In-depth

Di Ambang Pintu Keluar Bali United, Irfan Bachdim Tak Cocok ke Persib

Jumat, 17 Januari 2020 13:32 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Lanjar Wiratri
© ibachdim
Penyerang sayap Irfan Bachdim saat ini berada diambang pintu keluar Bali United dan tampaknya tak cocok ke Persib Bandung untuk destinasi berikutnya. Copyright: © ibachdim
Penyerang sayap Irfan Bachdim saat ini berada diambang pintu keluar Bali United dan tampaknya tak cocok ke Persib Bandung untuk destinasi berikutnya.

INDOSPORT.COM - Penyerang sayap Irfan Bachdim saat ini berada di ambang pintu keluar Bali United dan tampaknya tak cocok ke Persib Bandung untuk destinasi berikutnya.

Pada masa bursa transfer Liga 1 2020 kali ini Bali United tampaknya tengah cuci gudang lantaran beberapa pemain sudah dilepas, didatangkan, dan dipertahankan.

Kali ini pemain yang rumornya bakal dilepas adalah Irfan Bachdim. Padahal Bachdim sudah menjadi ikon Bali United sejak didatangkan 2017 silam.

Pada Liga 1 2017 Bachdim tampil cemerlang dengan koleksi 10 gol dan sembilan assists dari 30 penampilan, serta mengoleksi tiga kartu kuning dan satu kartu merah.

Performa Bachdim merosot pada musim 2018. Bachdim hanya tampil dalam 18 laga. Bahkan, dari 16 kesempatan jadi starter, 14 kali Bachdim diganti sebelum laga usai.

Faktor cedera menjadi salah satu penyebab kontribusi Bachdim mengalami penurunan. Bahkan pada musim tersebut, pemain berusia 31 tahun itu hanya membuat satu gol dan assist saja.

Sedangkan di 2019, nasib Bachdim juga tak meningkat. Malah sama dengan musim lalu dimana Bachdim membuat 18 penampilan dengan mencetak tiga gol dan satu assist serta dua kartu kuning.

Apalagi Bali United baru saja mendatangkan Gavin Kwan Adsit (eks Barito Putera) yang berposisi sama dengan Bachdim. Lalu ada Fahmi Al-Ayyubi serta Stefano Lilipaly yang menjadi pesaing.

Di sektor penyerang sayap kiri ada M. Rahmat (eks PSM Makassar), Yabes Roni, Kadek Haarlem yang cukup potensial dan bisa mempengaruhi posisi Bachdim.

© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Irfan Bachdim merayakan gol di dalam gawang Semen Padang. Copyright: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORTIrfan Bachdim merayakan gol di dalam gawang Semen Padang.

Sehingga persaingan di lini sayap Bali United semakin ketat. Artinya peluang Bachdim untuk tetap bisa tampil sebagai starter semakin tipis.

Terbaru, nama Bachdim tak dicantumkan untuk ikut serta kala Bali United tampil di babak kualifikasi Liga Champions Asia 2020 melawan Tampines Rovers (Singapura).

Bachdim tampak tak senang dengan situasi ini. Bahkan dalam dua sesi latihan internal Bali United, Bachdim hanya di pinggir lapangan saja.

Saat latihan internal Bali United selesai, suami dari Jennifer Bachdim itu enggan memberikan komentar pada awak media yang ingin mewawancarainya.

"Saya mau pulang," ucap Bachdim sambil berlalu menuju motor matic pribadinya, Sabtu (11/01/20) silam.

Di sisi lain Direktur Madura United, Haruna Soemitro pun sempat mengungkap bahwa Bachdim jadi opsi pertukaran, ketika Bali United ingin memboyong salah satu gelandang Laskar Sapeh Kerrap.

Situasi ini pun tak dibantah Chief Executive Officer (CEO) Bali United, Yabes Tanuri. Menurutnya, dalam aktivitas transfer profesional, tukar menukar pemain merupakan hal biasa.

