Liga Champions

Hasil Pertandingan Liga Champions, Borussia Dortmund vs PSG: Brace Haaland Menangkan Die Borussen

Rabu, 19 Februari 2020 04:51 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© DeFodiImages/GettyImages
Penyerang Borussia Dortmund, Erling Haaland memberikan kemenangan untuk timnya saat melawan PSG di babak 16 besar Liga Champions 2019-2020 leg pertama di Signal Iduna Park. Copyright: © DeFodiImages/GettyImages
Penyerang Borussia Dortmund, Erling Haaland memberikan kemenangan untuk timnya saat melawan PSG di babak 16 besar Liga Champions 2019-2020 leg pertama di Signal Iduna Park.

INDOSPORT.COM – Berikut hasil pertandingan babak 16 besar leg pertama Liga Champions 2019-2020 antara Borussia Dortmund vs PSG.

Babak Pertama

Pertandingan babak 16 besar Liga Champions 2019-2020 leg pertama antara Borussia Dortmund vs PSG di Signal Iduna Park berlangsung sengit pada babak pertama.

Sejak kick off, kedua tim tak menunggu waktu lama untuk saling melakukan jual beli serangan. Saat memasuki menit ke-15, Erling Haaland melepaskan ancaman, sayang upayanya tak berbuah menjadi gol.

Hanya selang beberapa menit, giliran gelandang serang Dortmund, Jadon Sancho yang melepaskan tembakan keras dari kanannya. Namun bola masih mampu dimentahkan oleh kiper PSG, Keylor Navas.

PSG pun demikian, melalui tiga penyerang mereka, Neymar, Kylian Mbappe, dan Angel Di Maria juga berkali-kali mampu melepaskan sejumlah ancaman.

Namun usaha ketiganya juga tak da yang menghasilkan gol. Para penyerang maupun pemain bertahan masing-masing bekerja dengan baik pada laga tersebut sehingga membuat tribun penonton di Signal Iduna Park menjadi tegang.

Wajar, pasalnya selama hampir seluruh babak pertama ini kedua tim benar-benar saling melakukan balas-berbalasan serangan.

Pada menit ke-37, Haaland lagi-lagi melepaskan ancaman. Beruntung bagi PSG karena bola hasil tendangan kaki kirinya meleset tipis ke sisi kiri gawang mereka. Hingga turun minum, skor 0-0 tak berubah untuk kedua tim.

Babak Kedua

Usai turun minum, secara mengejutkan Borussia Dortmund yang langsung ambil aih pertandingan dengan merusak lini pertahanan dari tim tamu, PSG.

Bertubi-tubi serangan mereka gencarkan, situasi ini jelas membuat PSG mau tak mau harus bermain bertahan pada awal-awal babak kedua.

Memasuki pertengahan pertandingan, barulah PSG mendapat kesempatan untuk elepaskan serangan.

Laga pun sempat berimbang, di mana kedua tim mulai menyajikan permainan yang menarik dengan saling memberikan tekanan.

Mbappe dan Neymar berkali-kali nyaris mencuri gol lebih dulu pada pertengahan babak 6-an, namun sigapnya lini pertahanan Dortmund dan juga kiper mereka, Roman Burki membuat usaha keduanya gagal.

Alih-alih mencuri gol lebih dulu, Dortmund justru mampu memanfaatkan situasi sererangan balik melalui skema penyerangan yang ciamik.

Pada menit ke-69, sang bintang anyar Borussia Dortmund, Erling Haaland memecah kebuntuan dengan memanfaatkan kemelut yang terjadi di lini pertahanan PSG. Skor 1-0 untuk Dortmund atas PSG.

© Soccrates Images/GettyImages
Striker Borussia Dortmund, Erling Haaland memberikan kemenangan untuk timnya saat melawan PSG di babak 16 besar Liga Champions 2019-2020 leg pertama di Signal Iduna Park Copyright: Soccrates Images/GettyImagesStriker Borussia Dortmund, Erling Haaland membuka keunggukan untuk timnya saat melawan PSG di babak 16 besar Liga Champions 2019-2020 leg pertama di Signal Iduna Park.

Tertinggal satu gol tak menurunkan tempo permainan PSG, sebaliknya mereka semakin gencar melepaskan serangan.

Kurang lebih lima menit setelah terjadinya gol Haaland, PSG berhasil menyamakan kedudukan berkat gol pemain termahjal dunia, Neymar Jr yang memanfaatkan umpan matang dari Mbappe yang merusak tiga pemain bertahan Dortmund. Skor kembali sama kuat 1-1.

© Soccrates Images/GettyImages
Neymar (kiri) sempat menyamakan kedudukan usai menerima umpan dari Kylian Mbappe dalam pertandingan babak 16 besar Liga Champions antara Borussia Dortmund vs PSG Copyright: Soccrates Images/GettyImagesNeymar (kiri) sempat menyamakan kedudukan usai menerima umpan dari Kylian Mbappe dalam pertandingan babak 16 besar Liga Champions antara Borussia Dortmund vs PSG

Pertandingan pun berjalan bagaikan final karena kedua tim tampil sama-sama ngotot. Tak butuh waktu lama, Haaland kembali mencantumkan namanya di papan skor usai menerima umpan dari Jadon Sancho. Skor berubah menjadi 2-1 untuk keunggulan Dortmund atas PSG.

Laga sengit pun kembali terjadi karena PSG tentunya berupaya untuk menyamakan kedudukan kembali, sedangkan Dormund berusaha untuk memperlebar kedudukan.

Sayangnya, hingga wasit meniup peluit tiga kali tanda berakhirnya pertandingan, skor tak berubah. Hasil pertandingan babak 16 besar Liga Champions 2019-2020 leg pertama dimenangkan Borussia Dortmund atas PSG berkat dua gol dari Erling Haaland.

SUSUNAN PEMAIN

Borussia Dortmund (3-4-3)

Burki, Zagadou, Hakimi, Guerreiro, Hummels, Pisczek, Can, Witsel, Sancho, Hazard, Haaland

Cadangan: Dahoud, Gotze, Schulz, Akanji, Schmelzer, Reyna, Hitz

Pelatih: Lucien Favre

PSG (4-3-3)

Navas, Silva, Kimpembe, Marquinhos, Gueye, Kurzawa, Meunier, Verratti, Di Maria, Mbappe, Neymar

Cadangan: Kehrer, Cavani, Rico, Icardi, Sarabia, Draxler, Kouassi

Pelatih: Thomas Tuchel