Liga Champions

5 Klub Semenjana yang Berpeluang Main di Liga Champions Musim Depan

Selasa, 18 Februari 2020 18:27 WIB
Editor: Coro Mountana
© Sheffield United
5 Klub Semenjana yang Berpeluang Main di Liga Champions Musim Depan. Copyright: © Sheffield United
5 Klub Semenjana yang Berpeluang Main di Liga Champions Musim Depan.

INDOSPORT.COM – Berikut 5 klub semenjana yang berpeluang untuk membuat kejutan dengan bermain di Liga Champions musim depan.

Keberhasilan mengalahkan Norwich City pada Minggu (16/02/20) dalam lanjutan pekan ke-26 membuat Liverpool mengukuhkan dirinya sebagai tim pertama Eropa yang lolos ke Liga Champions musim depan. Musim ini memang menjadi saat-saat terbaik bagi Liverpool.

Bagaimana tidak, meraih 25 kemenangan dalam 26 laga tak ubahnya seperti melihat Liverpool seperti bermain di konsol game mode master league level beginner.

Setelah Liverpool, tentu bakal banyak tim raksasa lainnya yang cepat atau lambat mendapatkan tiket ke Liga Champions musim depan.

Namun di antara deretan tim-tim raksasa itu, terselip sejumlah klub semenjana yang terlihat mulai mengintip peluangnya untuk lolos ke Liga Champions musim depan. Jika itu terjadi, maka itu akan menjadi salah satu kejutan terbesar pada musim ini di sepak bola Eropa.

Sheffield United

Hukuman yang didapatkan Manchester City akibat financial Fair Play seketika menjadi angin segar bagi tim Liga Inggris lainnya. Pasalnya tim yang berperingkat kelima memiliki kesempatan untuk mengambil jatah lolos Liga Champions musim depan.

Salah satu tim tersebut adalah Sheffield United yang saat ini berada di posisi ke-6 dengan 39 poin.

Namun melihat kualitas Sheffield yang miliki pertahanan terbaik kedua setelah Liverpool, rasanya mereka bahkan bisa menyodok 4 besar yang ditempati Chelsea dengan hanya unggul 2 poin saja.

Wolverhampton Wanderers (Wolves)

© Sam Bagnall - AMA/Getty Images
Raul Jimenez selamatkan Wolverhampton Wanderers dari kekalahan atas Arsenal. Copyright: Sam Bagnall - AMA/Getty ImagesRaul Jimenez selamatkan Wolverhampton Wanderers dari kekalahan atas Arsenal.

Setali tiga uang dengan Sheffield United, Wolverhampton Wanderers (Wolves) juga menjelma menjadi salah satu kuda hitam di Liga Inggris musim ini. Memang Wolves sudah begitu mengejutkan sejak musim lalu, tapi kali ini mereka tampil semakin berbahaya.

Menjadi satu-satunya tim yang sanggup back to back mengalahkan Manchester City dan pembobol gawang Liverpool dalam 11 laga terakhir mereka membuat Wolves memiliki kualitas luar biasa.

Meski berada di posisi ke-8, Wolves hanya terpaut 5 poin saja dengan Chelsea yang sedang terseok-seok.

Getafe

© Twitter @FCBarcelona
Pertandingan Barcelona vs Getafe dalam lanjutan pekan ke-24 LaLiga Spanyol di Stadion Camp Nou, Sabtu (15/02/20). Copyright: Twitter @FCBarcelonaPara pemain Getafe mengepung Ousmane Dembele.

Di Spanyol, ada juga kejutan besar jika kita melihat papan klasemen sementara hingga pekan ke-24 di mana terdapat Getafe yang berada di posisi 3. Biasanya kita akan melihat Atletico Madrid yang biasanya menempati posisi itu, tapi kini ceritanya berbeda.

Inkonsisten Atletico yang menunjang peforma luar biasa Getafe untuk berada di zona Liga Champions saat ini.

Mampu menahan Valencia di Mestalla dan mengalahkan tim kelelawar itu pada kandang sendiri dengan skor 3-0 tampaknya menjadi pertanda Getafe bakal main di Liga Champions musim depan.

Hellas Verona

© Alessandro Sabattini/Getty Images
Giampaolo Pazzini merayakan golnya ke gawang Juventus. Copyright: Alessandro Sabattini/Getty ImagesStriker Hellas Verona, Giampaolo Pazzini merayakan golnya ke gawang Juventus.

Jika di Inggris ada Wolves dan Sheffield serta Getafe menjadi perwakilan tim Spanyol, maka Italia juga tidak mau kalah. Hellas Verona yang dalam beberapa tahun terakhir hanya dianggap tim yoyo, mendadak pada musim ini tampil begitu mengejutkan.

Mampu menahan Lazio dan mengalahkan Juventus menjadi sedikit catatan berbahaya dari tim asuhan Ivan Juric itu pada musim ini. Dengan saat ini menempati posisi keenam, Hellas Verona tengah mengintip untuk menyodok zona Liga Champions (4 besar) musim depan.

Stade Rennais

Terakhir di Ligue 1 Prancis juga terdapat satu tim semenjana yang tampil begitu mengejutkan hingga berpeluang untuk lolos ke Liga Champions musim depan yaitu Stade Rennais.

Secara mengejutkan, Rennes saat ini berada di posisi ketiga yang merupakan jalur kualifikasi Liga Champions.

Salah satu prestasi membanggakan Rennes musim ini adalah dengan mengalahkan tim bertabur bintang, Paris Saint-Germain (PSG). Kelima tim yang sudah dibahas tadi jelas kalah pamor dengan sejumlah klub mapan seperti Barcelona, Manchester United hingga Juventus.

Namun jika ada dari kelima tim semenjana ini mampu lolos ke Liga Champions, itu akan menjadi kejutan terbesar musim ini.