Liga Champions

Nostalgia! Format Baru Liga Champions Tiru Gelaran di Musim 1992-1993

Jumat, 17 Januari 2020 15:29 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Lanjar Wiratri
© INDOSPORT
UEFA dan ECA akan menerapkan format terbaru Liga Champions yang meniru kompetisi pada musim 1992-1993 silam pada tahun 2024 mendatang Copyright: © INDOSPORT
UEFA dan ECA akan menerapkan format terbaru Liga Champions yang meniru kompetisi pada musim 1992-1993 silam pada tahun 2024 mendatang

INDOSPORT.COM - Induk sepak bola tertinggi Eropa, UEFA, dan ECA (European Club Association) dikabarkan kian dekat dengan kata sepakat untuk menghadirkan format Liga Champions terbaru yang akan diselenggarakan pada tahun 2024 nanti.

Melansir dari Sky Sports, keputusan keduanya baru akan terlaksana pada 2024. Keputusan tersebut disebutkan akan adanya tambahan empat pertandingan di Liga Champions pada 2024 mendatang. 

Bahkan banyak rumor yang menyebutkan bahwa Liga Champions terbaru yang diusung oleh UEFA dan ECA nantinya akan berisi enam tim dalam satu grup. Hal ini dibarengi dengan keinginan federasi sepak bola Eropa tersebut agar setiap tim besar dapat bertemu.

Proposal ini seperti sebuah nostalgia. Pasalnya format ini pernah dipakai saat Liga Champions musim 1992-1993 di mana babak delapan besar akan dibuat dua grup.

Proposal ini mengejutkan beberapa pihak termasuk penyelenggara Piala Liga Inggris. Petinggi ajang domestik di tanah Britania Raya tersebut, Rick Parry, menyebut bahwa keputusan UEFA dan ECA ini akan berimbas kepada kompetisi mereka.

"Keputusan itu tentu menarik perhatian kami dan kami harus memperhatikannya dan memikirkannya secara penuh," ujar Rick Parry.

Meski begitu rumor ini dianggap belum sepenuhnya disetujui. Pasalnya beberapa klub besar banyak menolak ide ini. Oleh karenanya, UEFA dan ECA akan membicarakannya lebih lanjut pada Maret 2020 mendatang di Amsterdam, Belanda.