Bola Internasional

Kena Skandal Suap, Tony Fernandes Si Pemilik QPR yang Timnya Bakal Tantang Garuda Select

Selasa, 4 Februari 2020 16:05 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Lanjar Wiratri
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Usai menjalani serangkaian laga di Italia, Garuda Select akan melanjutkan perjalanannya di Inggris dengan menghadapi Queen Park Rangers U-18 yang dimiliki oleh Tony Fernandes.

Di dunia bisnis, Tony Fernandes sendiri lebih banyak dikenal sebagai direktur dari sebuah maskapai penerbangan, Air Asia. Kekayaannya tersebut membuatnya mengakuisisi QPR pada 2011 silam.

Namun kabar mengejutkan hadir menjelang laga yang mempertemukan Garuda Select vs Queen Park Rangers U-18. Tony Fernandes selaku sang pemilik dilaporkan terlibat dalam sebuah skandal suap.

Disebutkan Tony Fernandes dipaksa untuk melepaskan jabatan eksekutif di maskapai tersebut selama dua bulan hingga waktu yang belum ditentukan akibat skandal ini. Air Asia yang berbasis di Malaysia ini diduga menerima suap dari grup Airbus SAS. 

Dilaporkan Airbus SAS membayar 50 juta dolar (Rp685 miliar) soal pemesanan pesawat dan digunakan untuk mensponsori kedua tim olahraga pimpinannya tersebut, dimana nama Queen Park Rangers pun ikut terseret.

Banyak laporan yang menyebutkan dana yang diterima Tony Fernandes dari suap Airbus ini mencapai total 4 miliar dolar (Rp54 triliun). Tak pelak skandal ini juga mencoreng nama Queen Park Rangers sebagai salah satu tim terpandang di Inggris.