Liga Indonesia

3 Kerugian Osvaldo Haay Jika Nekat Tinggalkan Persebaya dan Gabung Persija

Rabu, 15 Januari 2020 21:16 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Sejumlah kerugian sepertinya menanti Osvaldo Haay, andai tetap nekat meninggalkan Persebaya Surabaya dan memilih gabung Persija Jakarta. Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Sejumlah kerugian sepertinya menanti Osvaldo Haay, andai tetap nekat meninggalkan Persebaya Surabaya dan memilih gabung Persija Jakarta.

INDOSPORT. COM - Sejumlah kerugian sepertinya menanti Osvaldo Haay, andai tetap nekat meninggalkan Persebaya Surabaya dan memilih gabung Persija Jakarta.

Masa depan Osvaldo Haay bersama Persebaya Surabaya memang masih tanda tanya. Jelang bergulirnya Liga 1 2020, Osvaldo Haay belum jua memperpanjang kontraknya yang akan habis pada 31 Januari 2020 mendatang.

Gayung bersambut, situasi yang menyelimuti Osvaldo Haay coba dimanfaatkan klub Liga 1 2020 lainnya, Persija Jakarta. Isu bursa transfer banyak yang menyebut, bahwa Persija Jakarta kini tengah mencoba mendekati Osvaldo Haay.

Meski rumor gabung Persija Jakarta kian kencang berhembus, Osvaldo Haay tercatat masih menjadi bagian skuat Bajul Ijo. Sayangnya, Osvaldo Haay ketahuan beberapa kali mangkir dari latihan Persebaya Surabaya yang dipimpin langsung oleh sang pelatih kepala, Aji Santoso.

Menanggapi segala isu yang berkembang, sepertinya Osvaldo Haay harus berpikir secara cermat. Apalagi ada potensi kerugian yang menimpanya, apabila Osvaldo Haay tetap nekat meninggalkan Persebaya dan memilih gabung Persija.

Prestasi Musim Lalu

Persebaya Surabaya dan Persija Jakarta memang sama-sama merupakan dua nama tim besar di pentas sepak bola Indonesia. Meski begitu, kalau berbicara soal prestasi musim lalu, Persebaya rasanya lebih unggul ketimbang Persija.

Persebaya pada Liga 1 2019 berhasil menjadi runner up kompetisi. Bajul Ijo menduduki peringkat dua dan berjarak 10 poin dari tim jawara, Bali United.

Sedangkan Persija, nasibnya di Liga 1 2019 terlihat kurang mengesankan. Berstatus juara bertahan, Persija malah mengakhiri musim di peringkat 10 klasemen.

Faktor ini jelas bisa jadi bahan pertimbangan Osvaldo Haay untuk menentukan pilihan antara bertahan di Persebaya atau pindah ke Persija. Persebaya yang memiliki prestasi Liga 1 2019 lebih mentereng, sepertinya cocok untuk terus dibela Osvaldo Haay musim depan.

Apalagi Persebaya kemungkinan besar bakal mulai membidik target juara. Jika sampai pindah ke Persija dan target juara Persebaya berhasil terpenuhi, Osvaldo Haay jelas akan sangat merugi dengan keputusannya.


Kondisi Skuat Persija

Osvaldo Haay sepertinya akan merugi apabila sampai nekat meninggalkan Persebaya Surabaya dan memilih gabung Persija Jakarta. Terutama bila melihat kondisi terkini dari skuat Macan Kemayoran, Osvaldo Haay jelas patut berhati-hati.

Berdasarkan data dari Transfermarkt, Osvaldo Haay merupakan pemain yang biasa beroperasi di posisi winger kiri. Sementara Persija Jakarta, kini sudah memiliki tiga orang winger kiri, yakni Novri Setiawan, Heri Susanto, dan Feby Eka.

Kalau Osvaldo Haay sampai pindah ke Persija, dirinya harus bersaing dengan ketiga nama winger tadi. Resiko dari keputusan ini bisa-bisa membuat menit bermain Osvaldo Haay menjadi makin sedikit karena faktor kalah saing.

Belum lagi, Persija Jakarta juga tengah memiliki keinginan mendatangkan pemain top dunia, Keisuke Honda. Kebetulan, Honda turut piawai bermain di sektor winger kiri, yang mungkin kian menyulitkan Osvaldo Haay.


Tawaran Lebih Menggiurkan

Meninggalkan Persebaya Surabaya rasanya boleh-boleh saja dilakukan Osvaldo Haay. Namun buat apa pindah jika memilih klub baru yang tak memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas karier.

Tanpa mengurangi rasa hormat atas kehebatan Persija Jakarta, Osvaldo Haay sejatinya sudah mendapat tawaran yang lebih menggiurkan lagi. Osvaldo Haay kabarnya diminati klub luar Eropa.

Tawaran menembus kompetisi benua Biru bahkan didukung langsung oleh pelatih Perebaya Surabaya, Aji Santoso. Menurut Aji, berkarier di luar negeri akan berdampak sangat bagus untuk perkembangan karier Osvaldo Haay 

"Saya bilang, kalau kamu ke luar negeri ya bagus. Tapi katanya kalau main di Eropa Osvaldo tidak kerasan," kata Aji Santoso pada Selasa (14/1/20).

Begitulah kurang lebih potensi kerugian Osvaldo Haay jika nekat meninggalkan Persebaya dan gabung Persija. Patut dinanti, seperti apa keputusan yang diambil Osvaldo Haay terkait masa depannya di skuat Bajul Ijo? Bertahan atau pergi?