In-depth

Indra Sjafri jadi Direktur Teknik PSSI, 3 Mantan Anak Asuhnya Tenggelam Usai Juara AFF U-19

Rabu, 19 Februari 2020 17:58 WIB
Penulis: Martini | Editor: Arum Kusuma Dewi
© INDOSPORT
Indra Sjafri jadi Direktur Teknik PSSI, 3 mantan anak asuhnya tenggelam usai menjuarai Piala AFF U-19 2013: Maldini Pali, Muchlis Hadi, Sahrul Kurniawan. Copyright: © INDOSPORT
Indra Sjafri jadi Direktur Teknik PSSI, 3 mantan anak asuhnya tenggelam usai menjuarai Piala AFF U-19 2013: Maldini Pali, Muchlis Hadi, Sahrul Kurniawan.

INDOSPORT.COM – Sosok pelatih berkelas asal Indonesia, Indra Sjafri akhirnya mengemban jabatan penting di PSSI, yakni sebagai Direktur Teknik untuk membantu tugas dari pelatih kepala, Shin Tae-yong.

Sebagai seorang pelatih, Indra Sjafri sudah mempersembahkan banyak prestasi untuk negara, salah satunya yakni saat ia berhasil membawa Timnas Indonesia U-19 menjuarai Piala AFF U-19 2013 lalu.

Tak sampai di sana, Indra Sjafri baru-baru ini berhasil membawa Timnas Indonesia U-23 menjuarai AFF U-22 Youth Championship 2019, dan meraih medali perak di SEA Games 2019 Filipina.

Pelatih 57 tahun itu memang dikenal sebagai sosok yang mampu mengeluarkan potensi para pemain muda, bahkan kerap kali melakukan ‘blusukan’ untuk mencari pemain sepak bola potensial.

Hanya saja, tidak semua mantan anak didik Indra Sjafri bersinar di kompetisi Liga 1 dan Timnas Indonesia. Beberapa pemain andalan yang menjuarai Piala AFF U-19 2013 lalu, kini seolah tenggelam dan tak tersiar kabarnya.

Portal media olahraga INDOSPORT mencoba menelusuri jejak dan kabar terkini tiga pemain Timnas Indonesia U-19 era Indra Sjafri yang mulai meredup.

1. Maldini Pali

© INDOSPORT/Herry Ibrahim
Pemain Bhayangkara FC, Maldini Pali (kanan) mencoba melewati dua pemain Persikota. Copyright: INDOSPORT/Herry IbrahimPemain Bhayangkara FC, Maldini Pali (kanan) mencoba melewati dua pemain Persikota.

Pemain sayap kanan andalan Timnas Indonesia U-19 pada masanya, Maldini Pali nampak tak tersiar kabarnya jelang kick off kompetisi Liga 1 2020.

Sempat tersandung kasus asusila pada tahun 2017 lalu, Maldini Pali memang tetap melanjutkan kariernya sebagai pesepakbola, dan tercatat pernah memperkuat Bhayangkara FC di Liga 1 2018 lalu.

Selanjutnya, pesepakbola 25 tahun itu berlabuh ke tim promosi, Kalteng Putra di Liga 1 2019. Sayangnya, ia justru lebih banyak menghabiskan waktu di bangku cadangan, atau justru terlibat cedera yang membuatnya harus menepi dari lapangan hijau.

Kini, saat Kalteng Putra resmi degradasi ke Liga 2 2020, nasib Maldini Pali juga seolah surut dan belum memiliki klub untuk musim ini. Akankah ia kembali bermain untuk Laskar Isen Mulang?

2. Muchlis Hadi Ning

© persib.co.id
Muchlis Hadi Ning Syaifullah, striker lokal muda yang dipertahankan Robert Rene Alberts di Persib Bandung untuk Liga 1 2019. (Foto: persib.co.id) Copyright: persib.co.idMuchlis Hadi Ning Syaifullah, striker lokal muda yang dipertahankan Robert Rene Alberts di Persib Bandung untuk Liga 1 2019. (Foto: persib.co.id)

Muchlis Hadi Ning Syaifulloh adalah salah satu penggawa andalan Indra Sjafri di lini depan Timnas Indonesia U-19 tahun 2013 lalu. Ia masih tetap diandalkan di Timnas hingga beberapa waktu setelahnya.

Namun, sejak berseragam PSM Makassar tahun 2016 lalu, Muchlis Hadi hanya mendapat jam terbang minim, dan berlanjut ketika ia mengadu nasib dengan hijrah ke Bhayangkara FC, Semen Padang, hingga Persib Bandung.

Memasuki musim Liga 1 2020, Muchlis Hadi belum mendapat klub anyar usai tak mendapat perpanjangan kontrak bersama Blitar Bandung United, sebagai pemain pinjaman dari Persib Bandung.

3. M. Sahrul Kurniawan

Mendengar nama Sahrul Kurniawan, tentu publik bertanya-tanya, siapa sesungguhnya sosok yang pernah menjadi anak didik Indra Sjafri ini?

Ya, setelah meraih medali emas Piala AFF U-19 2013 bersama Indra Sjafri, Sahrul Kurniawan memang tak mampu menunjukkan nama besarnya di level klub dan Timnas Indonesia.

Bek 25 tahun itu sempat berganti-ganti klub, mulai dari Bhayangkara FC, PSS Sleman, hingga klub Liga 3, Persika Karawang pada pertengahan tahun 2018 lalu.

Kemudian, Sahrul Kurniawan mengadu nasib dengan memperkuat Persiba Balikpapan di Liga 2 2019. Meski demikian, ia hanya merumput selama dua laga di musim lalu, dan entah saat ini masih akan mendapat tawaran perpanjangan kontrak atau tidak.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
14%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
29%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
14%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
14%
IDS Emoticon Marah
Marah
29%