In-depth

Ilija Spasojevic Opsi Ideal Pengganti Ezechiel N'Douassel di Persib Bandung

Jumat, 17 Januari 2020 11:22 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Lanjar Wiratri
© Grafis:Ynt/Indosport.com
Striker naturalisasi Ilija Spasojevic tampaknya bisa jadi opsi ideal sebagai pengganti Ezechiel N'Douassel di Persib Bandung. Copyright: © Grafis:Ynt/Indosport.com
Striker naturalisasi Ilija Spasojevic tampaknya bisa jadi opsi ideal sebagai pengganti Ezechiel N'Douassel di Persib Bandung.

INDOSPORT.COM - Striker naturalisasi Ilija Spasojevic tampaknya bisa jadi opsi ideal sebagai pengganti Ezechiel N'Douassel di Persib Bandung.

Persib saat ini tengah dirundung kabar kurang sedap lantaran striker andalan mereka, yakni Ezechiel N'Douassel ingin hengkang pada musim 2020.

Padahal Ezechiel masih memiliki kontrak bersama Persib hingga akhir 2020. Menurut pelatih fisik Persib Yaya Sunarya kalau staf juru taktik Persib belum menentukan nasib Ezechiel.

"Kami belum bisa memberi keputusan Ezechiel masih ada di dalam tim atau seperti yang dikatakan oleh dia sendiri, yang ingin ke luar dari tim," kata Yaya, Jumat (10/01/20).

Hal ini menjadi sinyal buruk lantaran Persib harus cepat mendapat pengganti yang cukup sepadan dengan kualitas yang dimiliki Ezechiel N'Douassel.

Bahkan dua pemain asal Brasil Wander Luiz dan Joel Vinicius didatangkan Persib. Namun status keduanya masih harus menjalani seleksi lebih dulu.

Wander Luiz dan Joel Vinicius pun dibawa Persib untuk mengikuti ajang Asia Challenge 2020 (18-21 Januari) yang berlangsung di Malaysia.

Dua pemain asal Brasil itu pun sudah menjalani tes kesehatan. Bahkan hasil dari keduanya pun menunjukan catatan positif karena tak memiliki riwayat serius.

Meski begitu ada sisi negatif dari Wander Luiz dan Joel Vinicius. Pasalnya dua eks Liga 1 Vietnam itu kurang subur dalam urusan mencetak gol.

© persib.co.id
Duo Brasil, Joel Vinicius dan Wander Luiz menjalani latihan perdananya bersama PERSIB di Lapangan SPOrT Jabar Arcamanik, Bandung, Minggu 12 Januari 2020 petang. Copyright: persib.co.idDuo Brasil, Joel Vinicius dan Wander Luiz menjalani latihan perdananya bersama PERSIB di Lapangan SPOrT Jabar Arcamanik, Bandung, Minggu 12 Januari 2020 petang.

Total Wander Luiz hanya bisa mencetak 28 gol sejak 2014 silam. Sementara itu Joel Vinicius baru membuat 21 gol sejak 2015 hingga kini.

Artinya kualitas keduanya masih sangat diragukan untuk menggantikan peran Ezechiel. Striker 31 tahun itu bahkan sudah membuat 31 gol selama dua setengah musim di Persib (62 laga).

Musim lalu saja, Ezechiel tetap mampu membuktikan ketajamannya dengan total torehan 15 gol dari 26 laga berdasarkan data dari Soccerway.

Sejauh ini, Persib masih memiliki tiga pemain asing, yakni Nick Kuipers (Belanda), Omid Nazari (Filipina), dan Ezechiel N'Douassel (Chad) dari jatah empat kuota legiun luar negeri.

Artinya Persib harus memilih Wander Luiz atau Joel Vinicius jika Ezechiel tak hengkang untuk memenuhi jatah slot pemain asing yang telah ditetapkan oleh PT LIB.

Jika Ezechiel tetap hengkang maka Persib bisa saja merekrut dua Brasil itu. Sehingga Pangeran Biru tetap memenuhi kuota legiun asing (3+1).

Spaso Rekrutan Ideal

© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Ilija Spasojevic mengenakan jersey dengan nama almarhumah istrinya, saat menyapa para suporter di pertandingan Liga 1 antara Bali United vs Persib Bandung, Kamis (28/11/19). Copyright: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORTIlija Spasojevic mengenakan jersey dengan nama almarhumah istrinya, saat menyapa para suporter di pertandingan Liga 1 antara Bali United vs Persib Bandung, Kamis (28/11/19).

Meski begitu kabar hangat yang berkembang saat ini menampilkan kalau striker naturalisasi Bali United Ilija Spasojevic dirumorkan bakal hengkang.

Padahal Spasojevic diketahui masih terikat kontrak dengan Serdadu Tridatu hingga akhir 2020. Terlebih Bali United baru saja mendatangkan Lerby Eliandri.

"Lerby punya kualitas bagus buat cetak gol. Dia juga pemain yang punya semangat," tutur Teco ke awak media, Senin (06/01/20).

Kabar lainnnya menampilkan kalau faktor keluarga jadi pertimbangan Spasojevic untuk pergi dari Bali United. Mengingat striker 32 tahun itu baru kehilangan sang istri di akhir 2019.

Sehingga dekat dengan dua sang buah hati terasa masuk akal akan rumor hengkangnya Spasojevic. Alhasil rumor merujuk ke klub yang berada di sekitar Jabodetabek. 

Beberapa tim seperti Persija, Bhayangkara FC, hingga Tira Persikabo sempat tertarik pada Spaso. Bahkan kabar terkini kalau Persib ikut terjun dalam mendapatkan jasa Spaso.

Meski begitu Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Kuswara S. Taryono akhirnya turut buka suara akan rumor Spaso ke klub yang berdiri sejak 1933 ini.

"Sementara ini belum, tapi kalau memang sesuai rekomendasi pelatih otomatis ada komunikasi dengan pemain," ujar Kuswara kepada wartawan, Kamis (16/01/20).

Kendati demikian jika berandai-andai, Spaso tampaknya cukup ideal untuk menjadi pengganti Ezechiel di Persib pada Liga 1 2020.

© Ginanjar/INDOSPORT
Caption Copyright: Ginanjar/INDOSPORTStriker naturalisasi Ilija Spasojevic saat masih membela Persib Bandung.

Pada Liga 1 2019, Spaso sukses membuat 16 gol dari 31 laga, termasuk brace (dwigol) ke gawang Borneo FC, Semen Padang, hingga Perseru Badak Lampung FC, menurut Transfermarkt.

Sedangkan pada 2018, Spaso cuma bisa mencetak sembilan gol dan empat asssists dari 28 laga. Di pertengahan 2017, Spaso mengemas 13 gol dan dua assists dari 16 laga bersama Bhayangkara FC.

Selain itu Spaso juga pernah membela Persib pada 2015 dengan membuat dua penampilan dan sukses menggondol gelar Piala Presiden 2015.

Spaso juga bakal mendapat pasokan bola-bola manja dari gelandang asal Filipina Omid Nazari. Pada musim 2019, Nazari mampu membuat tiga assists.

Selain itu ada pula pemain seperti Febri Hariyadi yang musim 2019 membuat delapan assists dari 28 laga yang dijalaninya di Liga 1.

Sehingga Spaso tak perlu khawatir akan ketajamannya luntur di Persib. Justru Maung Bandung memiliki pemain-pemain pendukung yang cukup apik.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%