Bojonegoro itu hanya mampu mencetak lima gol dan tiga assist sepanjang Liga 1 2019. Perolehannya kalah jauh dari musim lalu, ketika ia berhasil melesakkan 14 gol dalam satu musim saja.

Samsul Arif memang masih terikat kontrak bersama Barito Putera hingga 31 Desember 2020. Namun, santer beredar kabar jika ia tidak mendapat perpanjangan kontrak.

Lantas, menimbang pengalaman Samsul Arif di dunia sepak bola dan masih produktif hingga usia 33 tahun, setidaknya ada beberapa tim yang cukup mumpuni untuk mendatangkannya di Liga 1 2020.

1. Persela Lamongan

Nama Samsul Arif memang sudah melekat dengan salah satu tim asal Jawa Timur, yakni Persela Lamongan. Sebelum membela Barito Putera, ia adalah pemain andalan Laskar Joko Tingkir.

Eks striker timnas Indonesia itu pertama kali berlabuh ke Persela edisi 2019/10. Sempat dipanggil kembali ke Persibo Bojonegoro, Samsul akhirnya CLBK dengan Persela pada 2013.

Kakak dari pesepak bola Affandi Yusuf itu juga sempat hijrah ke Arema FC dan Persib Bandung, namun lagi-lagi ia memilih Persela Lamongan sebagai pelabuhannya periode 2016-2017.

2. Arema FC

Salah satu tim Jawa Timur lainnya yang berpeluang besar memulangkan Samsul Arif adalah Arema FC. Terlebih, saat ini mereka dilatih oleh Mario Gomez, sosok yang andal mengorbitkan potensi striker lokal.

Sebelumnya, Mario Gomez sukses membawa Lerby Eliandry menjadi salah satu striker lokal paling diperhitungkan, dan mencetak total 10 gol di Liga 1 2019 bersama Borneo FC.

Dengan hadirnya Samsul Arif di Arema FC, besar kemungkinan potensi striker senior itu akan kembali, dan menjelma menjadi ujung tombak paling diperhitungkan di Liga 1 2020.

3. Persita Tangerang

Jika dua tim sebelumnya adalah tim yang sudah pernah dibela oleh Samsul Arif, selanjutnya ada Persita Tangerang yang memiliki potensi besar untuk melabuhkan sang pemain senior.

Sebagai tim promosi, Persita akan menjadi kejutan di Liga 1 2020. Kehadiran Samsul Arif di lini depan juga bisa menjadi motivasi para pemain muda untuk berprestasi dan produktif dalam mencetak gol.