Bola Internasional

Untuk Ketiga Kalinya, Eks Liverpool Kembali ke Ajax Amsterdam

Minggu, 12 Januari 2020 19:49 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Getty Images
Eks Liverpool, Ryan Babel (kanan), untuk ketiga kalinya kembali ke pangkuan Ajax Amsterdam pada bursa transfer Januari 2020 ini. Copyright: © Getty Images
Eks Liverpool, Ryan Babel (kanan), untuk ketiga kalinya kembali ke pangkuan Ajax Amsterdam pada bursa transfer Januari 2020 ini.

INDOSPORT.COM - Untuk ketiga kalinya mantan pemain Liverpool, Ryan Babel, kembali kepangkuan Ajax Amsterdam setelah dirinya memutuskan bergabung ke klub asal Belanda tersebut dengan status pinjaman.

Lewat akun Twitter resmi klub, Ajax mengunggah foto Babel yang tengah menjalani tes medis beserta video footage yang berisi penampilan pria berusia 33 tahun tersebut selama bermain bagi De Godenzonen.

Kepindahan Ryan Babel dengan status pinjaman pada Januari 2020 ini membuat eks Liverpool ini untuk ketiga kalinya kembali ke pangkuan klub yang membesarkan namanya, Ajax Amsterdam.

Babel sendiri merupakan pemain binaan Ajax sejak 1997. Ia baru tampil bagi tim senior pada tahun 2004 hingga 2007. Penampilannya yang apik membuat Liverpool pun menggunakan jasanya sejak 2007 hingga 2011.

Usai berkelana di Inggris, Babel pun hijrah ke Jerman dengan bergabung bersama Hoffenheim. Namun hanya semusim, ia kembali ke Ajax. Setelah semusim di Belanda, ia pun dilego dan melanglang buana ke berbagai klub.

Terakhir Babel bergabung dengan Galatasaray. Bersama klub Turki tersebut, ia dikontrak selama tiga tahun. Januari 2020 pun menjadi bulan terbaiknya, ia kembali ke pangkuan klub yang membesarkannya dengan status pinjaman hingga akhir musim 2019-2020.

Catatan Ryan Babel sendiri bersama Ajax Amsterdam tak begitu cukup mengesankan. Ia telah tampil sebanyak 133 kali dan mencetak 29 gol serta 19 assist selama dua kali membela De Godenzonen dalam dua periode berbeda.