Bola Internasional

Total Biaya Transfer Klub Putra Asli Papua Nugini Kalah dari Juara Liga 1 Bali United

Sabtu, 15 Februari 2020 16:48 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Isman Fadil
© adhyasta.com/galerypng.blogsport.com
Ternyata total biaya transfer klub putra asli Papua Nugini David Eric Browne HJK Helsinki (Finlandia) masih kalah dari juara Liga 1 2019 Bali United. Copyright: © adhyasta.com/galerypng.blogsport.com
Ternyata total biaya transfer klub putra asli Papua Nugini David Eric Browne HJK Helsinki (Finlandia) masih kalah dari juara Liga 1 2019 Bali United.

INDOSPORT.COM - Ternyata total biaya transfer klub putra asli Papua Nugini David Eric Browne HJK Helsinki (Finlandia) masih kalah dari juara Liga 1 2019 Bali United.

David Browne diketahui lahir di Port Moresby, Papua Nugini yang kini berusia 24 tahun. Browne memiliki posisi natural sebagai winger kiri.

David juga memiliki keturunan Inggris dari sang ayah yang bernama Bob Browne. Sedangkan darah Papua Nugini berasal dari sang ibu, Segana.

Meski memiliki dua paspor, terbukti Browne telah berseragam The Kapuls (julukan Timnas Papua Nugini) sejak 2011 atau pada level U-17 hingga senior saat ini.

"Saya lahir di sini, saya dibesarkan di sini. Saya merasakan Papua Nugini adalah diri saya dan hati saya akan bermain untuk negara ini," ucap Browne dilansir Oceania Football.

Kini per 24 Januari 2020, Browne resmi dikontrak oleh klub Veikkausliiga HJK Helsinki (Finlandia). Dirinya dikontrak hingga 31 Desember 2020.

Tak hanya itu dalam kontrak tersebut juga disebutkan kalau Browne memiliki opsi perpanjangan selama dua tahun ke depan berdasarkan data Transfermarkt.

HJK Helsinki bukanlah klub sembarangan. Sebab sederet gelar pernah mereka raih mulai dari juara Finnish Champion 29 kali, Finnish Cup 13 kali, dan Finnish League Cup lima kali.

Pada musim 2019, HJK Helsinki finis diperingkat empat klasemen Veikkausliiga (Liga 1 Finlandia) dengan mengoleksi 34 angka dari 22 pertandingan.

© oceaniafootball.com
David Browne Saat memperkuat Timnas Papua Nugini Copyright: oceaniafootball.comDavid Browne Saat memperkuat Timnas Papua Nugini

Menyambut musim 2020, HJK Helsinki pun mendatangkan 14 legiun baru, termasuk David Browne, termasuk mempertahankan delapan pemain lama.

Diketahui kalau total biaya transfer HJK Helsinki mencapai Rp74 miliar (5 juta Euro) berdasarkan data yang disajikan oleh laman Transfermarkt.

Bahkan pemain termahal HJK Helsinki jatuh ke legiun asal Makedonia yang bernama Ferhan Hasani yang memiliki harga pasar (marker value) hingga Rp14 miliar (1 juta Euro) per 1 Juni 2019.

Kendati demikian ternyata ada hal menarik dari nilai total transfer klub yang mengontrak David Browne, yakni HJK Helsinki. Sebab nilai transfer mereka masih kalah dari juara Liga 1 2019 Bali United.

Pasalnya Bali United memiliki total nilai transfer hingga Rp81 miliar (5,5 juta Euro). Bahkan pemain termahal jatuh ke gelandang asal Iraq Brwa Nouri yang mencapai Rp8,8 miliar (600 ribu Euro) per 27 Desember 2019.