"Ketika kami mau pemain dia, dia ada yang dimau. Itu bisa dilakukan transfer fee atau penukaran pemain," kata Yabes, Minggu (12/01/20).

Tak Mesti ke Persib Bandung

© Indosport/Yooan Rizky Syahputra
Logo Tim sepak bola asal Kota Bandung lautan api ,PERSIB 16/4/2019. Copyright: Indosport/Yooan Rizky SyahputraLogo Persib Bandung.

Kini Irfan Bachdim tengah dirumorkan bakal berlabuh ke Persib Bandung untuk membuktikan diri. Hal ini pun mendapat respons dari manajemen klub.

Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Kuswara S. Taryono akhirnya turut buka suara akan rumor Bachdim ke klub yang berdiri sejak 1933 ini.

"Sementara ini belum, tapi kalau memang sesuai rekomendasi pelatih otomatis ada komunikasi dengan pemain," ujar Kuswara, Kamis (16/01/20).

Sejauh ini Persib baru mendatangkan Victor Igbonefo (bek naturalisasi), Beni Oktovianto (striker) dan Teja Paku Alam (penjaga gawang) jelang Liga 1 2020.

Namun ada hal unik akan kedatangkan Teja Paku Alam. Semula manajemen enggan merekrut kiper baru tetapi berubah pikiran dan membeli penjaga gawang anyar.

Bisa saja manajemen Persib menepis rumor tengah mendekati Irfan Bachdim tetapi di akhir-akhir malah mendatangkannya dengan opsi peminjaman.

Kendati demikian pada kenyataannya Irfan Bachdim tak seharusnya ke Persib untuk menjadi destinasi barunya dalam berkarier di dunia sepak bola profesional.

Sebab Persib serupa dengan Bali United yang memiliki stok winger yang cukup melimpah sejauh ini. Total ada sembilan pemain yang berposisi murni sebagai winger.

Billy Keraf, Agung Mulyadi, Puja Abdillah, Frets Butuan, Esteban Vizcarra, Erwin Ramdani, Ghozali Siregar, Febri Hariyadi, hingga Julius Josel Omkarsba adalah winger Persib.

© Arif Rahman/INDOSPORT
Selebrasi gol Febri Hariyadi Copyright: Arif Rahman/INDOSPORTSelebrasi gol winger Persib Bandung Febri Hariyadi.

Belum lagi ada pemain macam Gian Zola, Omid Nazari, Supardi hingga Zalnando yang juga bisa bermain sebagai winger jika dibutuhkan.

Untuk posisi winger kanan, serupa Bachdim, Persib sudah memiliki Agung Mulyadi, Billy Keraf, hingga Febri Hariyadi. Bahkan nama terakhir selalu menjadi andalan.

Bahkan Febri sudah membuat sembilan gol dan delapan assists serta lima kartu kuning dari 28 pertandingan kala tampil di Liga 1 2019.

Sedangkan Agung Mulyadi dipinjam ke Blitar Bandung United dan Billy Keraf disekolahkan ke Perseru Badak Lampung FC pada musim lalu.

Lalu berpindah ke pos sebelah kiri, Persib memiliki Puja Abdillah, Frets Butuan, Esteban Vizcarra, Erwin Ramdani, Ghozali Siregar, sampai Julius Josel Omkarsba.

Frets Butuan mampu membuat tiga gol dari 16 laga, Ghozali Siregar mencetak empat gol dan dua assists dari 25 laga, Erwin Ramdani membuat satu gol dan assist dari 17 laga.

Sedangkan Esteban Vizcarra yang mengemas tiga gol dan satu assist dari 26 penampilan. Empat pemain tadi membuatnya pada ajang Liga 1 2019.

Dengan melihat para winger Persib tampaknya tak cocok bagi Irfan Bachdim untuk berlabuh ke klub asal Jawa Barat itu. Lantaran bisa saja tak mendapat menit bermain serupa di Bali United.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
100%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%