Liga Indonesia

3 Alasan Saddil Ramdani Tak Akan Menyesal Pilih Bhayangkara FC Ketimbang Persib

Sabtu, 8 Februari 2020 16:08 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Yohanes Ishak
 Copyright:

INDOSPORT. COM - Saddil Ramdani sepertinya tak akan menyesal telah memilih gabung Bhayangkara FC ketimbang Persib Bandung di bursa transfer Liga 1 2020.

Drama mengenai transfer pemain tak hanya terjadi di pentas sepak bola Eropa saja. Arena lapangan hijau Indonesia juga memiliki kisah-kisah menarik terkait bursa transfer.

Lihat saja kepada kisah yang menyelimuti Saddil Ramdani. Santer dikabarkan akan berlabuh ke Persib Bandung, Saddil tiba-tiba malah resmi gabung Bhayangkara FC.

Bahkan pada hari Sabtu (08/02/20) ini, pihak Bhayangkara FC telah memperkenalkan Saddil sebagai rekrutan anyar tim. Perkenalan Saddil terlihat dalam akun Instagram klub Bhayangkara FC.

Mungkin Saddil tak akan pernah menyesali keputusannya lebih memilih Bhayangkara FC ketimbang Persib Bandung. Apalagi ada beberapa alasan yang bisa menguatkan asumsi tersebut.

Apa sajakah alasan yang membuat Saddil beruntung pilih gabung Bhayangkara FC ketimbang Persib Bandung? Mari simak ulasannya bersama.

Prestasi

Saddil Ramdani sepertinya tak akan pernah menyesali keputusannya lebih memilih gabung Bhayangkara FC ketimbang Persib Bandung. Salah satu alasannya bisa terlihat dari sektor prestasi.

Soal prestasi, Bhayangkara FC memang tampak lebih mentereng ketimbang Persib Bandung. Terutama sejak era Liga 1 dimulai, Bhayangkara FC berhasil menyabet gelar juara pada tahun 2017, sedangkan Persib Bandung belum pernah sama sekali.

Bhayangkara FC juga konsisten mengisi papan atas klasemen. Setelah juara Liga 1 2017, dua musim berikutnya secara beruntun Bhayangkara FC tak pernah keluar dari zona empat besar papan atas klasemen.

Kalau Persib Bandung, prestasinya di tabel klasemen tampak tak konsisten. Liga 1 2017, Persib Bandung tercecer di urutan 13, musim berikutnya bisa finis menempati posisi empat, dan pada Liga 1 2019 menduduki urutan enam.


Persaingan Internal

Saddil Ramdani mungkin akan merasa beruntung lebih memilih gabung Bhayangkara FC ketimbang Persib Bandung. Salah satu alasannya bisa dilihat dari faktor persaingan internal.

Saddil tak perlu bersaing dengan banyak winger untuk mendapatkan tempat utama di Bhayangkara FC. Pasalnya sejauh ini, Bhayangkara FC baru punya tiga winger saja, yakni Andik Vermansah, Rangga Muslim, dan I Made Wirahadi.

Sementara kalau di Persib Bandung, Saddil pasti akan mendapat banyak saingan. Bagaimana tidak, Persib Bandung memiliki total sembilan pemain yang beposisi sebagai winger, ada Frets Butuan, Ghozali Siregar, Esteban Vizcarra, Zulham Zamrun, Erwin Ramdani, Josel Omkarsba, Wildan Ramdani, dan Febri Hariyadi.


Komposisi Skuat

Saddil Ramdani sepertinya tak akan menyesali keputusannya lebih memilih gabung Bhayangkara FC ketimbang Persib Bandung. Salah satu alasan Saddil merasa beruntung, bisa terlihat dari tolak ukur komposisi skuat.

Bhayangkara FC pada masa bursa transfer jelang Liga 1 2020 berhasil mendatangkan pemain-pemain tajam. Ada Ezechiel N'Douassel dan Renan Silva, yang musim lalu mengemas masing-masing 15 serta 12 gol.

Sementara Persib Bandung, belum mampu melakukan hal seperti Bhayangkara FC. Persib tak memiliki sosok pemain tajam yang rajin mencetak gol.

Mungkin Persib Bandung bakal segera meresmikan nama penyerang asing Geoffrey Castillion. Meski punya rekam jejak jebolan Ajax Amsterdam, Geoffrey tetap belum pernah membuktikan kualitasnya di pentas sepak bola Indoensia.

Kehadiran pemain tajam, lantas akan memudahkan kinerja Saddil dalam menyuplai umpan-umpan matang. Pemain tajam akan lebih jeli mencari ruang kosong yang mana bisa dimaksimalkan Saddil lewat akurasi umpannya.