Liga Indonesia

8 Pemain PSIS Semarang Elite Pro Academy Promosi, Yoyok Sukawi Bangga

Rabu, 15 Januari 2020 14:31 WIB
Penulis: Alvin Syaptia Pratama | Editor: Lanjar Wiratri
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
PSIS Semarang baru saja mempromosikan delapan pemainnya di Elite Pro Academy yang sebelumnya tergabung di dalam Akademi PSIS. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
PSIS Semarang baru saja mempromosikan delapan pemainnya di Elite Pro Academy yang sebelumnya tergabung di dalam Akademi PSIS.

INDOSPORT.COM – Tekad PSIS Semarang untuk memberikan jam terbang kepada pemain muda di Liga 1 2020 nampaknya tak hanya sekadar isapan jempol belaka. Pasalnya Laskar Mahesa Jenar baru saja mempromosikan delapan pemainnya yang sebelumnya tergabung di dalam Akademi PSIS.

Dari PSIS U-18 yang musim lalu berhasil menjadi runner up Elite Pro Academy U-18, ada tiga nama yang berhak promosi masuk ke tim senior yakni Yofandani Damai Pranata, Pratama Arhan Alif Rifai, dan Adithya Jorry Guruh.

Sementara dari PSIS U-20 yang musim lalu berhasil menjadi juara tiga kompetisi Elite Pro Academy U-20, ada lima nama yang di tahun ini promosi ke tim senior yakni Eka Febri Yogi Setiawan, Yoga Adiatama, Aqsha Saniskara Prawira, Damas Damarjati, dan Riski Fajar Saputra.

Promosinya delapan pemain ini membuat Yoyok Sukawi selaku CEO PSIS menaruh harapan kepada delapan anak muda tersebut untuk mampu menunjukkan kualitasnya di PSIS senior seperti saat mereka masih di akademi.

“Kami pastinya berharap kepada mereka untuk mampu menunjukkan penampilan terbaiknya. Jika ditanya bangga atau tidak, kami pasti sangat bangga karena mereka ini produk asli akademi PSIS yang selama ini kami bina,” tutur Yoyok Sukawi kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT.

Pria yang juga anggota Exco PSSI ini mengungkapkan bahwa kedelapan pemain ini memiliki kontrak jangka panjang bersama PSIS sehingga kedepannya mereka-mereka ini yang menjadi wajah PSIS di beberapa tahun ke depan.

“Sebagian mereka sudah kami kontrak jangka panjang sehingga saya yakin mereka akan semakin padu kedepannya untuk berkolaborasi dengan pemain-pemain senior,” cetus Yoyok Sukawi.

Tak hanya Yoyok Sukawi yang merasa bangga atas promosinya delapan pemain akademi PSIS. Pelatih PSIS U-20, Muhammad Ridwan juga mengaku bangga dengan pencapaian anak asuhnya.

Mantan pemain Persib Bandung ini menilai bahwa prestasi yang ditorehkan PSIS di kompetisi Elite Pro Academy dan promosinya delapan pemain merupakan wujud keseriusan klub asal Ibukota Jawa Tengah tersebut dalam menumbuhkan bibit-bibit pesepak bola.

“Ini wujud keseriusan PSIS untuk melakukan pembinaan di akademi sehingga muaranya jelas bahwa akademi merupakan kawah candradimuka untuk cikal bakal di tim senior, jadi di tahun ini total ada delapan pemain akademi yang naik ke senior. Itu yang menjadi catatan keberhasilan PSIS Elite Pro Academy,” tutur M. Ridwan