Bola Internasional

Banyak Dapat Pengalaman, Lionel Messi Dianggap Lebih 'Super' dari Ronaldo

Selasa, 11 Februari 2020 19:55 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Isman Fadil
© dailymail.co.uk
Lionel Messi dianggap bisa lebih super dibandingkan Cristiano Ronaldo jika lebih banyak memiliki pengalaman. Copyright: © dailymail.co.uk
Lionel Messi dianggap bisa lebih super dibandingkan Cristiano Ronaldo jika lebih banyak memiliki pengalaman.

INDOSPORT.COM - Winger Barcelona, Lionel Messi, dianggap bisa lebih super ketimbang rivalnya Cristiano Ronaldo selaku striker Juventus jika memiliki pengalaman lebih.

Pendapat terkait disampaikan oleh legenda Real Madrid, Jorge Valdano. Eks striker Los Blancos tersebut menyebutkan jika Messi adalah talenta berbakat dalam sepak bola, tapi dengan berbagai pengalaman tambahan dia bisa lebih heroik dibandingkan Ronaldo.

"Messi yang berikutnya bahkan makin mirip dengan Cristiano Ronaldo, hanya saja lebih kearah fisik manusia super, lebih kompetitif, dengan jiwa heroik dia akan mengenakan seragam berbeda," ujar Valdano dilansir dari situs berita, Bleacher Report.

Valdano pun mengakui jika perkembangan Messi tidak hanya karena memiliki bakat sejak lahir saja, melainkan juga jalan yang ditempuh sejak berkarier dengan olahraga Si Kulit Bundar.

"Messi adalah pemain ajaib sesungguhnya yang bisa menunjukkan bakat ketika bermain di jalan dan akademi sepak bola. Ketika berada di lapangan, dia punya kekuatan imba bagi sisi lain, dan dengan berbagai perkembangan dia akan kian dewasa," tutupnya.

Ungkapan Valdano ini seolah menunjukkan betapa superiornya Ronaldo. Pasalnya meski gagal mendapatkan predikat pemain terbaik melalui Ballon d'Or, Penyerang Si Nyonya Tua tersebut tetap tidak kehilangan tajinya dan justru tampil lebih baik.

Ronaldo tercatat mampu mencetak lebih banyak gol dalam lima kompetisi sepak bola berbeda di Eropa yakni 14 gol. Torehan ini jauh lebih baik ketimbang Messi yang hanya bisa mencetak lima gol, padahal dirinya mendapat lebih banyak Ballon d'Or.

Valdano sesungguhnya juga memgisyaratkan Messi untuk berani mengambil resiko bermain di klub lain. Pasalnya Pemain Timnas Argentina itu dianggap terlalu bermain aman dengan bergabung bersama Barcelona dalam kurun waktu hampir 20 tahun.

Jika berani, seharusnya Messi lebih mempertimbangkan gabung klub lain layaknya seperti yang telah dilalui Ronaldo. Dengan begitu, bukan tidak mungkin kehebatan sang megabintang Barcelona bisa lebih baik lagi.