Liga Indonesia

Kritik Fasilitas, Pelatih Malaysia Sebut Liga Indonesia Terbaik di ASEAN

Sabtu, 8 Februari 2020 15:03 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Pelatih asal Malaysia, Raja Isa, baru-baru ini diwawancarai secara eksklusif mengenai pengalaman berkarir di Liga Indonesia.

Dilansir dari vocketfc, Raja Isa memulai debutnya di Liga Indonesia pada 2007 lalu saat menjadi pelatih kepala Persipura Jayapura.

Saat itu, Raja Isa ditunjuk menggantikan peran Ivan Kolev karena dilantik menjadi pelatih kepala Timnas Indonesia.

"Kebetulan, Persipura minta saya datang karena Ivan Kolev dilantik untuk menjadi pelatih Timnas Indonesia," kata Raja Isa.

Dalam wawancara tersebut, Raja Isa kemudian mengomentari bagaimana keadaan Liga Indonesia.

Menurutnya, Liga Indonesia masih menjadi yang terbaik di ASEAN. Hal itu tak lepas dari suporter yang sangat gila dalam mencintai klub kebanggaannya.

"Saya sudah lama tinggal di Indonesia dan sudah mengunjungi semua negara di Asia Tenggara. Bagi saya, Liga Indonesia masih yang terbaik di ASEAN. Di sini, masyarakatnya memiliki kegilaan dengan sepak bola, ibarat cinta terhadap sepak bola sudah tumbuh sejak mereka kecil," ujarnya.

Namun hanya satu yang harus menjadi catatan yakni mengenai fasilitas yang jauh ketinggalan dari Liga Super Malaysia.

"Sudah tentu Liga Indonesia ini masih banyak kekurangan. Banyak lapangan latihan yang kurang bagus, juga stadionnya. Tapi tiada guna stadion bagus dan gaji tinggi jika tidak ada pendukung di dalam stadion," ucap Raja Isa.

"Mungkin Liga Indonesia dari segi fasilitas masih kalah dengan Malaysia. Namun, di Malaysia cuma ada beberapa klub yang laganya dipenuhi penonton," tuturnya menambahkan.

Memang nama Raja Isa sudah tidak asing lagi terdengar di telinga suporter Indonesia.

Raja Isa tercatat pernah memjadi pelatih kepala sejumlah klub Indonesia seperti Persipura Jayapura, PSM Makassar, dan PSMS Medan.