Liga Inggris

Bukan Trio Liverpool, Inilah Pemain Krusial di Skuat Jurgen Klopp

Minggu, 2 Februari 2020 13:26 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Jean Catuffe/Getty Images
Terlepas dari trio Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Roberto Firmino, Liverpool punya pemain krusial dalam skuatnya. Copyright: © Jean Catuffe/Getty Images
Terlepas dari trio Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Roberto Firmino, Liverpool punya pemain krusial dalam skuatnya.

INDOSPORT.COM - Kehebatan dominasi Liverpool sepanjang bergulirnya Liga Inggris 2019-2020 nampaknya bukan karena lini serangnya, melainkan karena sang playmaker, Alex Oxlade-Chamberlain.

Seperti yang telah diketahui sebelumnya, sebagian besar kalangan beranggapan trio lini serang Liverpool yang diisi Roberto Firmino, Mohamed Salah, dan Sadio Mane ialah segalanya. Namun pada kenyataannya, Oxlade Chamberlain-lah yang memiliki peran krusial di Liga Inggris kali ini.

Dilansir dari laman berita liverpool.com, Oxlade-Chamberlain dianggap menjadi pemain terpenting The Reds karena kehebatannya mencetak gol melalui jarak jauh. Gelandang berusia 26 tahun itu penembak jitu paling efektif dibandingkan pemain lainnya.

Tercatat Oxlade-Chamberlain telah sukses mencetak gol beberapa kali dari luar kotak penalti. Setidaknya empat dari total tujuh gol yang dikemasnya dalam tiap kompetisi berbeda dilancarkan dari jarak 18 meter.

Salah satu bukti nyata ketangguhan Oxlade-Chamberlain pun bisa dilihat kala Liverpool menang besar 4-0 atas Southampton pada pekan lanjutan Liga Inggris, Sabtu (01/02/20). Peran serta pemain asal Inggris ini langsung terasa ketika sukses memecah kebuntuan lewat gol pada menit ke-47.

Alhasil kesuksesannya itu juga memberikan pengaruh besar tekanan luar biasa kepada Southampton. Tidak berselang beberapa lama, Liverpool pun menghujani The Saints dengan serangan bertubi-tubi hingga menang telak.

Jurgen Klopp selaku pelatih Liverpool pun nampak harus berterima kasih kepada Alex Oxlade-Chamberlain. Di tengah kekhawatiran mundurnya Mane karena cedera, sang gelandang terbukti memiliki keahlian serba bisa hingga tidak membuat The Reds kehilangan kekuatan mencetak gol.

Tentunya keunggulan Oxlade-Chamberlain tidak berhenti sampai disitu saja, pasalnya selain memiliki keunggulan dalam hal dribbling dan key passes, sang gelandang juga diketahui cukup ahli membuat taktik.

Tak ayal Klopp setidaknya bisa yakin memasukan Oxlade-Chamberlain sebagai tambahan skuat utama Liverpool selain hanya mengandalkan Mane, Salah, maupun Firmino di lini depan di sisa musim Liga Inggris kali ini.