Bola Internasional

Thailand Bermasalah dengan FIFA, Media Vietnam Kegirangan

Selasa, 18 Februari 2020 12:10 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Media Vietnam kegirangan setelah sepak bola Thailand terancam dicopot dari keanggotaan FIFA. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Media Vietnam kegirangan setelah sepak bola Thailand terancam dicopot dari keanggotaan FIFA.

INDOSPORT.COM - Setelah mendengar kabar sepak bola Thailand bakal dihukum berat oleh Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA), media Vietnam merasa kegirangan.

Dilansir dari zing.vn, Timnas Vietnam akan mendapatkan keuntungan besar bila FIFA jadi membekukan sepak bola Thailand.

"Vietnam bisa mendapat manfaat jika Thailand kehilangan keanggotaan FIFA. Federasi Sepak Bola Dunia ( FIFA ) baru-baru ini mengeluarkan peringatan untuk menangguhkan keanggotaan Federasi Sepak Bola Thailand (FAT), jika gagal mematuhi peraturan selama pemilihan presiden," tulisnya.

Hukuman FIFA tersebut didasari dari masalah Asosiasi Sepak Bola Thailand (FAT) ketika melakukan pemilihan presiden pada Rabu (12/02/20) lalu.

Dalam pemilihan tersebut, Somyot Poompanmoung kembali terpilih sebagai presiden FAT setelah sebelumnya menjabat sejak 2016 hingga 2019. Ia menang telak dalam pemilihan tersebut dengan memperoleh 70 persen suara.

Tetapi dalam pemilihan presiden FAT, diduga ada kecurangan. Orang yang tidak terima dengan terpilihnya Somyot Poompanmoung adalah Worawi Makudi yang pernah memegang gelar presiden FAT sejak 2007-2015.

Worawi Makudi curiga ada praktik kecurangan dalam pemilihan presiden dan mengajukan keluhannya ke Otoritas Olahraga Thailand (SAT) yang kemudian diteruskan ke FIFA.

Bila FIFA membekukan FAT, nasibnya akan sama dengan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) pada 2015 silam.

Kompetisi sepak bola terbaik se-ASEAN yakni Liga Primer Thailand pastinya akan mati. Tak hanya itu, Timnas Thailand tidak akan bisa melakukan laga internasional.

Kerugian besar menimpa Thailand apalagi saat ini mereka sedang menjalani Kualifikasi Piala Dunia 2022.