Liga Inggris

Menerka Kapan Liverpool Akan Angkat Trofi Juara Liga Inggris

Senin, 20 Januari 2020 11:24 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© INDOSPORT
Logo Liga Primer Inggris. Copyright: © INDOSPORT
Logo Liga Primer Inggris.

INDOSPORT.COM - Liverpool baru saja meraih kemenangan penting di Liga Primer Inggris, Senin (20/01/20) dini hari WIB. Lalu kapan Liverpool akan memastikan gelar juara Liga Primer Inggris?

Liverpool baru saja meraih kemenangan atas musuh bebuyutannya, Manchester United, pada laga pekan ke-23 Liga Primer Inggris 2019/20, Senin (20/01/20) dini hari WIB. 

Bermain di kandang sendiri, Liverpool mengalahkan Manchester United dengan skor 2-0. Virgil van Dijk dan Mohamed Salah menjadi pencetak gol bagi kubu The Reds. 

Bagi Mohamed Salah, golnya pada masa injury time babak kedua itu menjadi gol pertama yang pernah ia sarangkan ke gawang Manchester United selama merumput di Liga Primer Inggris. 

Sedangkan bagi Liverpool, kemenangan atas Manchester United membawa langkah anak asuh Jurgen Klopp semakin dekat trofi juara Liga Primer Inggris. 

Saat ini, Liverpool unggul 16 poin atas Manchester City di posisi ke-2 dan Liverpool masih menyisakan satu pertandingan tunda. 

Lalu, kapankah Liverpool akan memastikan diri menjadi juara Liga Primer Inggris musim 2019/20?

Paling Cepat 

Jika melihat selisih poin dan jadwal pertandingan yang ada di Liga Primer Inggris maka Liverpool paling cepat akan mengangkat trofi pada awal April 2020. 

Pada 4 April 2020, Liverpool akan bertandang ke markas Manchester City, tim yang saat ini menjadi peringkat ke-2 di klasemen sementara. 

Hal itu dapat terjadi jika Liverpool berhasil memenangkan laga tunda melawan West Ham pada 30 Januari 2020 mendatang, dengan begitu Liverpool akan unggul 19 poin atas Manchester City. 

Jika unggul 19 poin, maka Liverpool setidaknya membutuhkan 6 pertandingan lebih sedikit untuk mengunci gelar dan tak harus menunggu hingga pekan ke-38. 

Akan tetapi, jika Liverpool kalah dalam laga tunda melawan West Ham maka pertandingan kandang melawan Aston Villa pada pekan ke-33 bisa jadi pesta juara Liverpool. 

Namun cara paling cepat bagi Liverpool untuk juara adalah terus memenangkan pertandingan yang ada dan menunggu Manchester City tergelincir. 

Semakin banyak Manchester City kehilangan poin, maka semakin dekat Liverpool dengan gelar juara. 

Trofi Perdana

Seperti sudah diketahui, sejak kasta tertinggi Liga Inggris berubah nama menjadi Premier League pada 1992-93, Liverpool sama sekali belum pernah meraih gelar juara. 

Liverpool paling bagus hanya menjadi runner up pada musim 2001-02, 2008-09, dan 2013-14, dan 2018-19. Di musim 2019-20 ini peluang Liverpool untuk meraih gelar juara sangat terbuka lebar. 

Liverpool saat ini belum terkalahkan di Liga Primer Inggris dan unggul 16 poin atas tim peringkat 2 di klasemen.