Bola Internasional

PSM Lupakan Persiapan Singkat Demi Lolos ke Fase Grup Piala AFC 2020

Selasa, 21 Januari 2020 15:21 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih PSM Makassar, Bojan Hodak melupakan persiapan yang sangat singkat menyambut leg pertama play-off Piala AFC 2020. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih PSM Makassar, Bojan Hodak melupakan persiapan yang sangat singkat menyambut leg pertama play-off Piala AFC 2020.

INDOSPORT.COM - Klub Liga 1 PSM Makassar, melupakan persiapan yang sangat singkat menyambut leg pertama play-off Piala AFC 2020. Hal itu dipilih armada Bojan Hodak demi memuluskan langkah meraih tiket menuju ke fase penyisihan grup.

Pasukan Ramang akan dijamu klub Timor Leste, Lalenok United, di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Rabu (22/01/20). Kandang Bali United itu dipilih juara Liga Futebol Amadora Divisao tersebut dikarenakan stadionnya yang tak lolos verifikasi AFC.

Hadir pada sesi jumpa pers pra-laga, pelatih Bojan Hodak mengaku sangat menantikan leg pertama play-off Piala AFC itu. Sebab, laga besok merupakan yang perdana yang menyambut PSM mengarungi musim 2020 yang akan sangat berat bagi mereka.

"Sayangnya kami baru berlatih selama 10 hari dengan banyaknya pemain baru. Jadi kami belum sepenuhnya berada pada level tertinggi. Tapi itu semua harus dilupakan karena suporter menginginkan kami meraih hasil yang bagus," ungkap Hodak kepada awak media.

Setali tiga uang dengan sang pelatih, bek sayap kanan Zulkifli Syukur juga sangat antusias merasakan laga perdananya pada musim 2020 ini. Terlebih lagi, besok akan menjadi comeback-nya setelah dipinjamkan ke Sriwijaya FC pada pertengahan musim lalu.

"Besok adalah laga perdana kami di tahun ini. Besok bukan menjadi tolak ukur sejauh mana persiapan kami selama ini. Tapi yang pasti kami para pemain ingin meraih hasil maksimal," tegas pesepakbola berusia 35 tahun ini.

PSM akan menjalani partisipasi keduanya diajang Piala AFC. Partispasi pertama Pasukan Ramang terjadi pada musim lalu. Willjan Pluim dkk. langsung lolos ke fase penyisihan grup setelah menjadi runner up Liga 1 2018.

PSM mampu keluar sebagai juara grup H dengan koleksi 14 poin tanpa sekalipun menelan kekalahan. Sayang, mereka terhenti di fase semifinal zona Asia Tenggara akibat kalah agresifitas gol tandang dengan skor 2-2 dari Becamex Binh Duong (Vietnam).

Sementara bagi Lalenok United, Piala AFC 2020 ini menjadi partisipasi pertama sepanjang sejarah klub. Sayang, mereka harus melewati babak play-off terlebih dahulu jika ingin berlaga di fase penyisihan grup.