Bola Internasional

Kandas di Piala Asia U-23 2020, Thailand Layangkan 3 Tuntutan ke AFC

Minggu, 19 Januari 2020 21:12 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Federasi sepak bola Thailand (FAT) resmi melayangkan tiga tuntutan ke AFC terkait kekalahan di perempat final Piala Asia U-23 2020.

Timnas Thailand U-23 mengalami kekalahan pahit dari Arab Saudi di perempat final Piala Asia U-23 2020 karena merasa dicurangi oleh wasit.

Wasit asal Oman bernama Ahmed Al-Kaf, dinilai telah menghancurkan Thailand di Piala Asia U-23 2020 dan memupuskan mimpi untuk lolos ke Olimpiade Tokyo 2020 mendatang.

Dalam laga tersebut, Thailand kalah 0-1 dari Arab Saudi berkat gol penalti pada menit ke-78.

Pada menit ke-76, wasit Ahmed Al-Kaf menganggap ada sebuah pelanggaran di kotak penalti Thailand.

Padahal bila melihat dari tayangan ulang, pemain Thailand bernomor punggung 16 berhasil menghentikan striker Arab Saudi tanpa menyentuh bagian tubuh manapun.

Namun wasit Ahmed Al-Kaf menganggap kalau itu adalah sebuah pelanggaran yang mengharuskan menunjuk titik putih.

Alhasil, pemain Arab Saudi, Abdullah Al-Hamdan yang menjadi algojo sukses menjebol gawang Thailand yang dijaga oleh Korraphat Nareecha.

Karena hal itu, FAT kemudian resmi bersurat ke AFC dengan melayangkan tiga tuntutan.

1. Tinjau keputusan yang dibuat oleh wasit dalam pertandingan / situasi yang dipertanyakan. Dalam hal ini, wasit telah mengeluarkan banyak kartu kuning kepada pemain Thailand tetapi tidak memberikan hukuman yang sama kepada Arab Saudi.

2. Kesesuaian dalam merekrut pejabat pertandingan dari wilayah yang sama dengan tim yang jatuh. Dalam hal ini, wasit Ahmed Abu Bakar Said Al-Kaf adalah warga negara Oman dan timnya melawan Thailand kemarin adalah Arab Saudi.

3. Menuntut penjelasan tentang prosedur juri mengenai waktu untuk memperhitungkan keputusan VAR dalam kasus penalti kemarin. Apakah itu sesuai dengan aturan atau tidak.

Dengan kemenangan atas Thailand tersebut, Arab Saudi berhak memperoleh tiket lolos ke semifinal Piala Asia U-23 2020.

Untuk bisa lolos ke Olimpiade Tokyo 2020, Arab Saudi setidaknya harus bisa menempati peringkat ketiga Piala Asia U-23 2020.